Sabtu, 30 Juli 2016

Pantangan Mengatakan Kalimat Ini Pada Anak

Puncakbukit.net - Mengasuh si buah hati memang bukanlah hal yang mudah bagi orang tua. Tentunya sebagai ibu pun anda adalah pemegang peran utama dalam mengasuh sang buah hati. Sering kali saat lelah melanda kata-kata yang tidak seharusnya, terucap begitu saja. Berhati-hatilah saat mengeluarkan sebuah kalimat pada anak karena mereka cenderung mudah mengingat. Apabila anda salah berucap anak dapat menjadi stres, murung bahkan menjadi depresi.

Tentunya anda sebagai orang tua tidak ingin hal-hal yang buruk menimpa sang buah hati anda. Berikut ini kami sajikan beberapa kalimat yang pantang anda ucapkan kepada sang buah hati anda.

  • Kenapa kamu tidak seperti mereka

    Jangan pernah membeda-membedakan anak anda dengan sesama anggota keluarganya ataupun dengan teman sebayanya. Hal ini dikarenakan perkataan tersebut akan membuat anak anda merasa tertekan dan tidak dihargai sama sekali atas perbuatan dan usahanya. Ketika anak merasa tidak dihargai maka mereka akan semakin memberontak bahkan akan menjadi mentalnya down.

    Pahamilah setiap karakter anak-anak anda. Semua anak bahkan orang tua tentunya mempunyai karakter yang berbeda-beda. Jangan pernah menginginkan anak anda menjadi orang lain. Sebagai orang tua anda harus membentuk karakter si kecil anda.
  • Jangan pernah mengatakan “jangan” kepada anak

    apabila anda anak akan melakukan suatu tindakan yang tidak anda sukai atau dirasa kurang baik maka jangan pernah anda mengatakan kata “jangan” pada anak. Katakanlah dampak yang akan ditimbulkan dari perbuatannya tersebut. sebagai contoh ketika anak anda hendak meminum sabun yang dirasa dia adalah makanan, cukup katakan “nak, jika kamu memakan itu nanti kamu keracunan lho”.

    Apabila anda mengatakan kalimat jangan, maka anak akan merasa penasaran dan tetap melakukan hal yang cenderung dilarang oleh orang tuanya. Nasihatilah dan jangan membentak anak anda. Sifat anak-anak lebih cenderung akan memberontak terhadap setiap perkataan oleh orang tua mereka.
  • Lakukanlah dengan secepat mungkin

    Anak akan merasa dihargai jika diberikan kasih sayang dari orang tua mereka. Jika anda hendak menyuruh anak anda untuk melakukan sebuah aktivitas biarlah dia menyelesaikan sesuai dengan kemampuannya. Jangan pernah menyuruhnya untuk melakukan sebuah pekerjaan dengan cepat. Hal ini dapat mengakibatkan anak akan merasa ketakutan dan tidak menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.
  • Jangan mengganggu ayah / ibu sedang sibuk

    Kata-kata tersebut sering sekali dikatakan oleh orang tua yang mempunyai kesibukan sangat padat. Usahakan jangan pernah anda mengucap kalimat tersebut kepada sang buah hati. Buah hati anda pasti menginginkan kasih sayang serta perhatian dari orang tua mereka.

    Ketika anda mengatakan bahwa anda sedang sibuk kepada anak anda maka ia akan menganggap bahwa orang tuanya sudah tidak menyayanginya. Ia akan merasa kesepian dan akhirnya akan terpuruk oleh keadaan. Ia pasti ingin berbagi cerita kepada orang tuanya tetapi ia merasa bahwa ia hanya pengganggu aktivitas bagi orang tuanya. Berhentilah mengatakan hal itu kepadanya jika tidak ingin buah hati anda membenci anda.

    Sesibuk-sibuknya orang tua ia mempunyai tanggung jawab untuk mendidik anaknya menjadi yang lebih baik. Tugas anda sebagai orang tuanya tentu tidak hanya membesarkannya tetapi juga berperan aktif untuk pembentukan sifat anak anda.


Related Posts :