Sabtu, 30 Juli 2016

Belajar Mendidik Anak Menjadi Generasi Unggul (3)

Mendidik anak menjadi generasi unggul memang bukan perkara mudah. Namun, hal itu merupakan proses yang harus dilakukan secara terus menerus dan tidak kenal henti. Mendidik anak adalah upaya mendidik generasi. Namun ia tidak bisa dilepaskan dari pendidikan terhadap diri orang tua yang mendidik itu sendiri dan juga pendidikan terhadap lingkungan mereka.

Orang Tua adalah Teladan Terbaik Bagi Anaknya

Tidak bisa dipungkiri bahwa mendidik anak harus diawali dengan keteladanan yang baik dari orang tua. Anak-anak adalah peniru ulung. Bagi mereka –khususnya usia balita--, orang-orang yang ada di sekitarnya adalah model ideal yang layak mereka tiru semua perilaku dan kebiasaannya. Tidak peduli apakah model yang mereka tiru itu baik atau tidak. Dan, perlu disadari bahwa model yang paling dekat dengan anak-anak adalah keluarga mereka, yaitu ayah dan ibu.

Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain bagi orang tua dalam mendidik anak-anaknya selain harus siap menjadi teladan dan model terbaik bagi mereka. Jangan pernah berharap mampu mendidik anak menjadi orang yang jujur, jika kedua orang tua setiap hari membohongi anak. Jangan pernah berharap banyak anak menjadi orang yang rapi, jika kedua orang tua tidak pernah berpenampilan rapi. Demikian seterusnya. Anak-anak tak ubahnya foto kopi dari karakter orang tuanya.

Pilih Lingkungan Terbaik Sebagai Tempat Tumbuh Kembang Anak

Suatu hal yang perlu disadari bahwa anak-anak tidak akan selamanya menempel di sisi kedua orang tuanya. Anak-anak juga makhluk sosial yang butuh berinteraksi dengan orang lain di lingkungannya. Anak-anak butuh teman bermain, anak-anak juga butuh belajar bersosialisasi.

Interaksi anak-anak dengan lingkungannya ini nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan sikap dan mentalnya. Lingkungan yang baik akan mempengaruhi anak-anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang baik pula. Sebaliknya, lingkungan yang buruk akan menggiring anak-anak tumbuh menjadi sosok yang memiliki sikap dan mental yang buruk pula. Karena orang tua adalah pihak yang paling bertanggung jawab terhadap pendidikan anaknya, maka orang tua wajib memilihkan lingkungan yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Kondisi lingkungan yang perlu diperhatikan meliputi:

  • Lingkungan rumah,
    Lingkungan rumah harus dikondisikan sebaik mungkin mendukung tertanamnya karakter diri positif pada anak. Hal ini bisa diupayakan dengan membiasakan kebiasaan-kebiasaan positif pada semua anggota keluarga. Orang tua harus menjadi teladan terdepan dalam menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan positif tersebut.
  • Lingkungan tempat tinggal
    Sedapat mungkin pilih lingkungan tempat tinggal yang kondusif bagi pendidikan anak. Kalau pun tidak bisa memilih tempat tinggal yang baik, jadikan diri dan keluarga Anda sebagai juru dakwah yang mengajarkan kebaikan pada anak-anak di lingkungan Anda. Sehingga lingkungan kondusif tersebut terbentuk.
  • Lingkungan sekolah
    Pilih sekolah yang terbaik bagi anak-anak. Terbaik di sini bukan hanya dalam artian prestasi akademiknya, akan tetapi yang lebih penting adalah kualitas pembinaan mental spiritual peserta didik dan pendidiknya itu sendiri.

Oleh: Neti Suriana
Referensi:
Rajih, H. 2005. Spiritual Quotient for Children. Diva Press. Yogyakarta
Jannah, I. & Hidayatullah, I. 2010. 10 Bersaudara Bintang Al Quran. Arkan Leema. Bandung.


Related Posts :