Kamis, 09 Maret 2017

Mengatasi Anak yang Ketagihan Bermain Game Gadget

Bila anak senang bermain game gadget, misalnya di smartphone ataupun di tablet, akan sangat mendorong perkembangan anak. Beberapa hal terkait perkembangan anak sebagai manfaat positif bermain game gadget diantaranya meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, kemampuan analisis dan imajinasi anak.

Akan tetapi, bila anak ketagihan bermain game gadget, akan cenderung memunculkan hal-hal yang kurang baik. Misalnya, tak semangat belajar, gangguan penglihatan, menurunnya kemampuan bersosialisasi, dan munculnya karakter introvert (tertutup), Bahkan, menurut suatu penelitian, anak akan kesulitan memegang pensil bila sangat kecanduan bermain game gadget. Nah, bila anak ketagihan bermain game gadget bagaimana mengatasinya? Terlebih, bila anak begitu sulit terlepas dari game gadget? Berikut beberapa trik mengatasi anak yang kecanduan bermain game gadget.


Gambar 1. Ketagihan Bermain Game Gadget Cenderung Memunculkan Hal-hal yang Kurang Baik

Mengajaknya Bermain di Luar Rumah
Trik pertama untuk menghilangkan ketagihan anak bermain game gadget yaitu ajaklah anak bermain di luar rumah.. Misalnya, melempar-lempar bola ataupun balon di halaman rumah. Nah, karena anak-anak secara psikologis senang bermain, ketagihan bermain game gadget secara psikologis akan tergantikan oleh kesenangan bermain di luar rumah. Sebagai informasi, bila anak senang bermain di luar rumah, akan lebih mendorong perkembangan fisik anak. Dengan perkembangan fisik yang lebih baik, anak akan tumbuh lebih kuat dan lebih sehat.

Membelikan Mainan Sesungguhnya
Trik kedua untuk menghilangkan rasa ketagihan anak bermain game gadget yaitu membelikan mainan yang sesungguhnya. Ambil contoh, bila anak senang mainan robot, kita belikan mainan tersebut. Contoh lainnya, bola anak senang bermain mainan Lego, kita belikan mainan yang terdiri dari block-block tersebut. Dengan menerapkan cara ini, pikiran sang anak akan teralihkan dari game gadget menjadi mainan yang sesungguhnya. Sebagai informasi, dibandingkan game gadget, mainan yang sesungguhnya lebih menstimulasi kreativitas anak. Tentu saja, karena mainan yang sesungguhnya berbentuk nyata.

Asah Hobi Anak
Setiap manusia, secara psikologis, memiliki hobi tertentu. Nah, terkait mengatasi anak yang ketagihan bermain game, buatlah anak agar senang melakukan hobinya. Misalnya, bila anak memiliki hobi menggambar, kita belikan pensil dan buku gambar agar anak dapat menggambar dengan nyaman. Contoh lainnya, bila anak memiliki hobi bernyayi, kita belikan perangkat karaoke agar anak dapat bernyanyi dengan nyaman. Dengan menerapkan cara tersebut, anak akan lebih senang melakukan hobinya daripada bermain game gadget.

Nah, selain membunuh rasa ketagihan anak bermain game gadget, mengasah hobi anak pun akan memberikan kelebihan pada sang anak saat usia dewasa. Misalnya, dengan hobi menggambar yang terasah, anak akan memiliki kemampuan menggambar yang lebih baik.

Demikian, trik-trik mengatasi anak yang ketagihan bermain game gadget. Kesimpulannya, anak ketagihan bermain game gadget sebenarnya merupakan masalah bagi orang tua. Nah, untuk mengatasinya, kita dapat menerapkan trik-trik yang sudah dijelaskan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
http://www.blogcdn.com/slideshows/images/slides/276/041/1/S2760411/slug/l/child-playing-on-tablet-1.jpg


Related Posts :