Minggu, 17 Desember 2017

Manfaat Komik bagi Perkembangan Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/manfaat-komik-bagi-perkembangan-anak

Apakah anak kita sangat senang membaca komik? Sebagian orang tua memandang bahwa komik menjadi hal yang kurang baik bagi anak. Sebagian orang tua lain pun memandang bahwa bila anak kecanduan membaca komik, anak akan enggan belajar. Padahal, komik sebenarnya mendatangkan beberapa manfaat positif dan penting bagi anak. Tentu saja, bila anak tak berlebihan membacanya. Berikut beberapa manfaat positif membaca komik bagi perkembangan anak.


Gambar 1. Komik

Meningkatkan Kemampuan Bertutur Kata Anak. Pada lembaran-lembaran komik, berisi gambar dan ballon text yang menerangkan situasi gambar. Nah, saat anak menyimak lembaran-lembaran komik, sang anak akan menyimak bagaimana menjelaskan suatu situasi dalam tutur kata yang efektif. Nah, dengan demikian, sangat membantu meningkatkan kemampuan bertutur kata sang anak.

Memperluas Kosa Kata. Saat anak menyimak komik, anak akan disuguhkan berbagai kosa kata. Karenanya, akan memperluas kosa kata dalam benak anak. Semakin baik anak menguasai kosa kata, tentunya, memudahkan berkomunikasi dengan orang lain. Dan juga, mempermudah anak menyimak media tertulis lainnya. Misalnya, buku teks pelajaran ataupun buku cerita.

Memperkaya Imajinasi Anak. Secara mendasar, semakin baik imajinasi memudahkan berpikir kreatif. Nah, sebagai orang tua, kita dapat menanamkan kemampuan berimajinasi sejak anak usia dini. Bila anak membaca komik, karena komik berisi cerita dan gambar menarik, sebenarnya akan lebih merangsang kemampuan berimajinasi sang anak. Imajinasi sang anak akan terus terangsang saat menyimak tokoh-tokoh dan cerita komik yang menarik.

Merangsang Minat Membaca. Membaca sebenarnya menjadi hal penting. Dengan banyak membaca, memperluas khazanah pengetahuan. Nah, sebagai orang tua, kita dapat menanamkan minat membaca sejak anak usia dini. Bila anak senang membaca komik, sebenarnya akan lebih merangsang minatnya untuk membaca. Saat anak berusia dewasa, membuat sang anak senang membaca dan menyimak berbagai literatur.

Media Alternatif Untuk Belajar. Apakah anak kita kurang bersemangat untuk belajar? Sebagai solusi praktis untuk mengatasinya, kita dapat memanfaatkan media komik sebagai media untuk belajar. Anak-anak, secara psikologis, lebih menyukai media pembelajaran yang dihiasi gambar-gambar menarik. Misalnya, untuk mengajarkan ilmu matematika dasar, kita dapat memberikan komik yang menceritakan tentang hitung-hitungan mendasar seperti pertambahan ataupun pengurangan angka.

Menanamkan Hal-Hal Positif Di Dalam Jiwa Anak. Umumnya, orang tua memandang komik hanyalah merupakan cerita imajinatif bergambar. Karenanya, bila anak membaca komik, dipandang sebagai hal yang kurang bermanfaat. Padahal, komik pun dapat menjadi media untuk menanamkan hal-hal positif di dalam jiwa anak. Ambil contoh, pada komik, terdapat juga adegan-adegan yang positif. Misalnya, menolong orang lain ataupun semangat pantang menyerah. Bila anak menyimak adegan tersebut, tentunya sangat baik bagi perkembangan anak.

Demikian, manfaat komik bagi perkembangan anak. Kesimpulannya, komik tak seutuhnya kurang baik bagi perkembangan anak. Karenanya, melarang anak agar tak membaca komik merupakan hal yang kurang tepat. Tentu saja, bila sang anak tak berlebihan membacanya.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://childrenspublishing.com/benefits-comic-books-children/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2016/05/15/05/04/comic-1393153_960_720.jpg


Related Posts :