Sabtu, 30 Juli 2016

Awas, Bahaya Kecanduan Games

Main game bukanlah hal yang tabu lagi untuk kita dengar. Bagi kalangan remaja, dewasa dan anak-anak. Mulai dari game console yang serinya macam-macam, game online, game PC dan lain lain. Game juga seringkali dijadikan sebagai pengobat stres atas masalah yang sedang dialami oleh seseorang. Game juga dapat dikatakan sebagai pelarian dari masalah, dengan bermain game maka dengan sekejap pula mereka bisa bangun dan melupakan masalah mereka. Namun tahukah anda bahwa game yang selalu membuat kita terlena ternyata sangat menyimpan banyak masalah pula bagi yang terlalu mencintai permainan ini. Berikut adalah permasalahan pokok yang banyak melanda orang-orang yang kecanduan bermain Game.

  1. Jari Membengkak

    Pembengkakan dapat terjadi karena terjadinya gesekan dan tekanan yang diberikan pada ibu jari saat menekan tombol-tombol pada joystick, dan ini biasanya dipicu karena terlalu semangat dan geramnya saat bermain game untuk bisa memenangkan game, sehingga terjadilah pembengkakan di sekitar jari jemari para pecandu game. Menyeramkan Bukan.?

  2. Nintendinitis, wiitis, dan X-Boxitis

    Ini adalah sejenis penyakit yang terjadi pada tendon/otot. Konsol Nintendo, Wii, dan X-box ini biasanya terjadi pada pecandu game olahraga. Karena jenis permainannya menggunakan ketiga konsol dan juga akibat dilakukannya gerakan yang monoton yang terus berulang-ulang.

  3. Kejang dan Tak Sadarkan Diri

    Ternyata terlalu banyak bermain game berdampak sangat fatal bagi penderita penyakit epilepsi fotosensitif (PSE). Sejatinya belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa terlalu lama menatap layar bermain game dapat menyebabkan kejang-kejang. Ini diasumsikan dapat terjadi karena rangsangan visual yang berupa pola diam dan bergerak secara berkarakter ditambah dengan kilatan cahaya yang kuat, itulah yang menstimulus kejang-kejang hingga tak sadarkan diri.

  4. Sakit Kepala Berkepanjangan

    Bagi para gamer sebaiknya sangat memperhatikan penyebab game yang satu ini, karena bila dicerna sangat sepele penyebabnya. Migrain dapat berkepanjangan bila gamer terlalu sering berdiam diri dan memandang layar dengan cahaya yang cukup tebal. Otak anda dipaksa untuk berkonsentrasi tinggi ini lah yang yang membuat saraf otak menjadi tegang-tegang. Jika terus menerus tetap monoton bermain game maka semakin panjang pula lah migrain akan menyerang saraf otak.

  5. Merusak Saraf Mata

    Tak hanya karena kekurangan vitamin A yang membuat mata menjadi rusak, tetapi video game juga menjadi sebab rusaknya saraf mata. Sadarilah bahwa menatap monitor yang terlalu lama dapat mengakibatkan glaukoma, terutama pada mereka yang sudah terkena minus pada matanya. Rangsangan cahaya yang terlalu lama akan membuat mata sering berair dan merusak komponen fisik mata itu sendiri karena tidak berkedip-kedip dalam waktu yang cukup panjang.

  6. Carpal Tunnel Syndrome

    Penyakit ini karena terjadi tekanan yang berulang-ulang antara saraf utama dan lengan, pergelangan tangan merupakan rumah saraf bagi saraf utama tendon karena terlalu tegang akibat bercengkerama dengan mouse dalam waktu yang lama, sehingga terjadi pembengkakan di sekitar lengan. Ini merupakan gejala fisik karena komputer yang terhubung dengan carpal Tunnel Syndrome sehingga terjadi iritasi. Maka dari itu jangan terlalu lama menghabiskan waktu hanya untuk bermain game.

  7. Terganggunya Mental

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa para pecandu game lebih cenderung mudah marah dan agresif. Ini dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa yang terbiasa memainkan game yang sifatnya kekerasan dan karena terbiasa dengan waktu yang dituntut cepat sehingga para gamer sangat mudah cemas, tertekan dan akan sulit berkomunikasi dengan orang lain. Dan biasanya para gamer anak anak akan mengalami pola yang susah tidur, suka marah tidak jelas dan memiliki fobia sosial.

  8. Game Over dan Kematian

    Tidak hanya game yang mempunyai game over tetapi juga para gamer nya yang dijuluki game over atau kematian. Di Korea Selatan terdapat Seorang pria berumur 28 tahun yang tewas karena bermain game jenis Starcraft di sebuah Cafe Internet di kota Taegu, Korsel pada tahun 2007. Ia tewas karena gagal jantung yang disebabkan oleh tingkat kelelahan yang terlalu tinggi, ditambah lagi ia tidak tidur selama 72 jam dan enggan ke toilet karena takut ketinggalan permainan game yang sedang dimainkannya.

Itulah makanya kita harus cerdas memanfaatkan waktu, ternyata sangat banyak efek negatif dari kecanduan bermain game. Sudah selayaknya kita wajib menyayangi diri kita dengan menjaga pola hidup yang sehat.

Oleh : Ade Sundari
Referensi: http://arsip-artikel-online.blogspot.com/2013/01/10-dampak-negatif-main-video-game.html
http://rumpitekno.com/2013/10-gangguan-kesehatan-parah-akibat-game/
http://ciricara.com/2012/11/26/7-dampak-buruk-kecanduan-bermain-game/
http://thisisputriiep.blogspot.com/2012/09/dampak-kecanduan-bermain-games-online.html
Sumber gambar: http://arsip-artikel-online.blogspot.com/2013/01/10-dampak-negatif-main-video-game.html
http://rumpitekno.com/2013/10-gangguan-kesehatan-parah-akibat-game/,


Related Posts :