Jumat, 20 Januari 2017

Manfaat Bermain Bagi Sang Anak

Diantara para orang tua, ada orang tua yang melarang anaknya untuk bermain. Ada juga orang tua yang tak memberikan waktu yang cukup bagi anaknya untuk bermain. Padahal, bermain sangat penting bagi perkembangan anak. Karenanya, kita sebagai orang tua sebaiknya tak melarang ataupun terlalu mengekang kebebasan anak untuk bermain. Tentu saja, selama tak membahayakan dirinya ataupun mengganggu orang lain di sekitarnya. Lalu, apa saja manfaat bermain bagi anak? Berikut manfaat-manfaat tersebut, dilansir dari berbagai sumber.


Gambar 1. Anak-Anak yang Sedang Bermain Sepak Bola

Melatih Kemampuan-Kemampuan Dasar Sehingga Mampu Memecahkan Berbagai Masalah Saat Menginjak Usia Dewasa
Bermain akan melatih kemampuan-kemampuan dasar (basic lifeskill) sang anak. Contoh skil ini diantaranya kemampuan logika dan analisis, kemampuan berkomunikasi, kemampuan beradaptasi, dan sebagainya. Nah, dengan kemampuan-kemampuan basic lifeskill yang baik, sang anak akan lebih mampu memecahkan berbagai masalah saat menginjak usia dewasa. Ambil contoh, permainan petak umpet. Saat ini, permainan tradisional ini masih dimainkan sebagian anak. Nah, saat anak bermain petak umpet, sang akan berpikir agar posisinya tak diketahui. Karenanya, akan sangat melatih kemampuan logika sang anak.

Meningkatkan Kemampuan Mencerna Materi Pelajaran Sekolah
Umumnya, orang dewasa berpandangan bahwa bermain sama sekali tak ada hubungannya dengan kemampuan anak mencerna materi pelajaran sekolah. Ada juga yang berpandangan bahwa semakin anak banyak bermain, maka akan membuat anak kurang semangat belajar Padahal, keduanya saling berhubungan. Menurut suatu penelitian, dibandingkan anak yang belajar tanpa diselingi aktivitas bermain, anak yang belajar dengan diselingi aktivitas bermain sekitar 15 menit akan lebih mampu mencerna materi pelajaran sekolah dengan lebih baik.

Membuat Anak Lebih Kuat, Lebih Bahagia, dan Lebih Sehat
Menurut suatu penelitian, dengan bermain di luar ruangan maka membuat anak lebih kuat, lebih bahagia, dan lebih sehat. Beberapa contoh permainan yang biasa dimainkan anak di luar di luar ruangan yaitu berlari-lari, sepak bola, ataupun bermain petak umpet dengan sesamanya. Dengan demikian, agar anak kita selalu merasa bahagia, sehat, dan kuat, buatlah anak kita agar selalu senang bermain di luar ruangan

Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Bersosialisasi
Saat sang anak bermain dengan sesamanya, sang anak akan berinteraksi dengan sesamanya. Interaksi ini akan meningkatkan kemampuan anak untuk bersosialisasi dengan orang lain. Dan juga, menghindari munculnya sifat introvert (tertutup) pada anak. Biasanya, bila sudah muncul sifat ini pada anak, biasanya sang anak senang mengasingkan diri dari lingkungan di sekitarnya

Demikian, beberapa manfaat bermain bagi anak. Kesimpulannya, masa-masa bermain menjadi fase penting yang memengaruhi kesuksesan anak kelak. Karenanya, kita sebagai orang tua sebaiknya membuat anak selalu merasa enjoy dan fun dalam bermain. Dan juga, karena saat ini anak-anak lebih menyukai bermain game gadget, buatlah agar anak kita senang bermain dan tak terlalu banyak bermain game via gadget.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. https://freeenglishlessonplans.files.wordpress.com/2013/10/kids-playing.jpg


Related Posts :