Selasa, 26 Juni 2018

Memilih Tempat Tidur Untuk Si Kecil

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@kakibukit/memilih-tempat-tidur-untuk-si-kecil

Bayi anda yang baru lahir akan menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur. Maka dari itu, penting untuk menjatuhkan pilihan dan memberikan perhatian serius terhadap jenis tempat tidur bayi yang aman dan nyaman untuk si kecil anda yang tiap harinya bisa terlelap hingga 20 jam.

Untuk menunjang kenyamanan anak – anak usia balita, orangtua yang bijaksana harus rela sekali waktu menghabiskan banyak uang untuk membeli perlengkapan si kecil, termasuk yang utama adalah mencari tempat tidur atau boks bayi. Untuk urusan boks bayi, anda tidak perlu membeli produk yang termahal atau desain yang lucu diharapkan bayi anda akan merasa tertarik. Keamanan produk merupakan hal terpenting yang perlu anda perhatikan lebih serius dan pertimbangkan dengan fokus saat membeli boks bayi.

Baby, Bear, Bed, Blue, Change, Child, Children, Clothes
Gambar : tempat tidur untuk si kecil yang pas

Bunda bisa memilih ranjang bayi dengan memakai alas yang bisa dinaik - turunkan. Artinya, ranjang bisa disesuaikan dan diatur sesuai dengan usia si kecil. Ukuran paling atas adalah untuk si kecil yang baru lahir, ukuran tengah untuk usia 3 bulan ke atas, lalu ukuran paling bawah untuk usia yang lebih besar, diharapkan berfungsi mencegah si kecil bisa memanjat keluar dari ranjangnya sendiri, dan ini tentu saja rentan menimbulkan cedera.

  • Crib
    Ranjang bayi (crib) yang umum adalah bisa ditata dengan menggunakan bumper di sekitarnya. Selain berfungsi menjaga agar si kecil tidak terantuk saat bergerak di dalamnya, bumper ini bermanfaat membuatnya lebih hangat. Hindari memenuhi kasurnya dengan selimut, bantal - bantal, atau mainan. Cukup alasi kasur dengan seprei bersih dan wangi lalu diberi alas plastik ( untuk mencegah kasur basah karena tiba – tiba bayi anda mengompol ).

  • Jeruji
    Ranjang bayi pada umumnya didesain dengan menggunakan jeruji di sekelilingnya. Pastikan jarak antara jeruji maksimal 6 cm. Hal ini dilakukan dengan fungsi agar tangan atau bagian tubuh si bayi tidak mudah terjepit di sela-sela jeruji tempat tidurnya ketika sedang tidak ada pengawasan dari orangtuanya.

  • Bahan Ranjang
    Pilihlah ranjang yang terbuat dari kayu padat kokoh yang diampelas halus terhadap seluruh bagiannya, kemudian dicat dengan cat yang tidak mengandung racun yang bisa berakibat kurang aman pada kesehatan anak terutama terhadap pernafasan mereka. Ranjang dari besi rentan karat, kadang – kadang memiliki bagian yang tajam dan bisa menggores badan si kecil.

  • Jenis Kasur
    Untuk bayi, pilihlah kasur yang keras dan berukuran pas dengan ranjangnya. Kasur yang keras akan lebih bermanfaat untuk perkembangan anatomi si kecil yang sedang tumbuh kembang. Kasur yang terlalu empuk justru bisa membenamkan wajah bayi, juga mempertinggi risiko SIDS ( sindrom bayi meninggal mendadak ). Pastikan tidak ada sela antara matras dan ranjang sehingga ampuh buat mencegah si kecil terjepit di dalamnya ketika tidak ada pengawasan.

  • Kelambu
    Untuk mencegah nyamuk dan gangguan serangga lainnya, pasanglah kelambu di sekeliling ranjang bayi. Pilih yang berbahan tipis dan mempunyai pemberat di bagian bawahnya, untuk menjamin si kecil anda benar - benar terlindungi.

Dengan memilih tempat tidur yang pas untuk si kecil, tidak hanya akan membuat si kecil bisa tidur dengan nyaman dan lelap, juga akan membuat si kecil terbiasa tidur sendiri. Hal ini bermanfaat bagus untuk menjaga kesehatan anak karena si kecil tidak berdesakan dengan yang lainnya dan bisa memudahkan mereka tertular penyakit, dan si kecil juga belajar mandiri sejak dini hari.

Penulis : Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber tulisan dan gambar :
https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/memilih-tempat-tidur-untuk-si-kecil dan https://pixabay.com/en/baby-bear-bed-blue-change-child-2941785/


Related Posts :