Kamis, 21 Juni 2018

Hal - Hal Menyenangkan Untuk Dilakukan Bersama Si Kecil

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/hal-hal-menyenangkan-untuk-dilakukan-bersama-si-kecil?sort=new

Meluangkan sedikit waktu guna menyenangkan si kecil merupakan salah satu kegiatan yang wajib anda perhatikan lebih serius karena kegiatan ini mampu menyenangkan anda sebagai orangtua dan anak - anak. Pada umumnya para ibu – ibu muda diharapkan bersedia mengajak anak – anak bermain sekaligus memantau perkembangan anak – anak mereka. Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan bersama dan bermanfaat akan dapat menyenangkan para ibu – ibu dan anak – anak dimana ibu mendukung perkembangan dan memperkaya pengalaman si kecil. Ibu tidak perlu merasa khawatir berlebihan karena harus mengeluarkan banyak biaya untuk bisa melakukan kegiatan - kegiatan ini. Karena, ada banyak sekali kegiatan murah meriah dan cukup menyenangkan bisa dilakukan ibu bersama si kecil yang sekaligus berfungsi sebagai media menenangkan keluarga dan anggotanya dengan cara yang santai dan menyenangkan.

Bicycle, His Son, Seat, Cambodia, Relationship, Hands
Gambar : hal kecil menyenangkan untuk dilakukan bersama dengan si kecil

Enam Kegiatan Untuk Dilakukan Antara Orangtua Dengan Si Kecil

Berikut enam kegiatan yang cukup menyenangkan bisa anda lakukan bersama dengan si kecil sebagai berikut :

  1. Mengajak si kecil bercerita. Luangkan sedikit waktu untuk bisa saling berbagi pengalaman melalui bercerita antara orangtua dan si kecil akan membuat mereka merasa didengarkan. Si Kecil bisa belajar dari pengalaman anda terdahulu yang positif. Orangtua sudah sewajarnya bisa memberikan nasihat dengan cara yang bisa diterima oleh anak – anak dan lebih santai.
  2. Membuat lelucon. Kadang – kadang bercerita lelucon kepada anak – anak adalah hal positif yang diharapkan bisa membuatnya tertawa saat mendengar, atau sikap – sikap seperti mengejar dan menggelitikinya sangatlah menyenangkan bagi si anak. Ia akan belajar merasa dicintai, dihargai dan tentu saja hal ini sangat baik untuk perkembangan mental si anak nanti.
  3. Membantunya mendekorasi kamar. Disarankan untuk mengajari dan mengajak anak – anak guna mendekorasi kamar masing – masing. Hindari mengomel setiap hari ketika melihat kamar anak – anak anda berantakan. Buatlah hiasan - hiasan dari kertas warna - warni, atau membingkai sebuah lukisan yang dianggap menarik. Beri kesempatan si kecil untuk mampu berekspresi.
  4. Membuatkan ‘kemah’ di tengah rumah. Anak – anak usia 3 - 4 tahun yang baru masuk usia prasekolah biasanya suka berteriak kesenangan ketika melihat hal – hal aneh yang dianggap lucu dan menyenangkan bagi mereka. Dorong dan kembangkan imajinasinya dengan mengajaknya berkemah di tengah hutan tetapi dilakukan di dalam rumah seolah – olah kalian sedang berada di hutan yang sesungguhnya.
  5. Menyembunyikan kejutan untuknya. Para orangtua bisa mengajaknya bermain ‘bajak laut’ dengan mempersiapkan atau membuat peta dimana si kecil harus mampu mencari kejutan dari anda dengan cara mengikuti petunjuk di peta tersebut. Di usia ini biasanya mereka sudah bisa mengikuti petunjuk sederhana.
  6. Membuatkan bekal dengan bentuk yang menggemaskan. Sarapan pagi wajib diberikan kepada anak – anak anda. Namun tak jarang sering kali menjadi sebuah ‘perjuangan’ untuk ibu – ibu muda terutama jika si kecil adalah tipe picky eater. Buatkan sarapan dengan bentuk - bentuk makanan lucu yang akan membuat anak – anak anda merasa tertarik untuk mencicipinya.

Kegiatan Outdoor Yang Menyatu Dengan Alam

  1. Piknik di taman. Beri si kecil pengalaman seru dan mengasyikkan dengan mengajaknya piknik di sebuah taman dekat tempat anda tinggal atau jalan – jalan ke area sawah dan mendaki bukit. Orangtua dan si kecil bisa istirahat siang pada tempat yang aman dan nyaman guna menyantap makan siang bersama dengan anak – anak sembari menikmati udara terbuka di taman atau pinggir sawah nan asri. Jika tidak memiliki banyak waktu luang, ajaklah si kecil piknik di halaman rumah.
  2. Bermain di pantai. Jika tempat tinggal anda dekat dengan pantai, ajaklah si kecil untuk menghabiskan waktu bersama – sama di pantai. Dari sini kalian berdua akan mendapatkan pengalaman seru dan mengasyikkan dimana jarang bisa dilakukan, saat – saat menyenangkan menghabiskan waktu di pantai, bermain pasir dengan leluasa yang tentu lebih seru dilakukan anak – anak daripada bermain di kotak pasir yang sudah anda sediakan.

Kegiatan Budaya Dan Sejarah

  1. Kunjungan ke museum. Museum merupakan tempat yang pas untuk mengenalkan si kecil terhadap sejarah dan budaya asal dan tempat tinggal mereka saat ini. Sebelum mengunjungi museum, perhatikan dan siapkan kegiatan menarik yang bisa anda lakukan dengan si kecil di sana nanti, sehingga kunjungan ke museum menjadi senang dilakukan dan berkesan.
  2. Menonton pertunjukan budaya. Ajaklah si kecil untuk menonton pertunjukan budaya, seperti upacara adat istiadat atau pertunjukan seni dimana anda berasal atau daerah di sekitar tempat tinggal.

Masih ada banyak kegiatan lainnya yang bisa anda lakukan bersama – sama guna mendukung perkembangan anak – anak kelak termasuk fisik mereka. Libatkanlah anak - anak saat beraktivitas dengan anda, tanyakan apa yang mereka sukai atau tidak sukai lalu sekali waktu berikan pujian dan dorongan sehingga mereka selalu ingin belajar hal – hal yang baru dan tidak mudah menyerah. Pencapaian anak adalah kesuksesan orangtua.

Penulis : Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber tulisan dan gambar :
https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/halhal-menyenangkan-yang-bisa-mam-lakukan-untuk-si-kecil dan https://www.rinso.com/id/kotor-itu-baik/ide-kegiatan-murah-bersama-si-kecil.html dan https://pixabay.com/en/bicycle-his-son-seat-cambodia-1822640/


Related Posts :