Rabu, 01 November 2017

Karakter Kartun Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/karakter-kartun-sebagai-media-pembelajaran-untuk-anak

Film animasi atau kartun memang selalu menjadi favorit anak–anak bahkan tak jarang orang dewasa pun yang masih menyukai kartun. Ceritanya yang ringan dan menghibur adalah alasan seseorang untuk menyukai kartun. Selain memiliki sisi menghibur anda juga dapat menggunakan karakter kartun sebagai media edukasi bagi anak–anak.


Gambar 1. Adit Sopo Jarwo

Bukan rahasia lagi apa bila saat ini banyak media yang biasa digunakan untuk anak–anak disalahgunakan dengan cara memasukkan konten–konten yang tidak seharusnya diperlihatkan pada anak. Untuk itu kebijakan orangtua dalam memilih konten kartun yang berkualitas sangat penting bagi si anak. Sehingga kartun tidak hanya berguna sebagai media hiburan tetapi juga sarana edukasi. Berikut beberapa pertimbangkan yang mungkin harus di perhatikan dalam memilih konten hiburan untuk anak–anak.

  1. Perhatikan batasan usia
    Di beberapa acara televisi sering kali terdapat angka (contoh : 7+,13+, dsb) angka–angka tersebut menunjukkan batas minimal usia yang diperbolehkan menonton acara tersebut.

  2. Nilai moral atau amanat yang dapat diambil
    Agar anak dapat belajar kapanpun, pilihlah kartun yang memiliki sisi edukatif bagi si anak. Biarkan anak mengambil nilai–nilai positif yang dapat diambil dari tayangan. dan menirukannya dalam kehidupan sehari–hari. Nilai positif itu diantaranya semangat atau kekompakkan dalam bekerja, ajakan untuk selalu membantu dan memperhatikan orang lain, ajakan untuk menghargai teman, ajakan untuk bersikap dewasa, dan nilai–nilai positif lainnya.

  3. Jam tayang acara tersebut
    Pastikan acara tersebut memiliki jam yang sesuai untuk anak. Maksudnya pilihlah acara yang ditayangkan ketika anak sedang ada dalam waktu luang dalam artian waktu itu tidak akan mengganggu waktu tidur anak, waktu belajar anak, dan waktu–waktu lainnya.

Itulah poin–poin yang dapat dijadikan pertimbangan anda. Berikut beberapa rekomendasi karakter kartun dari kami yang mungkin dapat dijadikan pertimbangan.

  1. Adit Sopo Jarwo
    Animasi asli Indonesia ini memang memiliki cerita yang bisa dibilang sederhana. Dengan, mengangkat tema kehidupan sehari–hari sudah cukup untuk membuat kartun ini lucu. Diceritakan tokoh Sopo dan Jarwo adalah sepasang sahabat yang kemanapun selalu bersama di setiap episode diceritakan tingkah–tingkah menggelitik dari kedua tokoh ini. Selain itu, tokoh Adit dan Dennis semakin membuat animasi ini kian menarik. Dalam animasi ini terdapat tokoh pak haji yang selalu menyampaikan pesan–pesan moral dalam setiap akhir episode.

  2. Upin & Ipin
    Dengan menganggkat cerita kegiatan sehari–hari sekumpulan anak kecil di suatu desa.Kartun ini memang banyak digemari oleh masyarakat utamanya anak–anak. Tak lupa pada setiap episode katun ini pasti terselip nilai moral dan nilai budaya.

Selamat memilih.

Oleh : Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. https://berjagajaga.wordpress.com/2015/06/29/pesan-kegelapan-walt-disney-spongebob-dan-naruto/
2. http://bicarabijak.blogspot.co.id/2013/06/kata-bijak-para-tokoh-kartun.html

Referensi gambar :
1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Adit_Sopo_Jarwo.jpg


Related Posts :