Senin, 12 Maret 2018

No Gadget,4 Pilihan Mainan Edukatif Bagi Balita

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/no-gadget-4-pilihan-mainan-edukatif-bagi-balita

Balita atau anak - anak memang tidak pernah jauh dari yang namanya mainan. Saat ini ada berbagai mainan yang beredar di pasaran. Mainan yang variatif dibutuhkan balita untuk merangsang tumbuh kembangnya. untuk itu para orangtua hendaknya cermat dalam memilih mainan untuk sang buah hati. Mainan yang dipilih haruslah memiliki manfaat bagi si kecil.


Gambar 1. balita

Mainan menjadi solusi bagi orangtua dalam mengembangkan panca indera anak sejak dini. Melalui permainan, anak dirangsang untuk mengeksplorasi dan mempelajari hal-hal baru. Anda bisa memperkenalkan mainan pada anak sejak lahir.

Spesialis Anak dr Markus Danusantoso SpA dari RSIA Bunda Jakarta mengatakan, mainan dapat membantu meningkatkan fungsi panca indera, tahapan perkembangan, mental dan emosional. Tak ada salahnya sejak kecil berikan mainan sesuai usianya. "Dengan memberikan mainan kita bisa mengenalkan bentuk, warna, tulisan sampai mengenalkan lingkungan kepada anak," ujar dr Markus.

Beliau juga merekomendasikan banyak jenis mainan yang paling sering dibutuhkan oleh anak-anak sejak bayi. Orangtua tak perlu khawatir dan boros membeli aneka jenis mainan yang justru nantinya tidak berguna. Berikut kami merangkum 4 mainan yang akan berguna bagi buah hati.

1. Stacking
Permainan ini punya banyak manfaat edukatif bagi si kecil. Permainan ini membantu si kecil dalam mengenal warna, bentuk. Permainan ini mengajarkan si kecil dalam menyusun mainan sesuai tempatnya, serta mengenalkan tinggi dan rendah dan beberapa manfaat lainnya. Ada beberapa jenis mainan stacking yang dijual di pasaran antara lain stacking cup, stacking ring, stacking button dan masih banyak lagi.

2. Puzzle
Permainan puzzle dianjurkan untuk anak usia 9 bulan sampai satu tahun ke atas. Anak memang belum bisa merangkainya langsung, tapi dari segi warna puzzle dapat melatih visual. Untuk anak usia 1 tahun ke atas dapat dianjarkan memainkan puzzle sederhana. Alangkah baiknya jika anda mendampingi anak anda dalam merangkai puzzle. Sebelum membeli puzzle, Anda perlu memastikan bahwa bahan yang digunakan aman dan carilah bentuk yang mudah dikenal anak seperti buah, hewan, makanan, pakaian dan, sebagainya.


Gambar 2. puzzle

3. Permainan profesi
Anak balita juga sudah bisa dikenalkan tentang permainan seputar profesi seseorang. Mainan ini sangat cocok untuk merangsang ide kreatifnya yang mungkin akan memacu bakat dan cita-citanya. Ada beberapa jenis mainan yang bisa mengenalkan profesi. Paling disukai anak yakni dokter, guru, insinyur, pemadam kebakaran, montir, dan masih banyak yang lainnya.

4. Bermain alat musik
Sejak balita perkenalkan beragam jenis alat musik lewat mainan. Kalau ada mainan yang identik dengan bunyi-bunyian, pasti si kecil tertarik. Kenalkan beberapa jenis alat musik yang pasti disukai, seperti drum, gitar, piano, microphone, hingga perkusi.


Gambar 3. Balita bermain musik

Itulah beberapa jenis mainan yang dapat menjadi alternatif pilihan bagi anda dalam memilih mainan yang berguna serta bermanfaat bagi sang buah hati.

Oleh : nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. https://www.ibudanbalita.com/forum/diskusi/CONTOH-PERMAINAN-EDUKATIF-SESUAI-USIA
2. https://id.theasianparent.com/memilih-mainan-anak-1-tahun/

Referensi gambar :
Gambar 1. https://pixabay.com/en/babe-smile-newborn-small-child-2972221/
Gambar 2. https://pixabay.com/en/puzzle-jigsaw-jigsaw-puzzle-1487340/
Gambar 3. https://pixabay.com/en/violin-child-girl-music-instrument-1617972/


Related Posts :