Sabtu, 30 Juli 2016

Memilih Game Gadget Untuk Anak

Pada saat ini, tidak hanya dari kalangan dewasa saja yang mampu menggunakan perangkat gadget. Anak-anak pun sudah mampu menggunakan perangkat gadget. Hampir semua anak-anak sudah mampu menggunakan perangkat gadget.

Salah satu aplikasi populer di perangkat gadget adalah game. Tidak sedikit anak-anak yang senang bermain game di perangkat gadget. Game pun tidak hanya dimainkan oleh anak-anak saja tetapi juga dimainkan oleh orang dewasa. Namun, tidak sedikit game yang berdampak negatif kepada perkembangan jiwa anak-anak. Oleh karena itu, anda harus memilih game yang tepat untuk anak anda.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda untuk memilih game gadget yang tepat untuk anak anda.

Pilihlah game dengan gameplay yang sangat simpel dan mudah

Jika anak senang bermain game dengan gameplay yang sulit, maka bukan tidak mungkin sang anak ketagihan bermain game tersebut sehingga lupa dengan lingkungan sosialnya dan cenderung malas belajar pelajaran sekolah.

Flappy bird, salah satu game gadget populer, merupakan game yang senang dimainkan oleh anak-anak. Menurut banyak pengamat game, tingkat kesulitan game ini sangat tinggi. Jika anak anda bermain game ini, ada baiknya jika anak anda bermain game lain dengan gameplay yang jauh lebih simpel dan mudah.

Dengan memilih game dengan gameplay yang simpel dan mudah, maka anak anda akan belajar bagaimana menyelesaikan game tersebut sehingga membantu anak untuk untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial.



Pilihlah game yang selaras dengan pelajaran sekolah

Pilihlah game yang berhubungan dengan pelajaran sekolah. Misalnya, game bertema matematika. Ada banyak game bertema matematika tersedia di Google Play atau App Store. Misalnya game Math Puzzle. Game ini menyusun beberapa batang korek api menjadi rumus-rumus sederhana matematika seperti penambahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.

Jika sang anak senang dengan pelajaran menggambar, maka pilihlah game bertema menggambar atau mewarnai. Game bertema ini sangat banyak tersedia di Google Play atau di App Store.

Dengan demikian, sang anak pun tidak hanya mendapatkan pelajaran sekolah di sekolah tetapi juga mendapatkan pelajaran sekolah di perangkat gadget.

Pilihlah game dengan tampilan warna khas anak-anak

Game dengan tampilan warna khas anak-anak tentunya sangat disukai oleh anak-anak sehingga pilihlah game tersebut untuk sang anak.

Sudah tentu, pilihlah game dengan gameplay yang simpel dan mudah. Anda pun dapat memilih game yang berhubungan dengan pelajaran sekolah dengan tampilan warna-warna tersebut. Sang anak pun tentunya akan senang bermain game tersebut sehingga membantu proses belajar sang anak.

Hindari game dengan unsur-unsur kekerasan

Game-game dengan unsur-unsur kekerasan sangat tidak baik bagi perkembangan jiwa anak karena anak akan cenderung bersifat agresif dan cenderung bersifat emosional. Game dengan unsur-unsur kekerasan seperti memukul, menabrak, membunuh, menendang, atau membanting. Game-game dengan unsur kekerasan sering ditemui di game bergenre fight dan beberapa game bergenre arcade.

Pilihlah game yang bertema building

Manfaat bermain game ini bagi sang anak adalah membantu perkembangan psikomotorik atau kemampuan berpikir teknik anak anda. Contoh dari game bertema building adalah Lego. Ada banyak sekali varian-varian game ini tersedia di Google Play atau App Store.

Memilih game “game for kids”

Game for kids adalah game yang dirancang untuk pendidikan dan perkembangan anak anak-anak usia dini. Ada banyak sekali game for kids tersedia baik di Google Play maupun di App Store.

Tidak ada salahnya apabila anda mengajarkan bermain game-game tersebut kepada anak anda.

Kesimpulan

Pada saat ini anak-anak sudah mampu menggunakan perangkat gadget. Salah satu aplikasi yang paling disenangi oleh anak-anak adalah game. Dengan memilih game yang tepat untuk anak, maka akan membantu proses pendidikan dan proses perkembangan anak anda. Jika sang anak bermain game yang salah, maka bukan tidak mungkin akan menghambat proses pendidikan dan perkembangan anak anda.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar :
http://media4.onsugar.com/files/2013/05/31/807/n/24155406/2829dba18803743c_thumb_temp306032811369403903.xxxlarge/i/Great-Android-Apps-Kids.jpg


Related Posts :