Sabtu, 30 Juli 2016

Rahasia Mendisiplinkan Anak dengan Baik

Puncakbukit.net - Sebagai orang tua tantangan terbesar dalam mendidik anak ialah menerapkan sikap disiplin. Sikap disiplin memang bukanlah hal yang mudah untuk diterapkan pada sang buah hati. Anda para orang tua pastinya merasa kesulitan untuk menerapkan sikap itu pada buah hati anda. Sebenarnya sikap disiplin dapat ditanamkan pada anak sejak dini. Berikut ini adalah beberapa rahasia yang dapat anda terapkan untuk menanamkan rasa disiplin pada anak anda.

  1. Buatlah jadwal belajarnya secara rutin

    Dengan membuatkan jadwal belajar anak anda setiap hari maka dapat melatih kedisiplinan anak untuk belajar setiap harinya. Buatlah minimal anak harus belajar setidaknya dua jam selama sehari. Dengan begitu anak akan terbiasa dengan kegiatan belajarnya yang telah anda terapkan sejak ia masih kecil.
  2. Tanamkan sikap konsisten sejak dini pada anak anda

    Sifat konsistensi merupakan aspek terpenting dalam mendisiplinkan anak. Sebagai orang tua anda harus bisa tegas mengenai kebiasaan-kebiasaan yang biasa anak anda lakukan. Tetapi tidak ada salahnya jika anda memberikan sedikit kelonggaran terhadap anak anda. Perlu diingat jangan terlalu menekan anak anda untuk melakukan sesuatu yang mereka tidak sukai. Cukup dengan menanamkan kebiasaan baik kepada anak setiap harinya.
  3. Buatkan jadwal anak ketika bangun maupun akan tidur

    Disiplinkan anak anda untuk tidur jangan terlalu larut malam dan bangun jangan terlalu siang. Biasakanlah menyuruh anak anda tidur maksimal jam 9 malam apabila ia belajar pada malam hari dan bangun maksimal jam 6 pagi. Ketika anak sudah terbiasa dengan kebiasaan tersebut maka ketika dewasa ia juga akan menerapkan kebiasaan tersebut dalam hidupnya.
  4. Buatkanlah juga jadwal anak ketika ingin bermain

    Sifat anak-anak yang ingin bermain dengan teman sebayanya memang merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh para orang tua. Saat masih kecil anak memang harus mempunyai waktu untuk bermain, hal ini dikarenakan agar anak dapat berinteraksi dengan teman-teman sebayanya serta menikmati masa kecilnya. Buatlah jadwal bermain anak semisal sehabis belajar. Buatkanlah juga batasan-batasan jam ketika ia bermain. Tanamkan pada anak mulai sekarang bahwa ia boleh bermain maksimal 3 jam dalam sehari.

    Kedisiplinan pada anak sangat mudah dibentuk apabila sejak ia kecil. Berbeda halnya ketika kita tidak pernah mendisiplinkan anak sejak dini ia akan tumbuh menjadi anak yang sesukanya sendiri dalam melakukan berbagai hal. Tetapi ketika anak tumbuh disiplin sifat-sifat baik yang lainnya juga akan ikut terbawa ketika ia tumbuh dewasa. Anda juga tidak perlu bersusah-susah untuk memikirkan cara menerapkan sifat disiplin pada anak. Sifat disiplin yang dimiliki oleh orang tuanya juga akan diikuti oleh anaknya.

Contoh jadwal anak


Jadwal siang:


Jadwal malam:


Related Posts :