Minggu, 11 Februari 2018

Bila Anak Senang Memasak, Ini Manfaatnya Bagi Perkembangan Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/bila-anak-senang-memasak-ini-manfaatnya-bagi-perkembangan-anak

Apakah kita memiliki anak berusia balita yang senang memasak? Bagi orang umumnya, memasak hanya dipandang sebagai aktivitas untuk mengolah bahan-bahan makanan menjadi masakan lezat. Padahal, ada juga manfaat-manfaat memasak lainnya bagi perkembangan anak. Karenanya, terlebih bagi kaum ibu, tak ada salahnya kita sering mengajak anak kita memasak bersama. Lalu, apa saja manfaat-manfaat memasak bagi perkembangan anak? Berikut manfaat-manfaat tersebut.


Gambar 1. Apa Manfaat Memasak Bagi Perkembangan Anak?

Menjadi Media Untuk Mengajarkan Kemampuan Berhitung Dasar
Memasak tak terlepas dari takaran komposisi bahan masakan. Karenanya, bagi sang anak, dengan memasak, sebenarnya akan melatih kemampuan berhitung dasar. Ambil contoh, sang anak akan menggoreng empat telur untuk seluruh anggota keluarga. Sang anak mesti menghitung jumlah telur yang akan digorengnya. Hal ini tentunya melatih kemampuan mengeja angka. Contoh lainnya, anak akan menggoreng lima buah telur. Sedangkan di dalam dapur hanya tersedia dua telur. Agar anak menggoreng lima telur, anak mesti berhitung untuk mengetahui berapa banyak telur yang dibutuhkan. Hal ini tentunya mengajarkan penambahan dan pengurangan angka sederhana bagi sang anak.

Melatih Kepekaan Berbagai Indra Termasuk Indra Penciuman.
Memasak pun sebenarnya melatih kemampuan indra penciuman sang anak. Sebabnya, saat memasak, anak akan mencium berbagai aroma masakan. Selain melatih kepekaan indra penciuman, bila sang anak begitu senang memasak, memasak pun sebenarnya melatih kekuatan fokus indra penglihatan. Sebabnya, anak akan dihadapkan dengan berbagai bahan-bahan masakan yang begitu berwarna-warni.

Menambah Kosa Kata Baru.
Semakin banyak kosa kata yang dikuasai anak, memudahkan sang anak dalam proses komunikasi. Misalnya, memudahkan sang anak menangkap pembicaraan dalam tayangan televisi ataupun memudahkan sang anak mencerna isi artikel majalah. Terkait memasak, dengan banyak mencoba resep baru bersama anak kita, sebenarnya akan menambah kosa kata baru di dalam benak sang anak. Sebabnya, para resep masakan, terdapat berbagai kosa kata yang baru bagi sang anak.

Menanamkan Rasa Percaya Diri
Memasak pun sebenarnya dapat menjadi media juga untuk menanamkan rasa percaya diri kepada anak. Sebabnya, tanpa rasa percaya diri, sang anak tak yakin bahwa ia mampu membuat masakan yang lezat. Nah, setelah anak selesai memasak, kita santap makanan hasil masakannya. Kita tak perlu mengukur lezat atau tidaknya makanan hasil masakannya. Tentu saja, karena anak kita bukanlah seorang koki. Yang terpenting, sang anak percaya diri dan telah berusaha membuatnya.

Demikian, manfaat-manfaat memasak bagi perkembangan anak. Kesimpulannya, memasak bukanlah aktivitas yang bertujuan untuk membuat masakan lezat saja. Nah, tertarikkah mengajak anak memasak bersama? Misalnya, saat kita sedang memasak, kita dapat menyuruh anak mengerjakan sebagian pekerjaan memasak. Dapat juga menyuruh sang anak membuat masakan tertentu, bila kita sedang tak bergairah memasak. Bila tertarik memasak bersama? Selamat mencoba…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://kidshealth.org/en/parents/cooking-preschool.html

Sumber Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2017/01/04/03/27/baking-1951256_960_720.jpg


Related Posts :