Minggu, 04 Maret 2018

Kiat Mendorong Anak Mencapai Potensi Maksimal

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/kiat-mendorong-anak-mencapai-potensi-maksimal

Orang tua mana yang tidak mendambakan prestasi anaknya. Hampir semua orangtua menginginkan anak yang berprestasi. Karena prestasi anak memiliki kebanggaan tersendiri bagi orangtua. Namun, di tengah semua harapan akan prestasi sang buah hati nyatanya banyak orangtua yang merasa kecewa sekaligus putus asa karena mengira anaknya tidak mempunyai keahlian khusus atau minat terhadap sesuatu yang membanggakan.


Gambar 1. Anak menggambar

Perlu diingat bahwa orangtua juga berperan penting dalam kesuksesan sang buah hati. Untuk membantu anak mengenali dan mngembangkan minat serta bakatnya diperlukan dukungan penuh dari orangtua. Lalu apa upaya yang dapat dilakukan orangtua untuk mengembangkan potensi anaknya?, Bagaimana cara orangtua membantu anak dalam mencapai potensi maksimalnya?. Berikut beberapa kiat yang dapat dilaksanakan untuk membantu anak dalam mencapai potensi maksimalnya:

  1. Mengenali anak
    Jika anda merasa sudah mengenal anak karena anda lah yang melahirkan serta merawat buah hati anda maka hal ini tentu tidak sepenuhnya benar. Nyatanya anda perlu lebih berusaha agar mengenali anak anda. Karena sebagian anak mungkin tidak menunjukkan karakter aslinya kepada anda. Tidak hanya mengenali kebiasaannya saja anda juga perlu mengenal hal – hal yang sekiranya menarik perhatian si anak.
    Bagi anda yang sudah merasa putus asa dengan potensi yang anak anda miliki perlu diingat, bahwa setiap anak itu istimewa. Dengan mengenali anak orangtua dapat mengetahui potensi serta minat anak. banyak orangtua yang memaksakan kehendak anaknya untuk mengikuti kegiatan ini dan itu yang belum tentu sesuai dengan kehendak anak. perilaku mereka juga diakibatkan karena kecemasan mereka terhadap potensi anak.

  2. Mengeksplorasi kemampuan anak
    Banyak orangtua merasa takut dan kuatir terhadap minat dan bakat yang anak miliki, misalnya saja, orangtua melarang anak perempuannya bermain sepak bola karena sepak bola identik dengan anak laki- laki. Kekuatiran orangtua beragam mulai dari anaknya cidera dan lain sebagainya. Akhirnya anak tidak bisa mengeksplorasi bakatnya. Dapat disimpulkan bahwa ketakutan orang tua lah yang membatasi kemampuan anak

  3. Memberi dukungan penuh dan positif
    Dukunglah setiap minat positif anak. bukan hanya memberikan kritik. Kalaupun mereka melakukan kesalahan atau kekurangan tetap berikan mereka pujian. Karena tidak semua anak dapat menerima kritik. Salah- salah kritik malah membuat mereka semakin terpuruk atau down. Untuk membangun rasa kepercayaan diri anak berilah pujian terhadap hal baik yang mereka lakukan.

  4. Hindari sikap membanding – bandingkan anak
    Masih berhubungan dengan poin pertama “setiap anak itu istimewa” untuk itu jangan membanding – bandingkan anak anda dengan anak lainnya. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing- masing anda tidak berhak untuk membanding – bandingkan mereka. Membandingkan anak membuat mereka mudah menyerah dan pasrah ketika menemui kegagalan. Mereka akan takut untuk mencoba lagi karena takut dikritik dan dibandingkan.

Itulah beberapa kita untuk membantu anak mencapai potensi maksimal. Semoga bermanfaat.

Oleh: Lintang Rahmawati
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. http://temantakita.com/mengenal-bakat-anak/
2. http://www.tipsanakbayi.com/2015/09/4-cara-mengetahui-bakat-minat-anak-sejak-dini.html

Referensi gambar :
1. https://pixabay.com/en/kids-kid-child-children-elementary-2985782/


Related Posts :