Rabu, 03 Januari 2018

Apa Saja Manfaat Mengarang Cerita Bagi Perkembangan Anak?

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/apa-saja-manfaat-mengarang-cerita-bagi-perkembangan-anak

Apakah anak kita begitu senang mengarang cerita? Mengarang cerita menjadi hal yang begitu melekat dengan pendidikan anak usia dini. Saat sang anak diberikan tugas oleh guru mengarang cerita, sang anak dapat menulis cerita pengalaman nyata ataupun cerita hasil imajinasinya. Misalnya, cerita pengalaman saat berlibur. Ataupun, menulis tentang cita-cita yang ingin diraih saat usia dewasa. Nah, bila kita telusuri, apa sajakah manfaat mengarang cerita bagi perkembangan anak? Berikut manfaat-manfaat tersebut.


Gambar 1. Apa Sajakah Manfaat Menulis Cerita Bagi Anak?

Menanamkan Rasa Percaya Diri. Apa kaitan menulis cerita dengan rasa percaya diri? Menulis, secara mendasar, yaitu aktivitas memilih kata untuk menggambarkan hal-hal yang ada di dalam benak. Nah, saat sang anak menulis, sang anak akan memilih kata-kata untuk menggambarkan ceritanya. Tanpa rasa percaya diri, sang anak tak akan yakin bahwa ceritanya, yang berisi rangkaian kata-kata yang dipilihnya, akan dipahami orang lain. Dengan rasa percaya diri, sang anak akan yakin bahwa ceritanya akan dipahami orang lain. Dengan demikian, menulis cerita dapat menjadi media yang tepat bagi orang tua untuk menanamkan rasa percaya diri kepada anak.

Membantu Kemampuan Berekspresi Anak Secara Lisan. Saat sang anak menulis cerita, sang anak anak akan memilih kata dan menulis untuk mengekspresikan hal-hal ataupun suasana hati tertentu yang ada dalam benaknya. Misalnya, menuliskan suasana hati yang riang gembira. Karenanya, dalam jangka panjang, akan melatih kemampuan berekspresi anak secara lisan. Dengan kemampuan berekspresi yang baik, tentunya akan memudahkan komunikasi dengan orang lain. Dan juga, dengan kemampuan berekspresi yang baik, akan lebih mudah meyakinkan dan memengaruhi orang lain saat berusia dewasa.

Sertai dengan Menanamkan Empati. Empati, secara mendasar, yaitu kemampuan untuk memahami perasaan orang lain Nah, menulis cerita pun dapat juga menjadi media bagi orang tua untuk menanamkan empati kepada anak. Ambil contoh, sang anak menulis cita-cita yang ingin diraihnya yaitu menjadi dokter. Setelah sang anak selesai menulis, kita ceritakan bahwa pekerjaan dasar seorang dokter yaitu menolong orang lain yang sedang sakit. Tips ini akan menanamkan empati di dalam jiwa anak.

Meningkatkan Kreativitas dan Melatih Imajinasi. Ini salah satu manfaat mengarang cerita yang sudah diketahui banyak orang. Memang, mengarang cerita dapat meningkatkan kreativitas anak. Termasuk kemampuan kreativitas anak dalam berbahasa. Saat sang anak menulis cerita, sang anak begitu bebas mengerahkan kreativitasnya untuk menulis cerita yang diinginkannya. Karenanya, akan men-stimulasi kreativitas anak. Terlebih, bila anak menulis cerita hasil imajinasinya.

Demikian, beberapa manfaat penting mengarang cerita bagi perkembangan anak. Kesimpulannya, mengarang cerita menjadi salah satu hal penting yang tak dapat kita abaikan dalam perkembangan anak. Karenanya, tak ada salahnya terus mendorong anak agar semakin senang dan giat menulis cerita.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. https://www.scribblitt.com/pressroom/article/2017/feb/23/4-benefits-creative-writing-help-your-children/
2. http://www.weezeeworld.com/4-reasons-creative-writing-benefits-kids/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2015/04/07/16/30/writing-711286_960_720.jpg


Related Posts :