Sabtu, 30 Juli 2016

GAME ANAK DAN PENGAWASAN ORANG TUA - BAGIAN 2 (HABIS)

Sebagaimana telah diketahui, bahwa menemukan game yang sesuai dengan usia pemainnya tidak selalu mudah. Banyak game-game online maupun offline yang menyasar anak-anak dan remaja sebagai pangsa pasarnya. namun, materi yang termuat dalam game itu tidak sepenuhnya mendidik.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, NIMF sebagai lembaga yang menaruh perhatian pada dunia seputar keluarga terutama anak-anak, telah mengeluarkan daftar game yang tidak layak dimainkan oleh anak-anak. Untuk menanggulangi hal itu, orang tua bisa memberi beberapa pilihan game sebagai pengganti game yang sedang tren, namun sarat dengan muatan kekerasan hingga seksual yang berbahaya bagi tumbuh kembang anak.

Dalam memilih game sebagai konsumsi anak, orang tua haruslah cermat dalam menawarkan pilihan game terutama kepada anak-anak usia remaja dan pra remaja. Anak pada usia 11 hingga 17 tahun tentu telah mampu menunjukkan keinginan mereka akan sesuatu, termasuk game. Namun orang tua harus tetap selektif dan tidak lengah dalam hal memberi kebebasan pada anak bermain game. Beberapa game sangat menarik dan mampu merangsang kecerdasan anak dapat menjadi pilihan para orang tua seperti dilansir oleh Huffington Post. Berikut ini adalah lima game rekomendasi beberapa orang tua di Inggris untuk anak-anak usia remaja dan pra remaja.

1. Adventure Town

Game ini sangat menarik dan menyenangkan. Pada game ini pemain diharuskan mengelola sebuah kota. Anak dapat belajar bagaimana menjadi pemimpin kota yang baik. Permainan ini juga memungkinkan terjadinya interaksi secara langsung jika dimainkan bersama-sama. Game ini dirilis oleh Supersolid Publisher, game ini menekankan pada ketangkasan berstrategi dan peran.



2. Just Dance

Bukan rahasia lagi jika terlalu lama bermain game dapat mengganggu sistem saraf motorik anak. Berbeda dengan game lainnya, Just Dance keluaran Ubisoft ini mampu membuat anak berolahraga sambil bersenang-senang. Seperti judulnya, game menyuruh pemainnya menari mengikuti gerakan yang ada pada video game. Meski bertema sederhana, namun game ini mampu membuat pemainnya terus bermain hingga ke level yang paling tinggi.



3. Kingdom Hearts

Game besutan Square Enix ini merupakan game yang sangat kreatif dan mampu merangsang imajinasi anak. Game ini sangat cocok diberikan kepada anak yang menyukai petualangan dan penaklukan. Terinspirasi dari game-game semisal Final Fantasy, pengembang membuat versi yang ramah bagi anak-anak dan keluarga, dengan menggabungkan unsur Final Fantasy dan Disney.



4. Mario Kart

Seorang Ibu berpendapat bahwa game ini aman dan menyenangkan jika dimainkan bersama keluarga. Banyak orang tua yang memberikan Mario Kart kepada anak-anaknya karena game ini memang aman dimainkan oleh segala usia. Dalam permainan ini anak-anak akan merasakan bagaimana mengendarai berbagai kendaraan di berbagai kondisi jalan yang disediakan. Game ini diproduksi oleh Nintendo atas lisensi merek Mario Bros Series.



5. Minecraft

Permainan yang diciptakan oleh Markus Pesson ini dikembangkan oleh perusahaannya yang bernama Mojang. Game juga dapat merangsang anak menjadi kreatif. Dalam game ini pemain diharuskan membangun sebuah bangunan yang dapat melindungi diri dari serangan monster. Namun beberapa nara sumber menyarankan bahwa dalam memainkan permainan ini, anak-anak harus didampingi orang tua karena terdapat beberapa bahasa yang kurang sopan. Terlepas dari itu, permainan ini cukup menghibur dan dapat menginspirasi anak-anak untuk menjadi ahli bangunan dan juga ahli mesin.



Disadari atau tidak permainan yang biasa dimainkan anak-anak mampu meninggalkan dampak tertentu bagi perilaku anak-dalam jangka waktu lama. Game yang menyajikan konten-konten dewasa semisal kekerasan dan seksual berpotensi memicu anak untuk mencontoh perilaku tersebut dalam kesehariannya. Untuk itu peran orang tua sebagai pengawas dan pengendali permainan yang dimainkan oleh anak-anaknya menjadi sangat penting.

Oleh : Tika Dwi
Sumber:
huffingtonpost.com/news/games
hapebandung.co.id/index.php/category/game-aplikasi
Google.com/gambar


Related Posts :