Selasa, 01 Agustus 2017

Tips Menanamkan Kreativitas Kepada Anak

Sebagai orang tua, ada banyak hal yang mesti kita tanamkan kepada anak saat berusia dini. Salah satunya yaitu menanamkan kreativitas. Lalu, bagaimana sebaiknya menanamkan kreativitas kepada anak? Untuk menanamkannya, kita dapat mencoba gagasan yang dikemukakan oleh Jean Van’t Hul. Menurut Van’t Hul, dalam bukunya berjudul The Artful Parent, ada beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk menanamkan kreativitas kepada anak. Van’t Hul yaitu seorang seniman yang menaruh perhatian serius dalam bidang perkembangan seni anak. Lalu, apa sajakah cara-cara tersebut?


Gambar 1. Bagaimana Menanamkan Kreativitas Kepada Anak? Simak Tips-Tips Berikut

Utamakan Proses, Bukan Hasil
Saat anak kita berkreativitas, misalnya menggambar, kita tak perlu mengukur kreativitas anak dari hasil karyanya. Misalnya, bila anak kita menggambar kucing, mengukur kreativitas anak dari bagus atau tidaknya gambar kucing yang dibuatnya merupakan hal yang kurang tepat. Nah, dibandingkan mengukur kreativitas anak dari hasil karyanya, kita sebaiknya mendorong anak kita agar terus berkreativitas. Dengan kata lain, mengutamakan proses dan bukan mengutamakan hasil. Dengan mengutamakan proses, secara psikologis akan membuat sang anak terus berkarya. Selain itu, mendorong kepercayaan diri anak juga untuk terus berkarya. Sang anak pun akan mengetahui cara tersendiri dalam berkarya. Misalnya, mengetahui cara yang benar untuk menggambar kucing.

Mentoleransi Ruangan Menjadi Berantakan dan Pakaiannya Menjadi Kotor
Umumnya, bila ruangan kotor ataupun pakaian menjadi kotor saat anak sedang berkarya, orang tua akan segera menyuruh untuk membersihkan ruangan. Dan juga, menyuruh anak untuk mengganti pakaian. Padahal, ruangan berantakan dan pakaian kotor sebenarnya menjadi bagian dari proses berkreasi. Nah, dengan demikian, bila ruangan menjadi berantakan ataupun pakaiannya menjadi kotor, kita sebaiknya membiarkannya. Dengan membiarkannya, sang anak akan menjelajahi kemampuan berkreativitasnya.

Jadwalkan Waktu Bagi Anak Untuk Berkreativitas
Bila anak tak memiliki waktu untuk berkreativitas, tentunya sang anak tak dapat mengembangkan kreativitasnya. Karenanya, menjadwalkan waktu bagi anak untuk berkreativitas menjadi hal penting. Buatlah jadwal yang membuat anak nyaman untuk berkreativitas, Misalnya, saat siang hari, Umumnya, anak-anak senang membuat apapun saat siang hari. Bila anak kita sudah memasuki lembaga pendidikan formal, misalnya taman kanak-kanak, buatlah jadwal yang sesuai kegiatan terkait pendidikan yang ditempuh. Misalnya, membuat jadwal berkreativias saat malam agar anak dapat beristirahat setelah berada di lembaga pendidikan formal.

Simpan Peralatan Berkreativitas Di Dekat Anak
Untuk menanamkan kreativitas kepada anak, kita pun dapat juga menerapkan trik menyimpan peralatan berkreativitas di dekat anak. Misalnya, meletakkan berbagai peralatan menggambar di meja kamar anak. Dengan adanya peralatan-peralatan berkreativitas di dekat anak, sang anak akan terangsang dan terpacu menggunakanya untuk berkreativitas.

Sebaiknya Tak Memuji Ataupun Mengejek Hasil Karya Anak. Terangkan Saja Apa Yang Sedang Dilakukan Anak.
Bila kita memuji hasil karya anak, anak akan cenderung bangga. Bila anak merasa bangga, secara psikologis anak cenderung puas. Karenanya, akan menghambat anak untuk terus menjelajah kemampuan berkreativitasnya. Bila kita mengejek hasil karya anak, anak akan cenderung kurang percaya diri dalam berkarya. Nah, dibandingkan memuji ataupun mengejek hasil karya anak, kita sebaiknya jelaskan apa yang sedang dilakukan anak. Misalnya, bila anak sedang menggambar dengan menggunakan krayon, kita ucapkan kepada “Kamu lagi menggambar pake Krayon Ya?”.

Demikian, beberapa cara menanamkan kreativitas kepada anak. Tak ada salahnya kita mencoba menerapkan satu ataupun lebih cara-cara tersebut.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
Van’t Hull, Jean. 2013. The Artful Parent. Boston: Roost Books

Sumber Gambar:
1.https://62e528761d0685343e1c-f3d1b99a743ffa4142d9d7f1978d9686.ssl.cf2.rackcdn.com/files/45375/area14mp/s7kt4vmq-1396412167.jpg


Related Posts :