Senin, 24 Juli 2017

Anak-Anak Pun Perlu Bermain dengan Orang Tua

Bermain menjadi salah satu hal penting dalam perkembangan anak. Nah, selain bermain dengan teman sebayanya, sangat penting juga bagi orang tua untuk mengajak anak bermain. Sebabnya, dilansir dari situs childdevelopmentinfo.com, akan mendatangkan manfaat dalam perkembangan anak.

Nah, karena bermain bersama anak akan mendatangkan manfaat baginya, tak ada salahnya kita meluangkan banyak waktu untuk bermain bersama anak kita. Lalu, permainan apa saja yang dapat kita mainkan bersama anak kita? Berikut beberapa permainan yang dapat kita mainkan bersama anak kita, dilansir dari situs yang sama.


Gambar 1. Anak Bermain dengan Orang Tuanya

Bermain dengan Sang Anak di Ruang Terbuka
Permainan pertama yang dapat kita mainkan bersama anak kita yaitu berbagai permainan di ruang terbuka. Ada banyak permainan yang dapat kita mainkan di ruang terbuka bersama anak kita. Misalnya, melempar dan menangkap bola ataupun balon, Bila terdapat taman bermain anak yang berada tak jauh dari rumah kita, dapat juga mengajak anak kita bermain di taman tersebut. Di taman ini, kita dapat asyik bermain dengan anak kita. Sang anak pun dapat asyik juga bermain permainan khas anak seperti ayunan.

Bermain Game Puzzle Bersama Sang Anak
Kita pun dapat bermain game puzzle bersama sang anak. Nah, saat sang anak bermain game tersebut, kita bantu anak untuk menyelesaikannya. Bila kita tak mempunyai banyak waktu untuk keluar rumah ataupun lelah karena menjalani aktivitas, bermain game puzzle menjadi hal tepat agar kita dapat bermain bersama anak.

Ada beragam jenis permainan puzzle. Mulai dari menyusun gambar hingga menyusun balok-balok menjadi objek tertentu. Selain tersedia dalam bentuk nyata, tersedia juga beragam permainan puzzle di perangkat smartphone. Nah, agar anak senang bermain puzzle, pilihlah tema puzzle yang disukai anak. Misalnya, bila anak menyukai karakter Hello Kitty, kita pilih permainan puzzle menyusun gambar Hello Kitty Contoh lainnya, bila anak menyukai mainan pesawat, kita belikan puzzle menyusun balok-balok menjadi pesawat

Bermain Permainan Board Game Seperti Ular Tangga, Halma, Monopoli, dan Sebagainya
Selain game puzzle, di dalam rumah, kita pun dapat juga mengajak anak bermain permainan board game. Terdapat beragam jenis permainan board game. Nah, agar anak dapat bermain dan memahami permainan tersebut, kita beritahu anak kita gameplay (cara bermain) permainan yang sedang dimainkan. Beritahu juga bagaimana cara memenangkan permainan.

Demikian, beberapa permainan yang dapat kita mainkan bersama anak kita. Lalu, apa manfaat-manfaat permainan tersebut dalam perkembangan anak? Dilansir dari situs yang sama, manfaat-manfaat tersebut antara lain melatih kesabaran, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan kreativitas, dan melatih kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Kesimpulannya, meluangkan waktu untuk bermain bersama anak menjadi hal yang tak dapat diabaikan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://childdevelopmentinfo.com/child-development/play-work-of-children/pl5/

Sumber Gambar:
1. https://mabletherapy.com/wp-content/uploads/2016/08/download.jpeg


Related Posts :