Rabu, 28 Desember 2016

Mengenal Lebih Dekat Dengan Institusi Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Pendidikan, satu kata ini telah menjadi sebuah kebutuhan yang tak terhindarkan bagi manusia di masa ini. Bagaimana tidak ? Pendidikan telah dianggap sebagai salah satu modal yang paling berharga bagi manusia dalam menjalani kehidupannya sehari – hari. Ada banyak sekali ragam metode hingga jenis dari pendidikan yang ada dengan fungsi dan tujuan yang berbeda – beda pula. Orang tua pun telah mengerti mengenai pentingnya pendidikan bagi buah hati mereka dalam tumbuh dan kembangnya.


Gambar 1. Edukasi Kini Menjadi Sebuah Kebutuhan

Pada bahasan kali ini, Kita akan mengulik sedikit mengenai salah satu jenis pendidikan yang berbeda pada umumnya. Jenis pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan bagi anak – anak yang terlahir memiliki kebutuhan khusus atau yang kerap disebut dengan Autisme. Tentu ada perbedaan antara jenis pendidikan pada anak yang normal dengan jenis anak yang satu ini terkait dengan pola pikir dan perilakunya. Di Indonesia sendiri, telah dibentuk sebuah institusi khusus yang diharapkan dapat membantu orang tua yang memiliki buah hati yang berkebutuhan khusus dalam memperoleh pendidikan.

Sekolah Luar Biasa ( SLB ) adalah salah satu jenis institusi yang tergolong sebagai sarana dalam membantu anak – anak berkebutuhan khusus dalam mendapatkan pendidikan di Indonesia. Mungkin sebagian dari masyarakat belum mengerti dan memahami secara lebih rinci mengenai jenis sekolah yang satu ini. Sekolah Luar Biasa sendiri memiliki beberapa bentuk dengan jenis metode pendidikan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan masing – masing anak tersebut. Adapun jenis masing – masing spesialisasi Sekolah Luar Biasa terlampir pada poin – poin berikut ini.

  • Sekolah Luar Biasa Tipe A.
    Jenis Sekolah Luar Biasa Tipe A adalah institusi yang memberikan pelayanan pendidikan bagi anak – anak yang memiliki masalah dengan indera mata ( tunanetra ). Metode pendidikan pada sekolah tipe ini dengan bantuan indera lain seperti telinga dan juga huruf Braille yang sering dipakai dalam membantu anak – anak tunanetra.


    Gambar 2. Huruf Braille

  • Sekolah Luar Biasa Tipe B. Sekolah Luar Biasa Tipe B adalah institusi pendidikan yang memberikan pelayanan pendidikan bagi anak – anak yang memiliki masalah dalam pendengaran ( tunarungu ). Metode pendidikan pada sekolah ini mengedepankan peran tangan dan gerakan – gerakan tubuh.


    Gambar 3. Metode Gerakan Tubuh

  • Sekolah Luar Biasa Tipe C.
    Sekolah Luar Biasa Tipe C adalah institusi pendidikan yang memberikan pelayanan pendidikan bagi anak – anak yang memiliki masalah dengan tingkat inteligensi atau mental ( pola pikir ). Anak – anak yang tergolong di dalam jenis ini memiliki kesulitan dalam tumbuh dan kembang serta adaptasi pada lingkungan sekitar.

  • Sekolah Luar Biasa Tipe D.
    Sekolah Luar Biasa Tipe D adalah institusi pendidikan yang memberikan pelayanan pendidikan bagi anak yang memiliki kekurangan atau cacat pada bagian tubuh tertentu ( tunadaksa ).

  • Sekolah Luar Biasa Tipe E.
    Sekolah Luar Biasa Tipe E adalah institusi pendidikan yang memberikan pelayanan pendidikan bagi anak – anak yang bermasalah dari segi emosional sehingga berperilaku tidak laras dengan lingkungan ( tunalaras ).


    Gambar 4. Emosi Pada Anak Tuna laras

  • Sekolah Luar Biasa Tipe G.
    Sekolah Luar Biasa Tipe G adalah institusi pendidikan yang memberikan pelayanan pendidikan bagi anak – anak yang memiliki beberapa jenis kelainan atau kebutuhan ( cacat ganda ).

Demikian jenis – jenis institusi pendidikan yang diperuntukkan bagi orang tua yang memiliki buah hati dengan kelainan ataupun berkebutuhan khusus. Di samping pendidikan dari luar, peran orangtua sangatlah vital bagi anak dalam membantu tumbuh dan kembangnya. Orang tua tidak perlu bersedih ataupun khawatir dengan kondisi anak seperti ini, karena Kita dapat melihat banyak sekali contoh – contoh anak – anak yang berkebutuhan khusus yang berprestasi. Penanganan dan proses edukasi yang tepat dan efektif akan sangat menolong dan memudahkan buah hati Anda dalam menjalani kehidupannya.


Gambar 5. Orang Dengan Berbagai Kekurangan Pun Dapat Menjadi Juara

Oleh: Hendry

Referensi :
1. http://news.okezone.com/read/2015/12/03/65/1260354/jenis-jenis-sekolah-luar-biasa
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Anak_berkebutuhan_khusus
3. http://12-028myl.blogspot.co.id/2013/05/sekolah-slb-b-c-d-e.html
Gambar :
1. http://www.nationofchange.org/wp-content/uploads/2016/05/education.jpg
2. https://brailleworks.com/wp-content/uploads/2016/01/Braille-Alphabet-Red-Black700x700-700x700.jpg
3. https://tuwuhingati.files.wordpress.com/2016/02/57parentings.jpg
4. http://i.imgur.com/VThqK.jpg
5. http://www.affairscloud.com/wp-content/uploads/2016/03/Paralympics-Games-begins-in-Arunachal-Pradesh.jpg


Related Posts :