Sabtu, 30 Juli 2016

Menanamkan Pola Hidup Sehat Sejak Dini

Mendidik anak untuk membiasakan pola hidup sehat memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, menanamkan kebiasaan baik sejak dini adalah cara tepat untuk membuat mereka mengerti pentingnya kesehatan dalam hidup. Orang tua butuh waktu bertahun-tahun untuk mendidik anaknya agar mau menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, mereka bisa melakukannya sendiri tanpa perlu dipaksa jika sudah terbiasa. Orang tua tidak perlu teori muluk-muluk untuk menancapkan kebiasaan baik kepada putra-putrinya. Mereka hanya perlu memberi contoh baik dari hal-hal kecil dan sederhana. Kesehatan tidak selalu mahal selama kita masih bisa menjaga kesehatan kita dengan baik. Mencegah penyakit jauh lebih murah daripada mengobatinya.

Kebiasaan sederhana bisa membantu anak untuk menjaga kesehatannya dengan baik. Anda bisa memberi contoh kepada mereka sehingga mereka mau melakukannya juga tanpa perlu dipaksa. Salah satu kebiasaan baik yang sering ditinggalkan adalah sarapan. Kegiatan ini sangat penting untuk memberikan tenaga dalam beraktivitas. Jika anak tidak mau meluangkan waktu untuk sarapan karena alasan tertentu, mereka tidak akan mempunyai cukup tenaga untuk mengikuti pelajaran sekolah atau aktivitas lainnya di pagi hari. Meninggalkan sarapan juga berpotensi merusak otak. Jika Anda melewatkan kegiatan ini, otak Anda tidak mempunyai nutrisi cukup untuk berpikir dan beraktivitas. Sementara itu, hampir semua orang dipaksa untuk bekerja secara optimal pada pagi hari.

Anda juga bisa memberikan contoh baik kepada anak Anda dengan mencuci tangan sebelum makan. Makanan yang kita konsumsi setiap hari harus bersih dari kotoran dan kuman. Jika tangan kita tidak bersih, kuman akan masuk dalam tubuh dan menggerogoti kesehatan kita. Selama anak Anda menjaga kesehatan tangannya, mereka tidak akan mudah terserang penyakit. Seperti yang kita ketahui, anak tidak mempunyai sistem kekebalan tubuh sekuat orang dewasa. Mereka masih rentan terhadap berbagai penyakit. Sistem kebebalan bisa diperkuat dengan memberikan makanan bernutrisi, bersih, dan sehat.

Mandi 2 kali sehari juga salah satu kebiasaan baik untuk putra-putri Anda. Mereka perlu mandi sebelum berangkat ke sekolah dan pada waktu sore hari. Jika anak Anda masih malas melakukan kegiatan ini, Anda bisa mengajarkan manfaat menjaga kebersihan tubuh. Tubuh manusia mudah berkeringat saat beraktivitas. Keringat tersebut bisa menimbulkan bau badan tak sedap. Infeksi kulit juga bisa terjadi jika kita jarang membersihkan tubuh. Mandi 2 kali sehari memang sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh dan menghilangkan infeksi kulit.

Menggosok gigi sebelum tidur adalah kebiasaan baik yang harus dilakukan setiap hari. Kuman memang mudah bersarang di dalam mulut bersamaan dengan sisa makanan yang kita konsumsi setiap hari. Menggosok gigi bisa memperkuat gigi dan membuatnya tetap putih. Anda perlu menekankan pentingnya kebiasaan ini kepada anak.

Oleh : Kevin Wahyono


Related Posts :