Rabu, 07 September 2016

Peran Penting APE Dalam Meningkatkan Perkembangan Anak

Apa itu APE?

APE singkatan dari Alat Permainan Edukatif yang bisa digunakan untuk pembelajaran anak usia dini.

Seperti yang kita ketahui, anak kecil tidak mudah kenal lelah untuk bermain. Kondisi badan anak akan selalu tetap ceria karena dengan bermain dapat menyalurkan energinya untuk terus belajar mengenal sesuatu yang baru diketahuinya.

Dengan adanya APE ini, diharapkan orangtua bisa tahu dan mempraktikannya kepada anak-anak mereka yang akan membantu perkembangan dirinya mulai dari usia dini untuk merangsang kemampuan fisik motorik (aspek psikomotor), kemampuan kecerdasan (aspek kognisi) dan juga kemampuan sosial emosional (aspek afektif) anak.


Gambar 1. Alat Permainan Edukasi Anak Usia Dini

Seperti apa APE untuk anak?

Media APE yang bisa kita gunakan adalah peralatan-peralatan bermain anak yang bisa dijadikan sebagai media instruksional bagi anak, misalnya peralatan bermain yang sifatnya untuk melatih kemampuan anak dalam membentuk sebuah karakter tokoh, merangkai kata atau kalimat, menyempurnakan suatu desain, menyusun gambar sampai utuh, memadupadankan warna dan lainnya.

Contoh media permainan APE yang sering digunakan yaitu permainan memadupadankan bentuk gambar/ puzzle, mencari kosakata ringan seperti nama kota/nama buah-buahan/nama daerah atau bisa juga bermain tebak hitungan/ tebak angka.


Gambar 2. Anak sedang bermain puzzle

Seberapa pentingkah peran APE untuk perkembangan anak?

Usia dini adalah usia emas yang sangat mudah untuk bisa menirukan perilaku atau pembelajaran dari orang dewasa. Untuk itu, peran orangtua dalam pemilihan APE juga sangatlah diperlukan agar perkembangan diri anak bisa dipantau setiap saat.

Media APE bisa dikatakan baik untuk anak jika memenuhi 3 aspek penting dalam pembelajaran anak, yaitu:

  1. Joyful Learning
    Pembelajaran yang menyenangkan akan membuat anak tidak merasa bosan untuk terus melakukannya, sehingga sistem motorik anak akan tetap terus terlatih selama media APE yang diberikan selalu membuatnya senang.
  2. Active Learning
    Pembelajaran yang menuntut keaktifan anak, dalam hal ini media APE harus berupa instruktur yang diberikan oleh orang dewasa untuk memicu daya aktif anak dalam melakukan dan merespon sesuatu.
  3. Attractive Learning
    Pembelajaran yang menarik, dengan ini dapat membuat anak akan terus mencari tau hal-hal yang menurutnya menarik dari APE yang digunakan.

Dengan adanya media APE yang berkualitas diharapkan dapat membantu para orangtua untuk bisa melatih perkembangan anak-anak mereka. Adapun manfaat yang bisa dirasakan dari penggunaan media APE ini, diantaranya:

  1. Melatih keterampilan motorik halus dan motorik kasar anak dalam membentuk sebuah kebiasaan yang akan dilakukan secara continuety dalam hidupnya
  2. Melatih kemampuan berbahasa, menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi anak
  3. Merangsang imajinasi anak
  4. Meningkatkan rasa percaya diri anak dalam mengambil keputusan-keputusan ringan
  5. Meningkatkan kemampuan komunikasi dan juga mengembangkan kemampuan sosialisasi anak terhadap orang-orang yang berapa di sekitarnya
  6. Meningkatkan pemahaman diri anak dalam melakukan segala hal
  7. Meningkatkan kreatifitas berpikir dan juga mengembangkan kepribadiannya untuk dapat menyalurkan apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh anak kepada orang dewasa terutama kepada orangtuanya.

Banyak juga kan manfaat yang bisa dirasakan oleh orangtua terhadap perkembangan anak melalui media APE ini. Usahakan Anda mencari media permainan APE yang baik dan juga aman untuk anak Anda di rumah.

Oleh : Fitriyana Suhendi

Referensi materi dan gambar :
http://paudjateng.xahzgs.com/2015/08/ape-tingkatkan-kreativitas-perkembangan-anak.html
1.http://alatperagaedukatif-asakaprima.blogspot.com/2015/11/alat-permainan-edukatif-ape-mainan.html
2.http://www.solusisehatku.com/permainan-puzzle-bermanfaat-untuk-perkembangan-anak


Related Posts :