Rabu, 27 Desember 2017

Melatih Kemampuan Otak Tengah Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/melatih-kemampuan-otak-tengah-anak

Sama seperti bagian tubuh lainnya otak juga terdiri dari beberapa bagian. Selama ini mungkin hanya dua bagian otak yang kita ketahui yaitu otak kanan, otak kiri,dan otak tengah. Berikut perbedaan fungsi otak kanan, tengah, dan kiri.

Otak kiri
  • Mengontrol gerak tubuh bagian kiri
  • Kemampuan mempertimbangkan sesuatu
  • Main logika
  • Menganalisa
  • Berbicara
  • Menulis
  • Keterampilan dalam angka atau matematika serta ilmiah.

Otak kanan
  • Mengontrol tubuh pada bagian kanan
  • Berimajinasi
  • Emosi
  • Kreativitas
  • intuisi

Otak tengah
adalah yang paling penting karena wilayah ini berperan untuk mengatur semua tanggapan dari rangsangan-rangsangan yang berkaitan dengan informasi sensorik dan mengatur segala macam tindakan tubuh untuk memberikan respon.

Misalnya saat tangan memegang suatu benda yang panas, maka kemudian otak tengah akan memberikan informasi kepada otak bahwa tangan perlu melakukan suatu tindakan untuk merespon apa yang dirasakan oleh tangan tersebut yaitu dengan memindahkan tangan untuk segera menghindari panas tersebut.


Gambar 1. Otak

Pernah mendengar program aktivisasi otak tengah. Konon Otak tengah yang teraktivasi memancarkan gelombang otak yang mirip seperti radar. Hal ini membuat pemiliknya mampu melihat benda dalam keadaan mata tertutup. Pada dasarnya, gelombang tersebut terletak di bawah hidung. Hanya mampu mendeteksi benda yang terletak sedikit di bawah hidung.

Latihan yang teratur dapat membuat sang anak menjadi lebih kuat dan mampu melihat benda yang terletak lebih tinggi lagi. Bahkan ada beberapa anak yang dapat medeteksi sampai 360 derajat. Hal itu berarti mereka dapat mendeteksi benda yang terletak di belakang, atas dan semua arah. Walaupun begitu, program ini tidak berhubungan dengan kemampuan supranatural atau sebagainya. Training aktivisasi otak tengah ini hanya untuk anak usia 5 sampai 15 tahun saja dan dengan biaya yang tidak sedikit.

Bagi anda yang ingin mengaktivisasi otak tengah buah hati anda mungkin cara berikut dapat anda terapkan meskipun mungkin hasilnya tidak akan sama dengan yang dilatih oleh profesional. Berikut cara mengembangkan kemampuan otak tengah pada anak anda.

  1. Mulai sejak dini
    Mulailah sejak dini bahkan sebelum ia dilahirkan. Caranya dengan memastikan calon ibu memiliki kesehatan yang baik dan cukup gizi. Hindari zat berbahaya seperti alkohol, obat-obatan, rokok, dan merkuri yang diketahui berbahaya bagi perkembangan otak bayi Anda. Penuhi kebutuhan gizi khusus untuk perkembangan otak bayi, seperti asam folat dan minyak ikan. Banyak obat yang tidak dianjurkan selama kehamilan. Jadi konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum mengambil obat-obatan tertentu.

  2. Membacakan cerita
    Meski bayi mungkin belum memahami isi cerita yang Anda bacakan, namun membaca terus-menerus akan membantu bayi untuk mendengar, mengenali kata-kata dan artinya. Proses ini penting dalam membantu cara bicara dan membangun kosa kata bayi.

  3. Berikan mainan cerdas
    Mainan memainkan peran penting dalam perkembangan otak bayi Anda. Kuncinya, memilih mainan dan kegiatan yang tepat harus sesuai dengan tahap perkembangan biologi anak. Pilih mainan sederhana yang tidak membuat bayi frustrasi. Belikan mainan buka tutup untuk mengasah imajinasi serta membantu membangun koordinasi antara mata dan tangan.

  4. Bermain tanda
    Ajaklah bayi Anda mempelajari tanda-tanda ketika menginjak usia 4 (empat) bulan. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan bahasa isyarat mengarah ke peningkatan dalam bahasa lisan serta IQ yang lebih tinggi.

  5. Kenalkan bahasa asing
    Pada usia yang tepat, perkenalkan anak Anda untuk mendengar suara dan kosakata dari bahasa asing. Memutar DVD bahasa asing, bisa meningkatkan kosakata anak Anda. Beberapa penelitian menunjukkan pengenalan bahasa asing sebaiknya dimulai setelah anak lancar berbahasa ibu.

  6. Kontak fisik
    Belaian dan sentuhan Anda kepada bayi sangat penting untuk pertumbuhan emosionalnya. Membelai rambut, tungkai dan tubuh juga membantu membuat koneksi neurologis yang penting untuk perkembangan otak. Ini juga akan membantu memperkuat ikatan Anda dengan bayi Anda.

Oleh : Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. https://www.ayahbunda.co.id/balita-gizi-kesehatan/trik-melatih-potensi-otak-tengah
2. https://bayurini.wordpress.com/2010/02/26/mengaktifkan-otak-tengah-kita/

Referensi gambar :
https ://pixabay.com/en/brain-mind-psychology-idea-hearts-2062057/


Related Posts :