Sabtu, 06 Januari 2018

Tips Agar Anak Perempuan Senang Mengenakan Pakaian Hijab

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/tips-agar-anak-perempuan-senang-mengenakan-pakaian-hijab

Bagi orang tua pemeluk agama Islam yang memiliki anak perempuan, sangat penting mengenalkan pakaian hijab atau pakaian yang menutup aurat. Sebabnya, bagi seorang muslimah yang berusia balig, mengenakan hijab atau pakaian yang menutup aurat sebenarnya menjadi kewajiban. Nah, terkait pendidikan anak, bila ia senang mengenakan pakaian hijab saat usia dini, tentunya secara psikologis akan terus mengenakannya saat usia dewasa. Lalu, bagaimana agar ia senang mengenakan pakaian hijab saat usia dini? Berikut beberapa tips agar anak perempuan kita senang mengenakan pakaian hijab


Gambar 1. Pakaian Hijab

Ceritakan Hal-Hal Positif
Tips pertama yaitu ceritakan hal-hal positif tentang pakaian hijab. Ada banyak hal positif yang dapat kita ceritakan kepada anak perempuan kita tentang segala keistimewaan pakaian hijab. Misalnya, menceritakan mengenakan pakaian hijab akan mendapatkan banyak pahala. Dapat juga menceritakan bahwa pakaian hijab akan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari sehingga kulit akan tampak selalu mulus bersinar.

Ceritakan Pakaian Hijab Membuat Seorang Wanita Lebih Menawan
Tips kedua yaitu ceritakan bahwa mengenakan pakaian hijab membuat seorang wanita terlihat lebih menawan. Secara psikologis, seorang wanita dewasa memang selalu ingin terlihat cantik menawan. Nah, dengan menanamkan mengenakan pakaian hijab membuat seorang wanita terlihat lebih cantik, sang anak akan semakin bersemangat mengenakan pakaian hijab. Bahkan, hingga ia berusia dewasa. Jauhi juga anggapan bahwa mengenakan pakaian hijab membuat seorang wanita kurang menarik di mata pria.

Tunjukkan Contoh Nyata
Tips ketiga yaitu berikan contoh. Sang anak cenderung meniru perilaku orang-orang di sekitarnya. Bila seorang ibu ataupun saudara perempuannya mengenakan pakaian hijab begitu percaya diri, rasa percaya diri akan ‘menular’ kepada sang anak. Sang anak akan bersemangat mengenakan pakaian hijab dengan penuh rasa percaya diri dalam segala aktivitas. Sedangkan bagi seorang ayah, tunjukkan perilaku yang islami.

Kumpul Bareng Bersama Teman-Temannya yang Juga Mengenakan Hijab
Tips keempat yaitu mengajaknya kumpul bareng bersama teman-teman perempuannya yang mengenakan pakaian hijab. Terkadang,, sang anak kurang merasa percaya diri mengenakan pakaian hijab, Nah, untuk mengatasinya, bila terdapat teman-temannya yang mengenakan pakaian hijab, ajaklah anak kita bergabung bersama mereka. Tak ada salahnya juga memprakarsai kegiatan untuk mereka. Misalnya, makan ataupun jalan-jalan bersama

Jelaskan Bahwa Mengenakan Hijab Adalah Perintah dan Kewajiban
Tips kelima yaitu ceritakan mengenakan Hijab adalah perintah. Bila sang anak menganggap mengenakan hijab sebagai perintah orang tua, tak tertutup kemungkinan anak perempuan tak akan mengenakan pakaian hijab saat sang anak luput dari pengawasan kita. Dengan kata lain, mengenakan hijab karena terpaksa. Bila sang anak menganggap mengenakan hijab merupakan perintah dan kewajiban, ia akan mengenakannya sepenuh hati. Padukan tips ini dengan menjelaskan keistimewaan-keistimewaan pakaian hijab.

Demikian, beberapa tips menanamkan agar anak terbiasa mengenakan hijab saat usia dini. Kesimpulannya, karena mengenakannnya hijab menjadi kewajiban bagi seorang wanita muslimah, sekali lagi tak ada salahnya kita menerapkan tips-tips tersebut.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://aboutislam.net/family-society/moms-dads/get-daughter-wear-hijab-12-steps/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2017/04/25/10/02/muslim-2259169_960_720.jpg


Related Posts :