Kamis, 19 Januari 2017

Tips Mendidik Anak yang Efektif Sejak Usia Dini

Anak merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Merawat dan membesarkan anak adalah kewajiban setiap orangtua, mulai dari memberikan asupan nutrisi untuk perkembangan anak dan juga semua orangtua berkewajiban untuk memberikan pendidikan atau bimbingan untuk anak supaya tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak mulia.


Gambar 1. Mendidik Anak Sejak Dini

Pendidikan untuk anak tidak hanya berarti pendidikan formal di sekolah saja, namun pendidikan dasar terlebih dahulu yang dimulai dari lingkungan keluarga. Pada usia emas pertumbuhan anak antara 3 – 5 tahun penting sekali untuk memberikan pendidikan dasar pada anak. Tahapan ini merupakan tahap di mana seorang anak menjadi peniru yang handal sehingga Anda sebaiknya memberikan contoh yang baik untuk mendidik anak.

Berikut Ini Tips Untuk Mendidik Anak

  1. Bersikap Lembut dan Penuh Kasih Sayang

    Hal mendasar dalam mendidik anak adalah bersikap lembut dan tunjukkan kasih sayang. Dengan tutur kata yang lembut maka anak bisa menuruti perkataan Anda. Jangan sesekali berkata kasar pada anak sebab hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan psikologisnya. Jika Anda sering berkata kasar pada anak maka akan tumbuh menjadi pribadi yang kasar dan tidak mau menuruti perkataan Anda.

    Perkataan lembut dan penuh kasih sayang akan menjadikan seorang anak yang berperilaku baik dan berjiwa bijaksana. Anak adalah cerminan orangtua dan hasil dari pendidikan orangtua. Oleh karena itu dalam hal ini sebaiknya Anda mendidik anak dengan cara yang lembut dan tidak menunjukkan hal-hal yang bersifat kasar baik itu melalui ucapan atau tindakan.

  2. Jadilah Idola atau Panutan Untuk Anak

    Anak adalah peniru yang handal. Apa yang anak lihat akan ditiru dan disimpan dalam ingatannya. Jangan heran jika anak berperilaku kasar karena Anda juga sering kasar pada anak. Berikan contoh yang baik pada anak supaya berperilaku positif. Ajarkan perkataan yang baik dan sikap yang santun. Lakukan semua hal yang baik dan ajarkan pada anak. Dengan begitu si kecil akan tumbuh menjadi seorang anak yang berakhlak baik. Orangtua yang berperilaku baik akan menciptakan seorang anak yang luar biasa.

  3. Tumbuhkan Sikap Menghormati

    Bersikap sopan santun dan menghargai sesama serta menghormati orang yang lebih tua adalah salah satu sikap mulia yang harus Anda ajarkan pada anak. Perilaku menghormati dan menghargai perlu diajarkan pada anak sejak dini sehingga di kemudian hari dia akan tumbuh menjadi seorang anak yang santun dan penuh hormat.

  4. Ajarkan Rasa Tanggung Jawab

    Tumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak sejak dini mulai dari dirinya sendiri. Salah satu contohnya yaitu jika sudah bermain maka ajarkan pada anak untuk kembali merapihkan mainannya. Selain itu, jika sudah waktunya belajar dan sekolah maka ia harus segera bergegas untuk melakukannya. Apabila dia bertanya mengapa harus melakukan semua itu, maka berikan jawaban yang mudah untuk dipahami anak.

Nah, demikian beberapa tips untuk mendidik anak supaya tumbuh menjadi pribadi yang baik. Mendidik anak bukanlah perkara yang sulit jika Anda mengetahui caranya. Yang terpenting berikan pendidikan dasar yang baik dan benar karena pendidikan dasar dari lingkungan keluarga merupakan modal untuk anak di masa mendatang setelah tumbuh dewasa.

Oleh: Asep K.
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
http://www.berjibaku.com/2014/11/cara-mendidik-anak-yang-baik-benar-dan.html
Sumber gambar:
http://govegan.ie/index.php/sample-page/children-parenting/


Related Posts :