Senin, 12 Desember 2016

Pentingnya Sekolah Dini Bagi Anak

Sekolah merupakan lingkungan terbaik untuk menimba ilmu pengetahuan dan keterampilan. Dahulu sekolah dini hanyalah Taman Kanak-kanak (TK), namun saat ini banyak terdapat sekolah dini lainnya yakni Persiapan Anak Usia Dini (PAUD), dan beberapa sekolah ini disisipkan pendidikan keagamaan dengan tujuan agar anak memiliki dasar yang baik dari segi akhlaknya. PAUD atau TK merupakan sekolah persiapan untuk sekolah lebih lanjut yakni di Sekolah Dasar (SD) yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal dan informal.

Saat ini orangtua memiliki kesibukan di luar rumah sehingga waktu untuk mendidik anak berkurang dan dikhawatirkan anak tidak tumbuh dan berkembang bagaimana seharusnya. Oleh karena itu, pilihan terbaik bagi orangtua adalah dengan menyekolahkan anak di sekolah dini (TK atau PAUD). Harapannya anak akan belajar banyak keterampilan baru dan memiliki teman di luar lingkungan rumah yang kemudian akan meningkatkan perkembangan otak dan tubuh anak.

C:\Users\Pohan\Downloads\LOGO PAUD.jpg
Gambar 1. Logo PAUD

Sekolah dini memberikan pendidikan kepada anak dengan berfokus pada peletakkan dasar ke arah pertumbuhan dan lima perkembangan, yaitu:
  1. Perkembangan Moral dan Agama
    Perkembangan moral dan agama merupakan hal yang paling penting saat ini. Perkembangan zaman yang cepat tanpa dasar moral dan agama yang baik akan membuat anak mudah terjerumus. Banyaknya kenakalan remaja yang kemudian berujung kepada kekerasan dan kriminalitas disebabkan karena semakin rusaknya moral generasi muda. Bentuk pendidikan ini biasanya diberikan dengan menghapal ayat-ayat pendek, belajar sholat, setiap pergi dan pulang sekolah selalu salam kepada orangtua, menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda serta menghargai sesama, dll. Semua hal ini akan memberikan efek baik bagi pertumbuhan moral dan agama setiap anak.

  2. Perkembangan Fisik
    Jika kita perhatikan saat ini terdapat perbedaan kondisi fisik anak 2000-an dengan anak 90-an sangatlah berbeda. Banyak anak zaman 2000-an lebih senang bermain komputer sedangkan anak 90-an masih bermain di luar rumah sehingga perkebangan fisik anak 90-an lebih baik dibandingkan kebanyakan anak yang akhir tahun 2000-an. Sekolah usia dini pada umumnya menyediakan taman bermain di halaman sekolah yang dapat dipakai dengan bebas oleh anak-anak. Taman bermain ini dirancang khusus agar anak bergerak bebas sehingga tubuh anak berkembang dengan baik sembari bermain.

  3. Perkembangan Kognitif
    Perkembangan kognitif bertujuan agar anak dapat mengembangkan kemampuan daya pikir dan daya ciptanya. Biasanya sekolah akan mengajarkan melipat origami dan menggambar. Melalui dua hal tersebut kreatifitas anak akan terbangun dengan baik. Kreatifitas akan membentuk keunikan tersendiri bagi anak. Harapannya anak dapat berkembang baik dengan keunikannya masing-masing.

  4. Perkembangan Sosio Emosional (Sikap dan Emosi)
    Sikap dan emosi anak sangatlah berpengaruh dengan masa depannya kelak. Setiap orangtua tentu yang paling mengetahui akan anaknya, dan kebanyakan orangtua mempercayakan guru di sekolah agar anaknya dapat dididik dengan baik. Biasanya sikap dan emosi anak dapat diketahui ketika anak berinteraksi dengan orang lain. Terkadang kita menemui anak yang memiliki sikap agak egois, pendiam, periang dan lainnya. Guru dapat menilai setiap sikap anak baik atau buruknya dan akan memberikan nasihat dan contoh bersikap yang lebih baik. Hal ini diharapkan dapat mengubah sikap dan emosi anak menjadi lebih baik.

  5. Bahasa dan Komunikasi
    Perkembangan bahasa dan komunikasi anak akan berkembang dengan baik jika sekolah dan tenaga pengajarnya memberikan pengarahan yang baik. Karena ada kalanya anak mendapat kosakata baru yang buruk dari teman-teman sekolahnya. Oleh karena itu, pada sekolah dini anak akan diajarkan tata krama dan sopan santun yang umum berlaku di masyarakat dan dikehidupan sehari-hari. Hal ini akan meningkatkan kecerdasan anak, karena tutur kata yang baik pada umumnya bergantung kepada kecerdasan seseorang.

Pilihan untuk menyekolahkan anak di usia dini atau tidak memang bergantung kepada keputusan orangtua. Namun, untuk zaman ini di mana kedua orangtua memiliki kesibukan masing-masing sehingga dikhawatirkan anak akan terlantar. Oleh karena itu, sekolah dini menjadi pilihan yang tepat agar anak dapat mengembangkan fisik dan mentalnya yang sangat penting untuk masa depannya kelak.

Oleh: Ahmad Azhari Pohan

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_anak_usia_dini
Sumber Gambar:
12104mafp.blogspot.com


Related Posts :