Sabtu, 30 Juli 2016

Mendidik Anak dengan Berenang, Menunggang Kuda, dan Memanah

Dalam fase perkembangan manusia, anak-anak menjadi fase kehidupan manusia dari sejak lahir hingga menginjak usia tujuh tahun. Pada fase ini, secara psikologis, mereka senang bermain. Oleh karena itu, orang tua perlu membimbing anak agar tidak bermain permainan yang salah. Bila salah memilih permainan, maka akan berdampak buruk bagi anak. Misalnya, permainan smackdown. Tidak sedikit yang harus dibawa ke rumah sakit untuk dirawat akibat bermain permainan yang penuh kekerasan ini.

Dalam Islam, terdapat permainan anak yang sangat disarankan diantaranya berenang, menunggang kuda, dan memanah. Hal ini sesuai dengan salah satu Hadits Bukhari. yaitu “Ajarkanlah anak-anakmu berkuda, berenang dan memanah.”

Menunggang Kuda Mendorong Perkembangan Fisik dan Emosi Anak



Tanpa kekuatan fisik, tidak mungkin dapat menunggang kuda. Oleh karena itu, ketika anak menunggang kuda, akan lebih membantu perkembangan fisik anak. Misalnya, membentuk postur tubuh yang lebih ideal.

Selain dapat membantu perkembangan fisik, menunggang kuda pun dapat membantu perkembangan emosi anak anda. Anak akan terlatih untuk bersikap tenang karena ketenangan sangat dibutuhkan untuk mengendalikan liarnya kuda. Ketika sudah menginjak usia dewasa, anak anda dapat mengambil keputusan penting karena sudah terbiasa bersikap tenang. Perlu diketahui, ketenangan menjadi hal yang terpenting dalam mengambil keputusan.

Berenang Meningkatkan Kecerdasan



Secara teori, berenang dapat meningkatkan kecerdasan karena berenang membuat pernapasan menjadi lebih kuat. Pernapasan yang kuat berhubungan dengan kecerdasan karena ketika pernapasan kuat, pasokan oksigen lebih banyak ke otak. Pasokan oksigen yang lebih banyak ke otak akan membuat manusia menjadi lebih cerdas.

Selain itu, berdasarkan penelitian profesor yang bernama Liselott Diem, anak yang dilatih renang sejak usia dini berpotensi untuk menjadi anak yang lebih cerdas daripada yang tidak dilatih renang sejak usia dini. Agar anak menjadi lebih cerdas, anda sebagai orang tua dapat mengajarkan anak anda berenang.

Memanah Melatih Fokus



Ketika memanah, pemanah akan berusaha agar anak panah yang ditembakkan dengan busur panah mengenai sasaran. Agar anak panah mengenai sasaran, fokus sangat dibutuhkan. Tanpa fokus, sangat sulit bagi pemanah untuk menembakkan anak panah agar mengenai sasaran. Karena permainan memanah sangat membutuhkan fokus, memanah dapat melatih fokus.

Perlu diketahui, fokus menjadi salah satu kunci meraih kesuksesan dalam hidup. Dengan mengajarkan anak anda bermain permainan memanah, maka akan melatih fokus sehingga memperbesar peluang anak anda meraih kesuksesan ketika sudah berusia dewasa.

Sebagai orang tua, anda tentunya sangat menginginkan anak anda meraih kesuksesan dalam hidup. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda membelikan anak anda peralatan memanah lalu mengajarkan anak anda bermain permainan memanah.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa berenang, menunggang kuda, dan memanah menjadi permainan anak yang direkomendasikan Islam karena membantu perkembangan anak. Selain itu, manfaatnya pun dapat dirasakan ketika anak sudah berusia dewasa.

Anda sebagai orang tua dapat mengajarkan anak anda permainan menunggang kuda, berenang dan memanah.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://sg.theasianparent.com/wp-content/uploads/2013/04/shutterstock_955779.jpg
http://i.ytimg.com/vi/6v5EhUbbmgg/0.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_aY_g8hehxD8/Spbc18VnMxI/AAAAAAAAHio/JEMyYO6Q8hs/s320/DSC_0034+248+1.jpg


Related Posts :