Kamis, 15 Maret 2018

Tips Tepat Memilih Paud Untuk Sang Buah Hati

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/tips-tepat-memilih-paud-untuk-sang-buah-hati

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, non formal, dan informal.


Gambar 1. Kumpulan anak - anak

Kegiatan-kegiatan di PAUD juga menanamkan kejujuran, disiplin, dan berbagai hal positif lain. Anak yang sebelumnya mendapatkan pendidikan di PAUD seringkali memiliki kemampuan untuk komunikasi lebih baik saat sekolah. Hal ini dikarenakan ia sudah terbiasa untuk bermain, belajar, hingga makan bersama dengan teman yang memiliki usia sebaya.


Gambar 2. balita

Mendidik anak sedini mungkin menjadi perhatian orangtua dewasa ini oleh karena mendidik anak di usia dini merupakan hal yang penting. Untuk itu orangtua juga harus memperhatikan PAUD yang tepat bagi sang buah hati. Berikut 5 tips memilih PAUD yang tepat bagi anak.

1. Pastikan anda telah melakukan riset ke PAUD terkait

Jangan terburu – buru! Luangkan waktu anda untuk mencari tahu tentang PAUD yang Anda jadikan ‘nominasi’. Saat ini sudah banyak PAUD yang memiliki blog, situs daring atau media sosial untuk mempromosikan sekolah mereka. Jika anda memiliki waktu senggang tidak ada salahnya anda mengunjungi PAUD untuk mencari informasi yang lebih detail. Ada juga berbagai forum di internet tempat para orang tua saling berbagi cerita tentang sekolah yang bisa Anda manfaatkan. Anda pun dapat berbincang secara daring dengan orang tua yang sudah menyekolahkan anak mereka di sana. Proses ini memakan waktu yang cukup lama, jadi harap bersabar!.

2. Pilihlah PAUD yang sudah memiliki izin

Pilih PAUD yang memiliki izin usaha baik dari pemerintah ataupun swasta. Hal ini sangat penting demi keamanan Anak. Karena banyak sekali PAUD yang belum memiliki badan hukum sehingga jika terjadi yang tidak diinginkan dengan Anak, Anda akan sangat sulit memprosesnya. Sebagai informasi, saat ini di Jakarta khususnya ada sekitar 2.500 PAUD yang tidak terdata dan memiliki izin. Hati-hati ya, Moms!

3. Memiliki Kurikulum dan Metode Pengajaran yang Sesuai Usia Anak


Gambar 3. menggambar

Sebagian orang tua setuju bahwa kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung) perlu diajarkan di PAUD, sementara sebagian orang tua tidak. Masing-masing memiliki latar belakang dan alasan tersendiri. Maka dari itu,pilihlah sekolah yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak. Karena PAUD yang baik adalah yang dapat memahami tumbuh kembang anak di setiap usianya dan menghargai bahwa setiap anak memiliki kecerdasannya masing – masing.

4. Pengajar yang berkualitas

Pilih PAUD yang dapat mengajar anak serta menawarkan pendampingan anak dengan maksimal. Amati bagaimana para pengajar di sana berinteraksi dengan anak-anak yang dididiknya. Apakah tampak cukup ramah dan santun saat berbicara dengan anak, mau menghargai dan mendengarkan pendapat anak, tampak alternatif atau apakah tampak berjarak? Lihat juga bagaimana reaksi anak-anak yang telah bersekolah di sana. Apakah mereka tampak bahagia, sehat dan nyaman? Dekat dan akrabkah mereka dengan guru-gurunya? Hal ini penting mengingat keamanan dan kenyamanan anak dipertaruhkan.

5. Fasilitas Belajar dan Bermain


Gambar 4. Anak bermain

Pastikan PAUD memiliki sarana bermain dan belajar yang memadai. Alat-alat penunjang belajar berperan penting sebagai sarana eksplorasi anak. Area bermain yang aman dan sesuai untuk balita, ruang kelas dengan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, bangunan yang cukup untuk menampung jumlah murid, hingga toilet yang bersih.

Bagaimana sudah tahu di mana PAUD yang tepat untuk anak anda? Semoga tips – tips di atas dapat membantu.

Oleh : Nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/alasan-si-kecil-perlu-mendapatkan-pendidikan-anak-usia-dini
2. https://health.detik.com/read/2013/05/21/182853/2252243/1301/ini-alasan-mengapa-paud-penting-bagi-perkembangan-anak
3. http://www.alodokter.com/11-langkah-menemukan-paud-yang-tepat-untuk-buah-hati

Referensi gambar :
Gambar 1. https://pixabay.com/en/kindergarten-clown-garden-animator-2204239/
Gambar 2. https://pixabay.com/en/nature-nice-grass-child-toddler-3089901/
Gambar 3. https://pixabay.com/en/kids-kid-child-children-elementary-2985782/
Gambar 4. https://pixabay.com/en/boy-kids-toy-fun-childrem-chid-2549313/


Related Posts :