Sabtu, 30 Juli 2016

Trik Ampuh Membuat Anak Senang Membaca

Membaca merupakan hal yang sangat mengasyikkan itu mungkin bagi orang-orang yang sangat suka membaca. Karena mereka merasa salah satu kebutuhan mereka terpenuhi dengan membaca. Bagaimana dengan orang yang tidak tertarik dengan dunia membaca bahkan mendengar kata buku saja sudah malas. Hal ini yang perlu menjadi perhatian, mengajak orang dewasa membaca buku ibarat pekerjaan yang sulit dilakukan. Karena orang-orang dewasa memiliki segudang pekerjaan dan kegiatan yang lebih menarik di banding hanya berlama-lama menatap sebuah buku.

Terlebih pada era High Technology saat ini orang-orang lebih suka bermain dengan gadget mereka menjelajahi dunia dengan teknologi yang mereka miliki. Oleh sebab itu, membaca bukan hal yang bisa tumbuh dengan instan tetapi membaca adalah hal yang harus di tumbuhkan dari kecil sehingga membaca bukan hanya sekedar menjadi keinginan tetapi sudah menjadi kebiasaan dan kebutuhan. Untuk para orang tua mulailah dengan anak-anak kalian, Untuk kedua orang tua yang sibuk bekerja sisihkanlah waktu untuk memperkenalkan anak anda kepada benda yang namanya buku dan setelah itu ajak anak anda masuk ke dalam dunia yang penuh dengan pengetahuan tanpa batas yaitu membaca.

Berikut beberapa Trik untuk menumbuhkan minat baca kepada anak – anak :

  1. Membacakan Cerita

    Untuk orang tua yang sibuk bekerja sewajarnya bisa menyisihkan waktu untuk membacakan cerita sebagai pengantar tidur buah hatinya. Anak-anak adalah orang yang paling cepat untuk memahami dan menirukan apa yang dilihat dan didengarnya. Dengan membacakan cerita setiap hari anak-anak menjadi penasaran dan terbiasa sehingga mereka akan membaca bukunya sendiri.
  2. Berwisata Buku

    Mengajak anak liburan bukan hanya bermain games di mall atau pergi taman ke rekreasi. Toko buku juga merupakan tempat yang sangat menarik selain bermanfaat tentunya untuk di kunjungi. Saat weekend adalah saat yang tepat mengajak anak-anak ke toko buku dan biarkan mereka memilih buku yang ingin mereka baca tentunya buku yang pas dengan usia mereka.
  3. Bercerita

    Ajaklah si kecil untuk bercerita dan didukung dengan suasana yang nyaman. Karena dengan mengajak buah hati anda bercerita maka anak anda akan tau maksud yang terkandung dari sebuah cerita atau dari topik yang sedang anda bahas. Manfaat dari mengajak anak bercerita adalah si anak dapat mengetahui berbagai ekspresi dari sebuah bacaan seperti marah, sedih, bahagia, gelisah, dll, bercerita juga dapat meningkatkan kematangan berbahasa anak, dan yang paling penting anda dapat menanamkan nilai-nilai agama dan moral kepada anak anda saat anda sedang bercerita.
  4. Koleksi Buku

    Mulailah mengoleksi buku-buku bacaan yang dapat di baca oleh anak anda. Anda dapat memulainya dengan mengumpulkan cerita – cerita fabel, cerita rakyat, dongeng, cerita sejarah nabi, dll. Sehingga anda dan si kecil tidak kehabisan bahan bacaan. Dan pastikan para orang tua tahu buku apa saja yang anak anda baca sehingga si anak tidak membaca bacaan yang tidak seharusnya di baca pada anak-anak seusianya.

Untuk mendapat generasi-generasi penerus yang cinta membaca maka sesungguhnya peran orang tua lah yang paling penting di sini. Karena sekolah yang pertama adalah rumah dan guru yang pertama untuk seorang anak adalah orang tua terutama ibu.Ajarkan kebiasaan-kebiasaan yang baik pada anak anda Karena waktu yang paling baik untuk menanamkan nilai agama dan moral adalah pada saat anda sedang bercerita, dengan bercerita si anak tidak akan merasa tertekan dan dia akan menerima semuanya dengan baik apa yang anda bicarakan. Ilmu agama dan budi pekerti yang diberikan orang tua di rumah dapat menjaga anak tersebut dari pergaulan yang tidak baik di luar sana.

Karena biasanya anak cenderung mengikuti apa yang di ajarkan dan di kerjakan orang tuanya sehingga mereka terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik. Untuk para orang tua harus lebih selektif dan perhatian dengan anak-anaknya melihat segala hal yang tidak baik dapat terjadi dengan mudah di era globalisasi saat ini. Tetapi jangan pernah melarang anak kalian melakukan apa yang ingin dia lakukan selama keluar dari koridor agama dan moral.

Sekian trik, dari saya semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat.

“Cintailah Membaca”

Oleh : Mayra Sugandi


Related Posts :