Selasa, 14 November 2017

Mendidik Anak Menjadi Pencinta Lingkungan

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/mendidik-anak-menjadi-pencinta-lingkungan

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.


Gambar 1. pohon

Isu mengenai global warming, ilegal logging, dsb. yang semakin meresahkan membuat kita mau tidak mau harus mulai peduli dengan lingkungan dan bumi yang kita tempati saat ini. Salah satu bukti kepedulian kita terhadap lingkungan bisa dilakukan dengan cara mendidik anak – anak kita sebagai generasi penerus bangsa untuk mencintai lingkungan. Semakin dini menanamkan semangat cinta lingkungan pada anak maka semakin baik. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk menanamkan semangat cinta lingkungan pada anak.

  1. Mulai dari kebiasaan kecil.
    Kebiasaan kecil yang dimaksud adalah melatih anak mencintai lingkungan melalui aktivitas – aktivitas sederhana semisal membuang sampah pada tempatnya. Juga biasakan anak untuk membuang sampah yang tercecer di jalan ke tempat sampah. Setelah kebiasaan ini terlaksana dengan baik. Anda dapat mengajarkan anak membuang sampah ke tempat sampah sesuai jenisnya. Misalnya, sampah daun – daunan dan kertas ke tempat sampah organik, serta sampah plastik ke tempat sampah anorganik, dsb.

  2. Berkreasi dengan barang bekas
    Memanfaatkan beberapa barang bekas dan sampah yang bisa didaur ulang bisa menjadi salah satu cara kreatif agar putra-putri Anda tidak terlalu konsumtif membeli berbagai mainan atau barang-barang buatan pabrik. Selain bisa menjadi alternatif daur ulang, kegiatan ini bisa dilakukan seluruh keluarga yang menyenangkan.

    Anda pasti masih ingat bagaimana membuat mobil-mobilan dari kulit jeruk Bali. Atau bila ingin barang yang tahan lama, Anda bisa mengajak buah hati Anda membuat tas atau dompet dari pembungkus sabun cuci piting cair. Tanamkan pada diri anak Anda bahwa memakai bahan kreatif daur ulang adalah hal yang baik dan bisa menyelamatkan lingkungan.

  3. Belajar menanam pohon
    Ajaklah anak berpartisipasi dalam acara penanaman pohon massal. Berpartisipasi dengan acara menanam pohon baik yang diadakan pemerintah maupun swasta membuat putra-putri Anda mencintai pohon sebagai salah satu penopang kehidupan tentu harus Anda biasakan mulai mereka kecil. Selanjutnya, anda dapat mengajak anak anda berkebun di halaman depan maupun belakang rumah. Ajaklah mereka menanam dan merawat tanaman hal ini bertujuan agar anak semakin mencintai tumbuhan. Jika halaman depan atau belakang rumah anda tidak terlalu besar anda dapat menanam tanaman dengan pot maupun secara hidroponik.

Dengan mengajak anak mencintai lingkungan sejak dini kita sudah ikut menyumbangkan kehidupan di bumi tercinta ini.

Oleh : Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi: http://indotopinfo.com/mengajar-anak-peduli-lingkungan.htm
Referensi gambar: https://pixabay.com/en/bavarian-forest-bank-hiking-rest-2519363/


Related Posts :