Jumat, 27 Oktober 2017

Membantu Anak Beradaptasi

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/membantu-anak-beradaptasi

Saat kita dihadapkan pada lingkungan baru hal yang pertama kita lakukan adalah beradaptasi. Namun, ada beberapa anak yang menganggap adaptasi sebagai hal yang menakutkan dalam artian sebaiknya dihindari.


Gambar 1. Anak bersosialisasi

Jika mereka terbuka mereka mungkin akan menceritakan masalahnya pada anda tetapi jika anak anda tertutup anda sendirilah yang harus memahami masalahnya. Adapun tanda – tanda jika anak merasa kesulitan ketika beradaptasi.

  1. Tidak memiliki semangat sekolah
    Bermain bersama teman – teman di sekolah umumnya menjadi hal yang menyenangkan bagi seorang anak. anak yang malas bersekolah mungkin karena ia kesulitan beradaptasi sehingga tidak memiliki banyak teman.
  2. Menjadi tertutup
    Anak yang mengalami masalah dengan adaptasi biasanya akan menjadi pemurung mereka malas untuk berbicara atau bertemu seseorang yang baru. Tidak ada cerita menarik
  3. Biasanya anak – anak selalu menceritakan kegiatannya di sekolah baik itu kegiatan yang menyenangkan maupun memalukan. Anak yang tidak mau bercerita tentang sekolahnya biasanya mengalami permasalahan.
Dampak buruk yang didapatkan jika anak tidak cepat beradaptasi diantaranya nilai akademik turun. Untuk itu peran orangtua dalam membantu anak beradaptasi diharapkan dapat membantu menangani permasalahan anak.
  1. Orangtua sebaiknya mengkondisikan anak agar siap sekolah. Mulai dari membangunkan dia pagi dengan suasana positif sehingga anak bersemangat dan punya waktu memantapkan hati. Dan juga cukup usia anak dengan usia lebih matang lebih mampu menerima dan mengkondisikan diri sesuai lingkungannya.
  2. Datanglah ke sekolah lebih awal. Anak yang terlambat tidak punya waktu mengenal lingkungan sekolah dan tidak tenang saat mulai belajar.
  3. Sedapat mungkin orangtua membantu buah hati lewat mengajarkan hal-hal kecil. Contohnya, bila mau buang air kecil, ajarkan cara meminta tolong pada guru, minta izin.
  4. Saat anak pulang sekolah, biasakan bicarakan hal-hal yang positif. Hindari kata-kata negatif, semisal "Ada yang nakal tidak di sekolah? Enggak enak ya sekolah? Capek ya dek? Gantilah dengan respons positif atau kalimat yang menyenangkan semisal : Asyik ya di sekolah.
  5. Orangtua bisa membantu anak menguasai lagu-lagu, doa yang diajarkan sekolah lewat cara menerapkan di rumah.
  6. Siapkan peralatan sekolah yang mudah sehingga anak tidak menemukan kesulitan. Contoh, tempat minum atau tempat makan yang sederhana.
  7. Percayakan anak di sekolah pada guru agar anak bisa fokus dan menikmati suasana di lingkungan baru. anda tidak perlu was – was dengan kondisi anak anda di sekolah atau menunggui anak ketika berada di sekolah. Saat anak bisa bermain dengan teman sebayanya dengan pengawasan guru anak akan merasa lebih terbuka.

Dengan pendampingan dari orangtua diharapkan anak lebih mudah beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Oleh : call me
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
http://www.ayahbunda.co.id/balita-tips/tips-membantu-anak-beradaptasi

Referensi gambar:
https://pixabay.com/en/children-different-drawings-faces-1853193/


Related Posts :