Senin, 01 Januari 2018

Tips Agar Anak Gemar Berolahraga

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/tips-agar-anak-gemar-berolahraga

Bila sang anak gemar berolahraga, tentunya akan menunjang perkembangan fisiknya, Selain itu,ada juga manfaat-manfaat lainnya olahraga bagi perkembangan anak. Manfaat-manfaat tersebut, dilansir dari situs parents.com, antara lain memperkuat jantung, membuat pembuluh darah selalu bersih, memperkuat paru-paru, mengurangi kadar gula, menjaga berat badan, memperkuat tulang, mencegah kanker, menjaga tekanan darah, meningkatkan energi, dan membuat emosi selalu positif.

Namun, meskipun olahraga sangat bermanfaat, memang tak semua anak senang berolahraga. Nah, bila anak kita kurang gemar berolahraga, berikut beberapa tips yang dapat kita coba agar anak kita gemar berolahraga.


Gambar 1. Bagaimana Agar Anak Gemar Berolahraga?

Bantu Anak Memahami Dasar-Dasar Olahraga yang Disukai. Pahami olahraga yang membuat anak tertarik untuk melakukannya. Setelah memahami olahraga yang disukainya, kita ajarkan dasar-dasar permainan olahraga tersebut. Ambil contoh, anak kita tertarik dengan olahraga bulutangkis. Kita dapat mengajarkan cara memukul ataupun men-smash shuttlecock. Agar sang anak begitu menguasai dasar-dasar permainan tersebut, kita ajarkan secara rutin. Misalnya selama sejam dalam sehari. Sebagai hal penting, saat awal-awal mengajarkannya, kita pun tak perlu agar melakukan olahraga tersebut secara benar. Misalnya, memukul shuttlecock namun masuk ke area lapangan sendiri. Yang terpenting, anak mulai menyukai melakukan olahraga tersebut.

Pilih Dua atau Tiga Jenis Olahraga. Bila kita mengajarkan beragam jenis olahraga kepada anak, cenderung membuat anak kesulitan mempelajari setiap jenis olahraga. Tak tertutup kemungkinan juga, sang anak akan enggan berolahraga sama sekali. Nah, menurut, Dr. Daniel Gould, direktur Institute for the Study of Youth Sports Universitas Michigan, anak sebaiknya melakukan dua atau tiga jenis olahraga saat usia dini.

Masukkan Anak Ke dalam Tim. Saat anak masih berusia dini, tak ada salahnya memasukkan akan ke dalam tim. Misalnya, bila anak gemar bermain basket, kita dapat memasukkannya ke dalam tim basket. Hal ini membuat anak semakin menyukai olahraga yang digemarinya. Ada juga manfaat penting memasukkan anak ke dalam tim. Yaitu, membantu anak untuk bekerja sama dan berkomunikasi dengan orang lain.

Tak Perlu Mengukur Pencapaian Anak. Ambil contoh, anak kita senang berolahraga lari. Kita perlu mengadu-adu kecepatan lari anak kita dengan anak lainnya. Kita pun tak perlu menekan anak agar berprestasi dalam bidang olahraga yang disukainya. Sebabnya, membuat akan merasa tertekan dan stres. Bila anak mengalami hal tersebut, tak tertutup kemungkinan anak akan enggan berolahraga. Bila ditinjau secara lebih luas, sebenarnya ada manfaat yang lebih besar dibandingkan mengukur pencapaian anak. “Kebanyakan orang tua kurang memahami manfaat penting olahraga bagi anak”, tutur Dr. Gould. “Manfaat-manfaat tersebut antara lain manfaat sosial, emosional, dan perkembangan fisik anak”, tambahnya.

Demikian, beberapa tips anak gemar olahraga. Kesimpulannya, karena olahraga sangat membantu perkembangan anak, tak ada salahnya kita membuatnya sang anak agar semakin gemar berolahraga.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://www.parents.com/fun/sports/exercise/10-benefits-of-physical-activity/
2. http://www.parents.com/fun/sports/exercise/teach-your-child-to-love-a-sport/

Sumber Gambar:
http://maxpixel.freegreatpicture.com/static/photo/1x/Field-Mit-Team-Softball-Sport-Child-1567045.jpg


Related Posts :