Rabu, 07 Desember 2016

Manfaat Lagu Anak Bagi Perkembangan Psikologis Anak

Di Indonesia, pada dekade 70an hingga 90an, lagu anak begitu populer di masyarakat dan juga di telinga anak-anak. Beberapa contoh lagu anak yang begitu populer pada dekade tersebut antara lain lagu Si Komo yang dipopulerkan oleh Kak Seto dan lagu Air yang dinyanyikan oleh Joshua. Hal tersebut sangatlah berbeda dengan situasi saat ini. Lagu anak, saat ini, tak terdengar lagi gaungnya. Karenanya, sebagian besar anak-anak saat ini cenderung lebih senang mendengarkan lagu dewasa termasuk lagu yang bertema asmara. Padahal, lagu anak sangat baik bagi perkembangan psikologis anak. Lalu, apa saja manfaat lagu anak bagi perkembangan psikologis anak?


Gambar 1. Partitur Lagu Anak Balonku

Meningkatkan Keterampilan dalam Berbagai Hal
Menurut penelitian beberapa ahli, otak anak akan lebih berkembang bila mendengarkan lagu anak. Sebabnya, saat anak mendengarkan lagu anak, akan menguatkan hubungan jaringan-jaringan saraf dalam otak. Nah, karena jaringan-jaringan saraf terhubung lebih kuat, anak akan memiliki keterampilan yang baik dalam berbagai hal. Misalnya, keterampilan bermain musik, keterampilan menulis, ataupun keterampilan berbicara.

Mengajarkan Hal Positif Kepada Anak
Sebagai orang tua, tentunya kita mesti mengajarkan banyak hal positif kepada anak kita. Nah, lagu anak dapat menjadi media bagi orang tua untuk mengajarkan banyak hal positif kepada anak. Ambil contoh, lagu Mandi Pagi. Lirik lagu ini, sesuai judulnya, mengajarkan anak untuk terbiasa mandi pagi. Nah, selain lagu tersebut, masih banyak lagu anak lainnya yang mengajarkan hal positif kepada anak.

Mendorong Kemampuan Kreativitas Anak
Kreativitas menjadi salah satu tonggak meraih kesuksesan berkarir. Nah, agar peluang anak kita meraih kesuksesan berkarir kelak semakin terbuka, tak ada salahnya mendengarkan lagu anak kepada anak. Lalu, apa kaitan lagu anak dengan kemampuan berkreativitas anak? Ambil contoh, lagu Balonku Ada Lima. Saat anak mendengarkan lagu ini, secara psikologis anak akan membayangkan masing-masing rupa balon tersebut. Dan juga, membayangkan bagaimana proses meledaknya salah satu balon. Karenanya, sangat mendorong kemampuan anak untuk berimajinasi. Semakin baik kemampuan berimajinasi, maka kemampuan berkreativitas akan semakin baik.

Membantu Anak Lebih Mengenali Lingkungan
Mendengarkan lagu anak kepada anak pun membantu anak mengenali lingkungan. Ambil contoh, lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung dan lagu Lihat Kebunku. Nah, pada kedua lagu tersebut, lirik lagu mendeskripsikan tempat. Pada lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung, lirik lagu mendeskripsikan suasana puncak gunung. Sedangkan pada lagu Lihat Kebunku, lirik lagu mendeskripsikan suasana kebun. Nah, saat anak mendengarkan salah satu lagu tersebut, sangat membantu anak mengenali lingkungan.

Demikian, manfaat-manfaat lagu anak bagi perkembangan psikologis anak. Karena lagu anak sangat bermanfaat bagi perkembangan psikologis anak, tak ada salahnya mendengarkan lagu anak kepada anak kita. Namun, memang saat ini lagu anak sulit ditemukan di pasaran. Karenanya, untuk menemukannya, kita bisa mencarinya via googling. Ataupun, mengunduhnya dari YouTube.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://purwoudiutomo.com/wp-content/uploads/2012/11/balonku.jpg


Related Posts :