Rabu, 15 November 2017

Tips Mengasah Kreativitas Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/tips-mengasah-kreativitas-anak

Apa bayangan anda saat mendengar kata ‘orang kreatif’ atau ‘anak kreatif’? Suka menggambar? Kamarnya berantakan? Ada berbagai ciri anak kreatif beserta dugaan yang ditujukan pada mereka, baik prasangka positif maupun negatif. Namun sudahkah kita mau benar-benar memahami jati diri anak yang kreatif?

Apa sih anak kreatif itu? Apa pula hubungannya dengan pengembangan bakat anak? Sebagai orang awam, kita biasa menengarai kreativitas dalam banyak istilah, seperti berpikir out-of-the-box, lain daripada yang lain, nyeleneh, atau profesi-profesi tertentu, seperti seniman, musisi indie, bahkan pengusaha.


Gambar 1. Bentuk kreativitas anak

Berikut beberapa ciri anak yang kreatif.

1. Mempunyai rasa ingin tahu yang besar
2. Aktif, giat dan tanggap terhadap sebuah pertanyaan
3. Selalu terbuka terhadap hal-hal baru
4. Selalu ingin menemukan dan meneliti sesuatu
5. Senang jika diberi tugas yang sulit dan berat
6. Cenderung mencari jawaban yang luas dan berbeda dengan yang lain
6. Berdedikasi tinggi dan aktif dalam menjalankan tugas
7. Mempunyai kemampuan menganalisa sebuah masalah
8. berdaya imajinasi dan abstraksi yang baik
9. Punya rasa percaya diri yang tinggi dan mandiri
10. Mempunyai kemampuan mencari solusi dan gagasan dalam menyelesaikan masalah dengan baik.

Berbahagialah bagi anda yang anak – anaknya memiliki ciri – ciri di atas karena kemungkinan besar anak anda adalah orang yang kreatif.

Dan karena kreativitas adalah salah satu kunci mencapai kesuksesan pada hampir seluruh hal yang kita lakukan, kita harus mengajarkannya kepada anak-anak sejak usia dini. Kreatifitas tidak hanya terbatas pada kesenian, desain ataupun musik tetapi kreativitas juga penting untuk ilmu pengetahuan, matematika, ilmu sosial, dan juga kecerdasan emosional. Orang-orang dengan tingkat kreativitas tinggi lebih fleksibel dan pemecah masalah yang lebih baik sehingga membuat mereka mampu beradaptasi lebih baik terhadap perubahan, kemajuan teknologi, dan dapat menggunakan kesempatan / opportunity dengan lebih baik.

Berikut cara – cara membentuk atau meningkatkan kreativitas anak.

  1. Ajarkan mereka untuk menggunakan 2 bagian tubuh yakni kanan dan kiri

    Melihat anak mampu menggunakan kedua tangan atau kakinya dengan optimal tentu merupakan bakat unik. Sangat jarang manusia mampu menggunakan kedua sisi tubuhnya dengan baik. Ada pun biasanya setiap manusia fokus pada sisi tubuh kiri atau kanannya saja. Ini bisa anda perhatikan pada saat anak menggambar atau menulis dengan tangan kanan atau kirinya. Meningkatkan kemampuan anak untuk 2 sisi tersebut tentunya akan membuat otak kanan dan kiri si kecil lebih aktif lagi.

    Untuk mengembangkan kemampuan tersebut, maka anda bisa mengarahkan si kecil untuk menggunakan masing-masing tangannya bergantian saat menulis atau menggambar. Untuk kakinya sendiri, bisa anda ajarkan dengan menendang bola. Hebatkan kalau anak anda nantinya jadi pemain bola profesional yang mampu menggunakan kedua kakinya dengan baik untuk mencetak gol.

  2. Melatih perbendaharaan kosakata pada anak

    Seorang anak yang memiliki banyak perbendaharaan kata tentunya akan membuat anak Bunda lebih mudah dalam mengerti pembicaraan atau sesuatu yang dilihatnya dalam bentuk tulisan. Jumlah perbendaharaan kata yang semakin banyak ini tentunya membuat pengetahuan si kecil menjadi semakin luas, serta akan lebih tanggap akan sesuatu.

  3. Biasakan untuk mencari jawaban bersama

    Terakhir dan terpenting, kita sebagai orang tua harus selalu dampingi dan bimbing dalam proses mengembangkan kreativitas biasakan untuk mencari jawaban dari suatu masalah bersama-sama.

Sama halnya dengan kemampuan belajar seperti membaca atau menghitung kreativitas anakpun dapat diajarkan sehingga berkembang seiring berjalannnya waktu.

Oleh: nana
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://www.ayahbunda.co.id/balita-psikologi/10-cara-mengasah-kreativitas-anak
2. http://id.wikihow.com/Mengasah-Kreativitas-Anak
Referensi gambar :
https://pixabay.com/en/sand-sand-pit-sandburg-child-2548132/


Related Posts :