Selasa, 14 Februari 2017

7 Peran Penting Ibu dalam Perkembangan Anak

Peran orang tua sangat penting dalam perkembangan anak, termasuk juga peran seorang ibu. Lalu, apa saja peran seorang ibu dalam perkembangan anak? Berikut tujuh peran penting ibu dalam perkembangan anak, dilansir dari situs Momjunction (momjunction.com).


Gambar 1. Peran Ibu Sangat Penting Dalam Perkembangan Anak.

Pertama, Menanamkan Suasana Hati yang Baik
Saat anak berinteraksi dengan ibunya, secara psikologis anak merasakan emosi ibunya. Bila ibunya menunjukkan emosi yang baik, misalnya tersenyum, akan menamakan suasana hati yang baik dalam diri anak. Sebaliknya, bila ibunya menunjukkan emosi yang kurang baik, misalnya marah-marah ataupun sedih, cenderung menanamkan suasana hati yang kurang nyaman dalam diri anak. Bisa saja, suasana hati yang kurang nyaman terbawa saat anak menginjak usia dewasa. Suasana hati yang kurang nyaman, secara psikologis, cenderung akan memunculkan rasa kurang percaya diri ataupun pemalu.

Kedua, Menanamkan Rasa Cinta Kasih Kepada Sesama
Dengan menanamkan rasa cinta kasih kepada anak, anak akan senang berbagi saat usia dewasa. Dan juga, akan lebih peduli dengan sesama. Sebaliknya, bila rasa cinta kasih kurang tertanam, anak akan cenderung bersikap egois saat berusia dewasa. Nah, bila seorang ibu menyayangi anak sebaik mungkin, akan lebih menanamkan rasa cinta kasih dalam diri anak.

Ketiga, Mengajarkan Bersosialisasi
Keluarga menjadi sarana pertama bagi anak untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesamanya. Agar membuat anak lebih nyaman bersosialisasi, ajaklah anak untuk berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya. Agar anak semakin lebih nyaman bersosialisasi, tak ada salahnya sering mengadakan rekreasi.

Keempat, Mengajarkan Positif Thinking
Hidup memang dipenuhi berbagai masalah. Terkait peran ibu, sikap seorang ibu menghadapi masalah secara psikologis mempengaruhi psikis anak. Bila seorang ibu bersikap tenang dan positif thinking saat menghadapi masalah, maka secara psikologis akan menanamkan positif thinking dalam diri anak. Sebaliknya, bila cenderung emosional, cenderung menanamkan emosi yang negatif dalam diri anak. Misalnya, mudah mengeluh ataupun mudah menyerah saat menghadapi masalah. Bisa saja, saat anak menginjak usia dewasa akan bersikap negatif saat menghadapi masalah. Beritahu juga kepada sang anak bagaimana cara menyelesaikannya, meskipun sang anak memang belum paham masalah yang dihadapi.

Kelima, Menanamkan Semangat Giat Bekerja
Salah satu kunci penting meraih kesuksesan yaitu semangat bekerja. Terkait peran ibu, semangat bekerja dapat ditanamkan seorang ibu kepada anaknya saat masih berusia dini. Lalu, bagaimana caranya? Ajaklah anak dalam beberapa aktivitas kita. Misalnya, mengajak anak ke tempat kita bekerja. Saat anak melihat kita bekerja dengan giat, secara psikologis akan menanamkan rasa semangat bekerja kepada anak. Bila seorang ibu tak bekerja, ajaklah ayah untuk membawanya ke tempatnya bekerja.

Keenam, Mengajarkan Menjalani Rutinitas Secara Disiplin
Selain semangat bekerja, kunci penting lainnya untuk meraih kesuksesan yaitu disiplin. Nah, agar anak saat usia dewasa memiliki kedisiplinan, seorang ibu dapat menanamkannya saat anak berusia dini. Caranya, ajaklah anak untuk duduk bersama. Lalu, buatlah anak menceritakan aktivitas-aktivitas yang akan dikerjakannya. Bila ada aktivitas yang sudah diceritakan namun tak dikerjakan, nasihatilah dengan lembut agar mengerjakan aktivitas tersebut. Dengan menerapkan hal ini, secara psikologis akan menanamkan kedisiplinan dalam diri anak.

Ketujuh, Memberikan Contoh yang Baik
Sebagai orang tua, termasuk seorang ibu, ada baiknya berhati-hati dalam bertindak ataupun berucap. Sebabnya, anak cenderung meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Dengan tindakan ataupun ucapan yang baik, akan memberikan contoh yang baik di mata anak.

Demikian, peran-peran penting ibu dalam perkembangan anak. Karena masing-masing peran tersebut sangat penting, peran ini memang mesti dijalankan sebaiknya-baiknya

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.momjunction.com/articles/different-ways-in-which-a-mother-can-influence-child-development_00353010/
Sumber gambar:
1. http://www.saywhatyouneedtosayblog.com/wp-content/uploads/2012/10/mother-holding-child.jpg


Related Posts :