Sabtu, 30 Juli 2016

Cara menghilangkan kecanduan pada game online

Pada era globalisasi sekarang ini membuat hal apapun dapat tersebar dengan sangat cepat. Internet menjadi tingkat teratas sebagai pengguna terbanyak. Salah satu hal yang sangat digandrungi saat ini adalah game online. Game online memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan dan usia. Saat ini untuk mengakses game online sangat mudah karena game online tidak hanya dapat dimainkan di PC tetapi juga pada gadget dan smartphone yang saat ini hampir setiap orang punya 2 benda itu. Hal itu lebih dikenal dengan nama Game Addiction.

Game Addiction adalah sifat yang sering di temui di kalangan remaja pada umumnya yang menghabiskan hampir semua waktunya untuk bermain game. pada dasarnya game online di ciptakan hanya untuk hiburan semata, namun realitanya banyak sekali orang yang menjadikan game online sebagai kebutuhan primer selain makan dan tidur. Jenis permainan pada game online juga beragam dari mulai tingkat paling mudah yang biasa dimainkan oleh anak-anak sampai tingkat yang paling sulit yang bergenre kekerasan dan kriminal. Hal ini sangat mengkhawatirkan bagi anak-anak yang masih sekolah. Karena bermain game online membuat mereka lupa waktu. Hal itu membuat para orang tua sangat khawatir dan kebingungan bagaimana membatasi anak-anak mereka dalam bermain game.

Berikut beberapa hal untuk mengatasi kecanduan pada game online:

  1. Cara yang paling ampuh adalah bersungguh- sungguh. Langkah pertama untuk melakukan semua hal adalah niat. Kuatkan niat kalian untuk mengurangi bermain game online. Jadilah orang yang memegang komitmennya. Walaupun awalnya sangat sulit tetapi lambat laun anda akan bisa merasakan bahwa bermain game online itu bukan suatu kebutuhan primer.
  2. Orang tua adalah kunci dari pembentukan kepribadian seorang anak. Luangkan waktu untuk memperhatikan anak lebih banyak. Perhatikan apa yang dilakukan anak-anak anda.
  3. Mintalah orang terdekat anda untuk mengingatkan jika anda ingin pergi ke warnet untuk bermain game online.
  4. Kurangi game-game pada gadget atau smartphone anda.
  5. Jika anda tidak memiliki pekerjaan maka carilah kesibukan lain yang lebih bermanfaat atau cari kegiatan lain seperti baca buku, olahraga, nonton film, atau kegiatan apapun yang anda sukai dan bisa membuat perhatian anda teralihkan dari game online.
  6. Hitunglah biaya yang sudah anda keluarkan untuk bermain game online. Anda akan tau berapa besar biaya yang anda keluarkan dengan manfaat yang anda dapat dari bermain game online.
  7. Cobalah memperbanyak teman dan memperluas pergaulan karena dengan banyak teman anda akan lupa untuk bermain game online terus menerus.
  8. Bermainlah ketika kamu merasa bosan atau stres. Jangan bermain ketika kamu ingin bermain. Jangan jadikan bermain game itu suatu kebutuhan yang harus dipenuhi .

Sekian tips yang bisa saya berikan semoga bermanfaat. Semua keberhasilan itu berawal dari diri sendiri bagaimana kita bisa menjaga komitmen pada diri kita sendiri. Sangat banyak kegiatan yang bermanfaat yang bisa kita lakukan selain duduk di depan pc selama berjam-jam. Perhatikanlah orang – orang di sekeliling anda dan percayalah bahwa diri anda sangat bermanfaat bagi orang lain.

Oleh : Mayra Sugandi


Related Posts :