Selasa, 22 Mei 2018

Pentingnya Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/pentingnya-mengikuti-kegiatan-ekstrakurikuler

Menekuni kegiatan ekstrakurikuler merupakan aktivitas penting yang bisa di tekuni selain aktivitas akademis. Kegiatan ekstrakurikuler dapat berperan sebagai penyeimbang antara materi dan praktik. Dengan mengikuti kegiatan tersebut kita bisa terhindar dari aktivitas – aktivitas negatif yang tidak perlu dilakukan. mengikuti Kegiatan ekstrakurikuler memberikan bekal kepada kita untuk menghadapi dunia kerja ataupun dunia dewasa. Berikut saya paparkan manfaat dari mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.


Gambar 1. Contoh kegiatan ekstrakurikuler

  1. Membuat kita semakin aktif
    Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang dan kesempatan untuk menjadi pribadi yang aktif dan produktif.

  2. Mengajarkan kerja sama dan menumbuhkan rasa percaya diri
    Dalam kegiatan ekstrakurikuler kita banyak dituntut untuk bekerja sama dalam sebuah tim. Kita di tantang untuk menyelesaikan suatu proyek secara berkelompok. Dalam kegiatan ini juga kita juga akan bertemu dengan banyak teman teman baru adanya orang – orang baru inilah yang mengharuskan kita untuk cepat beradaptasi dan melatih kemampuan kita dalam berkomunikasi. Krisis kepercayaan diri merupakan masalah yang tidak bisa di anggap sepele nah, untuk mengatasi masalah tersebut mengikuti kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu solusinya. Rasa kepercayaan diri itu akan meningkat seiring dengan meningkatnya kemampuan kita dalam bersosialisasi sehingga membuat kita belajar untuk menjadi pribadi yang lebih terbuka dan tegar.

  3. Menyalurkan bakat
    Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki. Energi dan kreativitas kita akan berkembang sempurna dengan diikutinya kegiatan tersebut.

  4. Mengurangi resiko stres
    Kegiatan sekolah serta pekerjaan rumah yang menumpuk membuat kita rawan terkena stres. Dengan melakukan hal – hal yang menyenangkan di luar aktivitas sekolah bisa menjadi terapi jitu anti stres dan anti depresi yang ampuh. Selama aktivitas ekstrakurikuler kita mempunyai kesempatan untuk duduk bersantai dan ketegangan selama jam – jam pelajaran.

  5. Belajar manajemen waktu
    Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tentu banyak kegiatan yang kita kerjakan. Karena memiliki aktivitas yang padat kita dituntut untuk mampu membagi waktu antara belajar, mengikuti kegiatan, dan bersenang – senang. Belajar harus tetap menjadi prioritas utama dalam keseharian kita jangan sampai hanya karena mengikuti kegiatan ekstrakurikuler nilai kita jadi menurun. Hal tersebut akan berguna bagi kita suatu saat nanti.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Namun, pandai pandailah dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang kita ikuti. Pemilihan kegiatan ekstrakurikuler yang akan di jalani merupakan hal penting yang harus kita pahami. Kamu bisa memilih kegiatan ekstrakurikuler yang di sediakan di sekolah atau memilih kegiatan ekstrakurikuler yang ada di luar sekolah. Yang pasti sesuaikan kegiatan tersebut dengan bakat dan minat yang kamu miliki. Dan pandai- pandailah dalam membagi waktu dan pikiran.

Oleh: Lintang Rahmawati
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. http://www.rijal09.com/2016/12/11-manfaat-kegiatan-ekstrakurikuler-bagi-anak.html
2. http://www.matrapendidikan.com/2013/09/manfaat-kegiatan-ekstrakurikuler.html

Referensi gambar:
https://pixabay.com/en/uss-nimitz-basketball-silhouettes-108622/


Related Posts :