Senin, 25 Desember 2017

Hal-hal yang Dibutuhkan Seorang Anak Perempuan dari Seorang Ayah

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/hal-hal-yang-dibutuhkan-seorang-anak-perempuan-dari-seorang-ayah

Pada masa pendidikan anak, peran orang tua memang begitu penting. Termasuk juga bagi seorang ayah yang memiliki anak perempuan. Bila ditinjau dari sudut pandang psikologis, pada masa pendidikan anak, terdapat hal-hal yang sebenarnya sangat dibutuhkan seorang anak perempuan dari ayahnya. Hal-hal tersebut sangat menunjang masa pendidikan seorang anak perempuan. Lalu, apa saja hal-hal tersebut?


Gambar 1. Apa Hal Penting yang Sebenarnya Dibutuhkan Anak Perempuan dari Ayahnya?

Ketangguhan dan Kekuatan Mental. Secara psikologis dan mental, wanita memang lebih lemah dibandingkan pria. Nah, pada titik inilah, peran penting seorang ayah bagi anak perempuan. Pada masa pendidikan anak, ia membutuhkan sosok idola yang tangguh dan kuat. Tak lain tak bukan, yaitu ayahnya. semakin dekat anak perempuan dengan ayahnya, secara psikologis akan semakin membangun ketangguhan dan kekuatan mental di dalam jiwanya. Bila anak perempuan cenderung jauh dari ayahnya, tak tertutup kemungkinan anak perempuan.

Rasa Kasih Sayang. Anak perempuan pun sebenarnya membutuhkan rasa kasih sayang dari ayahnya. Dengan memberikan rasa kasih sayang kepadanya, sangat membantunya menghadapi masa pubertas. Pada masa tersebut, anak perempuan akan mulai menyukai lawan jenisnya. Anak perempuan pun biasanya mengalami stres dan tekanan pada masa tersebut. Nah, bila anak mendapatkan rasa kasih sayang dari ayahnya saat masa kecil, sangat membantu menghadapi masa-masa tersebut. Bila kurang mendapatkan rasa kasih sayang saat usia kecil, tak tertutup kemungkinan ia akan ‘mengejar-ngejar’ sosok pria idamannya. Tentu saja, sebagai pengganti rasa kasih sayang yang tak ia rasakan saat usia dini.

Menanamkan Keberanian dan Rasa Percaya Diri. Seorang wanita cenderung menilai dirinya sendiri ataupun orang lain berdasarkan kecantikannya. Karenanya, wanita akan merasa bangga bila seseorang menyebutnya memiliki paras cantik. Padahal, untuk menjalani kehidupan sehari-hari, perlu juga memiliki rasa keberanian dan rasa percaya. Pada titik inilah, peran penting seorang ayah. Seorang ayah mesti menanamkan rasa percaya diri dan keberanian kepada anak perempuannya sejak usia Bila seorang ayah terus memuji kecantikan anaknya, tak tertutup kemungkinan sang anak akan terus membangga-banggakan kecantikannya dan juga terus berias diri tanpa memiliki rasa percaya dan keberanian.

Penghargaan. Seperti yang sudah disebutkan, seorang anak perempuan mesti memiliki sosok idola ayah yang tangguh dan kuat. Selain anak perempuan membutuhkan rasa kasih sayang, sang anak pun sebenarnya membutuhkan penghargaan dari ayahnya. Penghargaan ini akan semakin memperkuat motivasi di dalam dirinya. Misalnya, bila sang anak berhasil mendapatkan peringkat pertama di kelasnya, kita berikan hadiah

Aktivitas Fisik. Ditinjau dari aspek fisik, pria memang lebih kuat dan tangguh dibandingkan wanita. Nah, agar fisik anak perempuan kita tumbuh lebih kuat dan tangguh, sangat penting mengajarkannya agar menyukai aktivitas fisik yang biasa dilakukan pria. Misalnya, olahraga lari, bersepeda, ilmu bela diri, dan sebagainya. Bila tak mengajarkannya aktivitas fisik kepadanya sejak usia dini, tak tertutup kemungkinan anak perempuan akan tumbuh menjadi seseorang yang mudah sakit. Tak tertutup kemungkinan juga, akan tumbuh menjadi seseorang yang bertubuh ‘gendut’.

Kejujuran dan Keterbukaan. Sebagai seorang ayah, kita pun mesti jujur dan terbuka kepada anak perempuan kita. Hal ini sangat membantu agar anak perempuan kita selalu bersikap jujur dan terbuka. Bila tak bersikap demikian, tak tertutup kemungkinan anak perempuan kita akan senang berbohong. Misalnya, bila kita melakukan kesalahan, tak perlu menutup-nutupinya kepada anak. Kita jelaskan kesalahan kita kepada sang anak.

Demikian, beberapa hal yang sebenarnya dibutuhkan seorang anak perempuan dari seorang ayah. Nah, sebagai seorang ayah yang memiliki anak perempuan, sudahkah kita memberikan hal-hal tersebut kepadanya?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.beliefnet.com/love-family/parenting/galleries/8-things-a-girl-needs-from-her-father.aspx

Sumber Gambar:
http://www.publicdomainpictures.net/pictures/180000/velka/father-daughter-seaside-painting.jpg


Related Posts :