Rabu, 02 Agustus 2017

Mempererat Hubungan Orang Tua dengan Anak

Bagi orang tua, hubungan yang erat dengan anak menjadi hal penting. Dengan hubungan yang erat, memudahkan untuk memberikan perhatian kepada sang anak. Dan juga, membuat sang anak lebih mendengarkan nasihat-nasihat yang kita ucapkan kepadanya. Sang anak pun akan merasa lebih bahagia.Singkatnya, hubungan yang erat dengan orang tua pun menjadi hal penting dalam perkembangan psikis anak.

Lalu, bagaimana sebaiknya mempererat hubungan orang tua dengan anak? Terlebih, bagi orang tua yang sibuk bekerja di luar rumah. Bila jarang berada di rumah, tak tertutup kemungkinan hubungan dengan sang anak akan renggang. Nah, untuk mempererat hubungan dengan sang anak, kita dapat mencoba menerapkan gagasan yang dikemukakan oleh Gary Chapman. Dalam bukunya berjudul The Five Love Languange, terdapat beberapa cara universal untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada seseorang. Bila kita menunjukkan rasa kasih sayang kepada anak, secara psikologis akan mempererat hubungan. Nah, apa sajakah cara-cara tersebut?


Gambar 1. Bagaimana Mempererat Hubungan Orang Tua dengan Anak? Simak Tips-Tips Berikut

Ucapkan Kata-Kata yang Menyimbolkan Rasa Kasih Sayang Kepada Anak
Saat anak mendengarkan kata-kata yang menyimbolkan rasa kasih sayang dari orang tua, maka akan membangun kedekatan emosional. Karenanya, akan mempererat hubungan dengan anak. Beberapa contoh kalimat tersebut antara lain mamah sayang kamu, ayah kangen kamu, dan sebagainya. Nah, dengan demikian, bila kita jauh dari anak ataupun jarang bertemu dengannya, kita dapat mengucapkannya via SMS ataupun aplikasi berbasis internet messaging. Bila kita sering bertemu dengannya, dapat juga mengucapkannya.

Memberi Hadiah
Memberi hadiah pun dapat juga menjadi media untuk mempererat hubungan dengan anak. Sebabnya, saat anak menerima hadiah secara psikologis sang anak akan merasa lebih diakui dan dihargai. Beberapa contoh kalimat tersebut antara lain hadiah naik kelas, hadiah surprise, hadiah pencapaian prestasi anak, dan sebagainya. Berikan juga hadiah di momen yang tepat.

Menyisihkan Waktu Untuk Bersama dengan Anak
Bila orang tua semakin sering bersama dengan anak, secara psikologis akan lebih mempererat hubungan dengannya. Karenanya, bila merasa kurang bersama dengan anak, tak ada salahnya menyisihkan waktu untuk bersama dengan anak. Saat bersama dengan anak, kita dapat bermain bersama, menonton film bersama, berekreasi, dan sebagainya. Sebagai informasi, dilansir dari situs childdevelopmeninfo.com, sang anak pun perlu juga bermain bersama orang tua.

Menolong Anak Saat Membutuhkan Bantuan
Ada saatnya anak membutuhkan bantuan. Saat anak membutuhkan bantuan, di titik inilah, kita sebagai orang tua dapat menunjukkan rasa kasih sayang. Ambil contoh, bila sang anak kesulitan menyusun balok saat bermain, kita berikan bantuan. Akan tetapi, tak lantas kita terus memberi bantuan. Sebabnya, bila terus memberi bantuan, cenderung membuat sang anak kurang berusaha. Berilah bantuan yang sekiranya benar-benar sulit dipecahkan sang anak.

Memberikan Sentuhan Fisik
Sang anak pun sebenarnya membutuhkan sentuhan fisik. Karenanya, berikan sentuhan fisik saat momen yang tepat kepada anak. Misalnya, merangkul sang anak saat ia berulang tahun dengan penuh perasaan kasih sayang. Dengan memberikan sentuhan fisik kepada sang anak, sang akan secara psikologis akan merasa lebih dekat dengan orang tuanya.

Demikian, beberapa tips mempererat hubungan orang tua dengan anak. Kesimpulannya, tak ada salahnya kita menerapkan satu atau lebih cara tersebut untuk lebih mempererat hubungan dengan sang anak. Sebagai informasi, bila usia anak kita kurang dari lima tahun, terapkan kelima cara tersebut. Bila usia anak kita lebih dari lima tahun, pilihlah beberapa cara yang disukai sang anak.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://www.goodtherapy.org/blog/love-languages-parent-child-relationship-0215135
2. https://childdevelopmentinfo.com/child-development/play-work-of-children/pl5/

Sumber Gambar:
1. http://static1.squarespace.com/static/553927d0e4b0b0c45454d21f/58647e429f74562190fb8251/58647f2ad2b8574e99b32652/1494622084004/Parent-holding-childs-hand-1.jpg?format=1000w


Related Posts :