Kamis, 23 Februari 2017

Mengatasi Anak yang Kurang Berminat Belajar

Salah satu hal penting dalam perkembangan anak yaitu proses belajar. Misalnya, mempelajari matematika berhitung dasar ataupun mempelajari kemampuan berbahasa. Akan tetapi, tak semua anak memiliki minat yang baik dalam belajar. Bila anak kurang memiliki minat belajar yang baik, anak cenderung malas dan ‘ogah-ogahan’ saat belajar. Padahal, seperti yang sudah disebutkan, proses belajar sangat penting bagi perkembangan anak. Lalu, bila anak kita kurang memiliki minat belajar yang baik, bagaimana trik mengatasinya? Berikut beberapa trik yang dapat kita coba untuk mengatasi anak yang kurang berminat belajar.

Mengajarkan Materi Pelajaran Melalui Ensiklopedia Anak
Anak-anak, secara psikologis, menyukai gambar visual berwarna-warni. Karenanya, bila anak kurang berminat belajar, memberikan pelajaran dalam bentuk gambar visual dapat menjadi solusi . Nah, sebagai informasi, di pasaran saat ini tersedia beragam ensiklopedia khusus anak beragam tema. Misalnya, tema matematika berhitung dasar, tema serangga ataupun tema alam. Ensiklopedia ini dikemas dalam tampilan gambar visual yang menarik sehingga meningkatkan minat anak untuk belajar. Berikut contoh ensiklopedia anak.


Gambar 1. Ensiklopedia Anak

Menonton Video Edukasi
Anak-anak pun, secara psikologis, menyukai tayangan kartun yang menarik. Nah, hal ini dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi anak yang kurang berminat belajar. Di pasaran, saat ini tersedia beragam video edukasi anak beragam tema. Misalnya, tema matematika berhitung dasar, tema kemampuan berbahasa, dan sebagainya. Materi-materi pelajaran dalam video edukasi dikemas seatraktif mungkin sehingga meningkatkan minat belajar anak. Berikut contoh video edukasi


Gambar 2. Video Edukasi Anak

Memancing Minat Belajar dengan Berjanji Membelikannya Mainan
Salah satu hal yang sangat disukai anak-anak yaitu mainan. Nah, terkait mengatasi anak yang kurang berminat belajar, Kita dapat memancing minat belajar dengan berjanji membelikannya mainan. Bila anak berhasil menguasai materi tertentu, misalnya materi berhitung dasar, kita belikan mainan yang disukainya. Dengan menerapkan cara ini, akan lebih merangsang minat anak untuk belajar.

Temani Anak Belajar dan Menciptakan Suasana Santai
Anak-anak pun akan cenderung malas dan ‘ogah-ogahan’ belajar, bila suasana belajar terlalu serius. Terlebih, bila anak sedang mempelajari materi pelajaran yang kurang begitu disukai olehnya. Nah, dengan demikian, sangat penting bagi orang tua untuk menciptakan suasana belajar yang santai. Misalnya, mengajarkan berhitung dasar kepada anak saat anak sedang asyik bermain dengan mainannya. Ataupun, mengajarkan kemampuan berbahasa kepada anak saat sedang berkreasi. Sebagai informasi, anak tak mesti belajar di dalam kamar saja dan di dalam rumah saja.


Gambar 3. Menciptakan Suasana Santai Saat Anak Belajar

Demikian, beberapa trik untuk meningkatkan minat belajar anak. Trik-trik tersebut dapat kita coba untuk mengatasi anak yang kurang berminat belajar. Dapat juga diterapkan untuk anak yang semangat belajar, agar semakin meningkatkan minat belajar.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar:
1. http://www.bukureferensi.net/wp-content/uploads/2013/10/Ensiklopedia-Bagus-Untuk-Anak.jpg
2. http://s.kaskus.id/images/2014/09/18/1084038_20140918112429.jpg
3. https://www.ag.ndsu.edu/gearupkindergarten/gearing-up-blog/elementarykidswithfatherparentinvolvement.jpg


Related Posts :