Rabu, 30 Mei 2018

Alasan Logis Kenapa Anak Lebih Dekat Dengan Ibu Dibandingkan Ayah

Sudah terbit di: https://steemit.com/ibu/@lerengbukit/alasan-logis-kenapa-anak-lebih-dekat-dengan-ibu-dibandingkan-ayah

Lebih dekat dengan siapakah anak anda?, lebih dekat dengan ayah atau lebih dekat dengan ibu. Tidak diragukan lagi kebanyakan anak memang lebih dekat dengan ibu dibandingkan dengan ayah. Yah, walaupun tidak semua anak dekat dengan ibunya. Tetapi, jika tidak ada ibu di rumah mungkin rumah akan terasa sepi dan membosankan.


Gambar 1. Kedekatan anak dengan orang tuanya

Penasaran kenapa kebanyakan anak lebih dekat dengan ibunya dibandingkan ayahnya?, berikut adalah beberapa alasan logis kenapa anak lebih dekat dengan ibu dibandingkan dengan ayah.

  1. Kebanyakan ayah memiliki kepribadian yang cenderung kaku
    Pria memang biasanya lebih kaku dibandingkan dengan wanita. Mungkin, itulah sebabnya ayah sulit didekati anak karena terlalu kaku dan tegas. Keputusan ayah biasanya biasanya bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu dan digugat. Berbeda dengan keputusan ibu yang masih dapat dikomunikasikan.

  2. Ibu lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak
    Sejak kecil ibulah yang lebih banyak menghabiskan waktu dalam mengurus dan merawat kita. Maka tidak heran jika kita jauh lebih dekat dengan ibu dibandingkan dengan ayah. Ayah juga biasanya menghabiskan harinya dengan bekerja sehingga jarang berada di rumah dan ini adalah salah satu faktor kenapa anak jauh lebih “akrab” dengan ibu dibandingkan dengan ayah.

  3. Ibu lebih tanggap terhadap keperluan anak
    Intensitas pertemuan yang lebih tinggi dibanding ayah, membuat ibu dengan mudah tanggap dengan semua keperluan anak. Nah, anak juga terbiasa meminta segala sesuatu yang dia perlukan kepada ibu walaupun pada dasarnya ayahlah yang ada dibalik itu semua. Ibu juga lebih paham apabila anak sedang mengalami masalah baik itu dalam lingkungan belajarnya maupun dalam lingkungan bermainnya. Biasanya jika ada masalah seperti ini ibulah yang bertindak untuk membuat anak menceritakan masalahnya tindakan selanjutnya adalah memberi saran kepada anak untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  4. Ibu adalah pelindung dari kemarahan ayah
    Ibu biasanya suka melindungi anak saat ayah sedang marah atau bad mood. Selain itu, ibu juga adalah orang yang mendiskusikan untuk meringankan hukuman anak dengan ayah.singkatnya, ibu lebih punya rasa kasihanlah. Ibu juga biasanya lebih sabar dibandingkan ayah. Ayah telah lelah bekerja seharian makanya wajar saja kalau pulang dalam keadaan lelah dan pemarah. Sedangkan ibu biasanya bersikap sebagai penengah. Mungkin inilah alasan kenapa kebanyakan anak lebih takut dengan kemarahan ayah daripada kemarahan ibu.

  5. Kebanyakan ibu mempunyai sikap cerewet
    Justru karena ibu lebih cerewet, makanya dia lebih dekat dengan anak. Mau tidak mau, anak pasti harus membicarakan semua hal dengan ibu dibanding ayah yang pendiam. Bagaimana anak mau dekat dengan ayah kalau ayah jarang bertanya dan sebaliknya. Karena ibu sering bertanya, makanya anak harus menjelaskan dan terbangunlah koneksi antara keduanya.

Itulah 5 alasan logis kenapa anak lebih dekat dengan ibunya. Meskipun tidak semua tetapi alasan – alasan di atas diharapkan membantu menjawab rasa penasaran kita.

Oleh: nadiran
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi : 1. https://kumparan.com/@kumparanstyle/ini-alasan-kenapa-anak-laki-laki-lebih-dekat-dengan-ibunya
https://www.kompasiana.com/listalyla/5a18653f2599ec4dff4eab72/alasan-kenapa-sih-anak-lebih-cenderung-dekat-dengan-ibu-dibanding-ayah

Referensi gambar : 1. https://pixabay.com/en/baby-caucasian-child-daughter-20607/


Related Posts :