Sabtu, 30 Juli 2016

Pentingnya membiasakan Anak Belajar Membaca Alquran dan Mengamalkannya

Membiasakan anak belajar membaca Alquran dan mengamalkannya merupakan suatu hal yang tidak enteng (mudah) untuk dilakukan oleh sebagian orang tua. Terutama bagi para orang tua yang awam terhadap Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun begitu mendidik anak sesuai dengan syariat agama dan memperkenalkan sang buah hati pada Alquran merupakan kewajiban setiap orang tua terutama mereka yang muslim. Tak peduli anda awam tentang agama dan Alquran ataupun mahir di dalamnya, karena Islam mengajarkan kepada setiap umatnya untuk belajar, belajar dan terus belajar dalam kebaikan. Amar ma’ruf nahi munkar.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, kebanyakan orang pastilah mengetahui manfaat dari membaca Alquran dan mengamalkannya, diantaranya….

  • Dengan membaca Alquran hati kita akan menjadi tenang dan tenteram, tentunya mendapat pahala juga.
  • Alquran merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada umatnya agar kita dapat hidup rukun, aman, tenteram, bahagia, selamat dunia akhirat. Karena Alquran merupakan petunjuk dalam menjalani kehidupan.
  • Dengan membaca Alquran juga, insyaallah dapat menyembuhkan penyakit yang diderita. Selain itu ayat-ayat suci Alquran juga digunakan oleh orang-orang yang ahli untuk merukyah seseorang agar terbebas dari belenggu jin dan setan ataupun sihir yang mengganggu dan
  • Tentunya masih banyak manfaat lain dari kebiasaan membaca Alquran dan mengamalkannya. Karena dengan Alquran kita dapat terjaga dan dijaga dari hal-hal yang kurang baik.

Setelah mengetahui betapa pentingnya membiasakan membaca Alquran dan mengamalkannya serta manfaatnya yang begitu besar, kapan sih waktu yang tepat untuk belajar dan mengajarkan Alquran ? terutama pada anak-anak kita…

Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan mengajarkan Alquran. Tidak ada kata telat untuk meraih ridho Allah dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Jika anda sebagai orang tua kurang begitu mengetahui tentang Alquran, awam tentang agama, mulai saat inilah waktu yang tepat untuk belajar, belajar dan terus belajar! Serta jangan lupa untuk mengajarkan apa yang anda ketahui kepada keluarga anda meski cuma 1 ayat. Sedangkan waktu terbaik untuk mengajar dan membiasakan anak untuk belajar Alquran adalah ketika sang buah hati masih berada dalam kandungan (usia kehamilan 3 bulan). Pada usia kehamilan ini indera pendengaran janin sudah mulai terbentuk dan dapat berkembang dengan baik. Ada juga yang berpendapat mulai usia 0-2 tahun, karena usia ini merupakan bagian dari the golden age. Dengan sering mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran ini akan membantu anak dalam meningkatkan kecerdasannya sehingga dapat berkembang dengan baik.

Di sini, pada saat ini dan ketika mengajarkan ini, peran orang tua sangat amatlah penting dan teramat vital. Berilah teladan putra-putri anda dengan teladan yang baik. Stop untuk memerintah, menyuruh ini itu, meminta ini itu but take action ! Berilah teladan mulai dari diri anda sendiri, biasakan buah hati anda untuk mengaji bersama, mempelajari Alquran bersama, menelaahnya bersama-sama dan berusaha mengamalkan apa yang dipelajari secara bersama-sama. Saling tolong – menolong dan saling mengingatkan. Usahakan keadaan tersebut bisa berlangsung secara kontinyu hingga tercapai sebuah kebiasaan baik dan mendarah daging di keluarga anda.

Kebiasaan-kebiasaan seperti ini bertujuan untuk melatih dan mengenalkan anak agar selalu hidup bersama Alquran. Mulai dari memperkenalkannya, mengenal huruf-hurufnya, cara membacanya dan mendengarkan anak pada bacaan ayat-ayat suci Alquran. Semakin dilatih pendengaran anak, ini akan membuatnya mudah dalam menghafal ayat-ayat Alquran dan ketika anak sudah mampu untuk membaca, orang tua bisa mengajak untuk mengkaji Alquran bersama-sama, memberikan teladan yang baik dan bersama-sama berusaha mengamalkan apa yang diajarkan Alquran dalam kehidupan kita sehari-hari.

Oleh : Roiza Fa


Related Posts :