Rabu, 23 Mei 2018

Beberapa Perilaku Anak yang Bermasalah

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/beberapa-perilaku-anak-yang-bermasalah

Pada masa perkembangan anak, tak tertutup kemungkinan anak menunjukan perilaku yang sama sekali tak kita inginkan. Dengan kata lain, perilaku anak termasuk perilaku yang bermasalah. Bila anak kita bersikap demikian, kita sebagai orang tua tentunya mesti sigap mengatasinya Lalu, apa saja perilaku-perilaku tersebut yang umum terjadi? Berikut 8 perilaku anak bermasalah yang umum terjadi.


Gambar 1. Apa Saja Perilaku Bermasalah Anak yang Umum Terjadi?

Beradu argumen dengan orang tua. Apakah anak kita sering beradu argumen dengan kita? Ambil contoh, kita menyuruh sang anak untuk mandi. Namun, sang anak sama sekali tak mengindahkannya sambil beradu argumen. Biasanya, sikap anak yang berani beradu argumen dimulai dari sikap sang anak yang sering mengomel-ngomel saat menerima perintah orang tuanya.

Mengucapkan Kata-Kata yang Tak Pantas. Apakah kita sering mendengar sang anak mengucapkan kata-kata yang tak pantas? Bila ya, kita mesti mencari cara untuk mengatasinya. Tak tertutup kemungkinan, sang anak akan terbiasa mengucapkannya. Bila sang anak terbiasa mengucapkannya, secara psikologis membuat sang anak tak akan dapat bersikap sopan dan menjunjung tinggi tata krama..

Impulsif dan Mudah Meledak-Ledak. Ada juga anak yang bersikap impulsif ataupun mudah ‘panas’. Misalnya, sang anak senang melempar mainannya. Nah, bila anak kita bersikap demikian, kita mesti mengatasinya. Tak tertutup kemungkinan, sikap ini akan terbawa ke dalam lingkungan sosial. Misalnya, mudah berkelahi dengan sesamanya ataupun berdebat dengan orang lain dengan bahasa-bahasa yang kasar.

Berbohong. Kejujuran menjadi hal yang mesti kita tanamkan kepada sang anak sejak usia dini. Namun, berbohong biasanya muncul pada sebagian besar anak. Bila sang terbiasa berbohong hal yang kecil akan membuat sang anak berbohong hal yang besar.

Kurang Bersemangat dan Tak Ada Motivasi. Apakah sang anak terlihat begitu kurang bersemangat ataupun tak ada motivasi sama sekali? Anak yang bersikap demikian tentunya menghambat proses pendidikan baginya. Misalnya, anak enggan mengerjakan pekerjaan rumah ataupun melakukan hal-hal lainnya yang bermanfaat. Nah, segaralah mengatasinya. Ada banyak hal yang menyebabkan anak menjadi kurang bersemangat. Misalnya, kurang mendapatkan motivasi positif.

Tak Senang Berada di Dalam Lingkungan Sekolah. Lingkungan sekolah menjadi tempat bagi sang untuk mendapatkan pendidikan. Namun, ada juga anak yang tak senang berada di dalam lingkungan sekolah. Bila anak tak senang berada di dalam lingkungan sekolah, biasanya sang anak akan enggan mengerjakan pekerjaan rumah ataupun akan membolos. Tak tertutup kemungkian juga, karena anak tak menyukai lingkungan sekolah, anak akan mudah berkelahi dengan sesamanya.

Demikian, beberapa perilaku anak yang bermasalah. Sekali lagi, bila anak menunjukkan satu atau lebih perilaku tersebut, kita mesti sigap mengatasinya. Sebagai orang tua, tentunya kita mesti menemukan cara untuk menemukannya. Tak ada salahnya juga mengevaluasi cara mendidik sang anak. Sebabnya, tak tertutup kemungkinan, perilaku bermasalah anak akan sulit kita atasi. Sebabnya, hal yang besar bermula dari hal yang kecil.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.momjunction.com/articles/common-behavioral-problems-in-children-their-remedies_0081828/#gref

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3b/Sibling_Conflict.jpg


Related Posts :