Selasa, 20 Juni 2017

Membangkitkan Harga Diri Anak

Harga diri sama pentingnya dengan kepercayaan diri. Anak yang mempunyai masalah dengan harga dirinya sering kali membuat nilai akademik anak merosot dan sebaliknya harga diri yang tinggi dapat meningkatkan prestasi akademik anak.


Gambar 1. Harga diri

Jika nilai anak anda yang semula tinggi selain memperhatikan jam belajar anak anda juga harus memperhatikan masalah harga diri dan kepercayaan diri anak anda. Berikut ciri – ciri anak yang sedang bermasalah dengan harga diri dan kepercayaan dirinya.

  1. Anak sulit menyampaikan sesuatu. Kala berbicara ia gagap serta merasa kesulitan.
  2. Anak pemalu, suka menutup diri dan tidak memiliki keberanian.
  3. Anak tidak mampu berfikir secara mandiri. Tatkala ia mendapati masalah, atau kesulitan melakukan sesuatu; ia langsung meminta bantuan kepada orang lain, tidak berusaha memecahkan terlebih dahulu
  4. Anak senantiasa dihantui rasa was-was ada bahaya, kejahatan yang membuatnya bertambah takut dan khawatir.
  5. Menghindari keramaian atau interaksi yang melibatkan teman – teman sebaya.

berikut tips – tips meningkatkan harga diri anak.

  1. Menjadi pendengar yang baik
    Di tengah kehidupan modern saat ini, seringkali orang tua sulit meluangkan waktu untuk anak-anak mereka. Sesibuk apa pun, wajib bagi Anda untuk membagi waktu bersama anak-anak setiap hari. Tinggalkan semua pekerjaan Anda, duduk dan bicaralah dengan anak anda.

  2. Berilah mereka pujian
    Anak Anda mungkin datang kepada Anda untuk menunjukkan suatu keahlian atau hasil ujian yang diperolehnya di sekolah. Berikan pujian kepada anak Anda untuk karyanya, namun jangan berlebihan.

  3. Hindari sikap membanding – bandingkan
    Orang tua sering membandingkan satu anak dengan anak lain atau tetangga dengan maksud bahwa anak Anda dapat berubah dan menjadi seperti yang Anda harapkan. Namun, ini bukanlah cara yang benar karena dapat mengarah ke pembentukan perasaan rendah diri pada anak yang bersangkutan.

  4. Jangan memberikan kritik yang berlebihan
    kritik yang keras atau berlebihan selalu membawa hasil yang merugikan. Jika Anda ingin mengkritik, lakukan dengan kata-kata yang halus dan jangan sampai menyinggung perasaannya.

  5. Mengetahui keyakinan irasional anak
    Sangat penting bagi orangtua untuk mengidentifikasi keyakinan irasional anak-anak tentang diri mereka sendiri, apakah mereka tentang kesempurnaan, daya tarik, kemampuan, atau apa pun. Membantu anak-anak menetapkan standar yang lebih akurat dan lebih realistis dalam mengevaluasi diri akan membantu mereka memiliki konsep diri yang sehat. Persepsi yang tidak akurat diri dapat berakar dan menjadi kenyataan untuk anak-anak.

  6. Curahkan kasih sayang anda
    Cinta Anda akan membantu meningkatkan harga diri anak. Berikan pelukan dan mengatakan pada anak Anda bangga mereka ketika Anda dapat melihat mereka menempatkan upaya menuju sesuatu atau mencoba sesuatu di mana mereka sebelumnya gagal. Masukan catatan dalam kotak makan siang anak Anda dengan pesan-pesan seperti “Saya pikir kau hebat!” Berikan sering memuji dan jujur, tetapi jangan berlebihan.

Semoga tips di atas dapat membantu meningkatkan harga diri anak.

Oleh: Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
http://www.fimadani.com/penyebab-anak-tidak-atau-kurang-percaya-diri/
Referensi gambar :
http://atrofardians.blogspot.co.id/2014/03/kategori-harga-diri-dalam-psikologi.html


Related Posts :