Minggu, 27 Mei 2018

Tips Menentukan Aturan Keluarga Terhadap Anak - Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/tips-menentukan-aturan-keluarga-terhadap-anak-anak

Umum terjadi seorang anak sedang dihukum oleh orangtuanya karena terlambat masuk sekolah. Juga jika anak – anak terlambat masuk sekolah maka pastilah diberi sanksi oleh guru mereka. Pemberian sanksi terhadap anak – anak yang terlambat ini dilakukan dengan tujuan mendidik anak agar bisa bersikap tertib dan disiplin. Disiplin dalam hal ini adalah sikap yang perlu diperhatikan dalam hidup di mana dengan disiplin hidup sejak dini diharapkan mampu menata kehidupan seseorang menjadi lebih berguna dan waktu tidak terbuang dengan percuma.

Selain di rumah dan sekolah, pada umumnya kedisiplinan diri harus dilakukan dalam kehidupan di masyarakat terutama ketika anda sedang berada di jalan raya. Hal ini erat kaitannya dengan banyaknya kecelakaan lalu lintas yang terjadi meskipun terhadap anak – anak. Apa penyebab terjadinya kecelakaan tersebut ? Penyebabnya antara lain adalah mengebut dan mendahului dari kiri atau melanggar lampu lalu lintas, semua itu pada hakikatnya terjadi karena para pengguna jalan kurang bisa peduli dan tidak bersikap disiplin. Apabila masing – masing orang di jalan bersedia mematuhi rambu - rambu lalu lintas maka pasti kecelakaan tidak akan terjadi, maka dari itu anda harus membiasakan bersikap disiplin di jalan raya.

Family, Pier, Man, Woman, Children, Happy, Holiday
Gambar : sebuah keluarga yang harmonis

Proses penentuan aturan perlu melibatkan anak - anak, sehingga bisa menjadi pengalaman dan sumber pembelajaran bagi kedua belah pihak. Kemudian, diterapkan dengan benar dimulai dengan membuat peraturan – peraturan kecil di rumah yang wajib ditaati, perkembangan dan pertumbuhan anak bisa menjadi lebih optimal. Berikut ini kami berikan beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan sebagai orangtua ketika akan membuat dan menentukan aturan - aturan di rumah.

  • Perhatikan cara penyampaian ketentuan dari aturan yang akan dibuat kepada anak – anak secara jelas dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami.
  • Tuliskan beberapa aturan keluarga pada sebuah papan lalu dipasang di ruang keluarga atau di kamar tidur anak – anak anda dengan menggunakan desain yang menarik, bila perlu dengan menggunakan warna mencolok.
  • Libatkan anak anda ketika anda sebagai orangtua mereka hendak membuat aturan. Dengarkan pendapat mereka lalu coba ikut sertakan dalam aturan keluarga.
  • Usahakan untuk bisa konsisten dalam menciptakan / menentukan aturan. Hindari membuat beberapa aturan yang pada akhirnya justru akan saling bertentangan antara anak dengan orangtua sehingga membuat anak bingung.
  • Buat aturan yang fleksibel sehingga aturan tersebut bisa disesuaikan seiring dengan pertumbuhan anak – anak anda dan keadaan lingkungan di sekitar anda dan anak – anak.
  • Apabila akan ada perubahan terhadap sebuah aturan, sebaiknya diskusikan segera dengan anak – anak, sehingga perubahan tersebut tidak membuat mereka kaget karena datang secara tiba - tiba dan anak – anak pun menjadi lebih mudah menerimanya.
  • Berikan sedikit penghargaan atau pujian apabila anak – anak anda bersedia mengikuti aturan keluarga dengan patuh, misalnya percobaan pertama diterapkan selama seminggu. Bisa dengan memberikan makanan / camilan kesukaan mereka atau liburan akhir pekan.
  • Sesekali berikan kepercayaan terhadap anak – anak anda untuk bertanggung jawab dalam mematuhi aturan keluarga tanpa disertai adanya pengawasan. Hal ini diharapkan mampu melatih mereka untuk bersikap jujur dan terbuka.

Selain menetapkan beberapa aturan yang mudah untuk dimengerti dan dilaksanakan terhadap anak – anak anda, sebaiknya para orangtua juga ikut memberi contoh yang dengan mudah bisa mereka tiru dan mengerti. Karena dengan melalui sebuah contoh yang praktis dan sederhana pada perilaku sehari - hari yang sejalan dengan aturan - aturan tersebut seperti di atas maka ini akan membuat anak – anak anda menjadi lebih mudah untuk menjalankan dan menerima aturan tersebut penuh keriangan hati karena dalam masa – masa pertumbuhan anak, orangtua adalah sumber utama di mana mereka bisa belajar dengan langsung dan nyaman, karena mereka belajar dari mencontoh apa – apa saja yang dilakukan oleh orang tua. Biasanya mereka akan mencontoh perilaku orangtuanya seperti perilaku dari keluarga dalam kehidupan anak sehari - hari yang nantinya diharapkan akan menjadi nilai - nilai yang melekat dan cermin terhadap sikap diri mereka dan memiliki pengaruh positif dalam pola pikir anak guna mengambil keputusan dan menyelesaikan masalahnya.
Semoga bermanfaat !

Penulis : Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber tulisan dan gambar :
https://www.rinso.com/id/kotor-itu-baik/tips-orang-tua/tips-menentukan-aturan-keluarga.html
https://pixabay.com/en/family-pier-man-woman-children-591579/


Related Posts :