Jumat, 23 Maret 2018

Anak Selalu Pilih – Pilih Makanan? Tips Untuk Anak Agar Tidak Jadi “Pemilih” Makanan

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/anak-selalu-pilih-pilih-makanan-tips-untuk-anak-agar-tidak-jadi-pemilih-makanan

Sebagai orang tua anda mungkin kerap kesal ketika mendapati buah hati Anda terlalu pemilih dalam hal makanan. Jika anak terlalu pemilih hal itu juga akan membuat orang tua pusing karena anak otomatis tidak akan makan jika yang tersedia bukan makanan favoritnya. Sebenarnya, bukanlah hal yang aneh apabila anak terlalu pemilih dalam hal makanan.


Gambar 1. Anak laki – laki

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa tips yang dapat orang tua terapkan supaya anak tidak pilah – pilih lagi dalam hal makanan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

  1. Berilah contoh yang baik

    Anak-anak cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Karena itu, orang tua bisa memberikan contoh yang baik kepada anak dengan makan berbagai macam makanan yang tersedia . Jika mungkin, sajikan beragam menu yang berbeda setiap harinya agar keluarga dan anak Anda terbiasa menikmati menu yang beragam.

  2. Sedini mungkin! Kenalkan beragam jenis makanan pada si kecil

    Agar Si Kecil enggak pilih-pilih makanan, ibu bisa memperkenalkan Si Kecil pada berbagai macam makanan. Dengan ini, Si Kecil dapat memiliki banyak pilihan untuk menu makanannya di kemudian hari. Jika mungkin, hindari memberikan makanan yang sama berulang-ulang.

  3. Jangan menyerah! Apalagi dengan reaksi anak Anda


    Gambar 2. Anak makan

    Sudah menyiapkan makanan, tetapi anak tidak mau memakannya? Hal ini mungkin terjadi karena anak belum mencobanya. Karena itu, abaikan wajah negatif atau apa yang anak katakan tentang makanan tersebut. Ibu bisa memberikan waktu untuk anak agar mengenal dan mencoba makanan tersebut. Si Kecil mungkin akan terkejut dengan rasa makanan yang ia coba, dan mulai menyukainya.

  4. Penyajian itu penting! Jadi sajikan makanan semenarik mungkin

    Kebanyakan anak menilai makanan dari tampilannya, anak menyukai makanan dengan tampilan yang menarik. Ibu bisa menyajikan menu makanan untuk anak dengan tampilan yang menarik. Misalkan, jika anak Anda tidak menyukai sayuran, ibu bisa menyembunyikan sayuran tersebut di dalam tahu goreng atau menu lainnya. Ibu juga bisa menyusun makanan dalam bentuk lucu, seperti wajah, hewan, bunga, dan bentuk lucu lainnya.

  5. Sediakan Camilan Sehat


    Gambar 3. Makanan sehat

    Beberapa anak mungkin menjadi pilih-pilih makanan karena terbiasa dengan camilan instan yang tersedia dan pastinya camilan instan itu tidak sehat. Untuk itu Ibu bisa menyediakan menu camilan sehat di rumah untuk mengganti camilan kurang sehat yang dibeli Si Kecil di luar rumah. Ibu bisa membuat buah-buahan kering, kue, puding buah, dan menu camilan sehat lainnya.

  6. Sekali – kali ajaklah anak Anda untuk ikut memasak bersama Anda

    Sebuah studi menyebutkan bahwa anak-nak yang dilibatkan dalam penyajian makanan di dapur, menjadi lebih antusias saat menikmati makanan tersebut. Ibu bisa melibatkan Si Kecil saat membeli bahan masakan dan menyiapkan makanan di dapur.

Oleh : Run Away
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/cara-mencegah-anak-agar-tidak-pilih-pilih-makanan-picky-eating/
2. https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/10-cara-mengatasi-jika-anak-suka-pilih-pilih-makanan/

Referensi gambar :
Gambar 1. https://pixabay.com/en/little-boy-kid-child-big-eyes-102283/
Gambar 2. https://pixabay.com/en/child-kids-children-food-eating-1566470/
Gambar 3. https://pixabay.com/en/berry-black-blackberry-blueberry-1238249/


Related Posts :