Minggu, 03 Juni 2018

Mengoptimalkan Perencanaan Jadwal Memasak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/mengoptimalkan-perencanaan-jadwal-memasak

Apakah anda sering memasak bersama si kecil di rumah ketika sedang memiliki waktu luang atau saat liburan ? Sekarang ini masih banyak orang tua yang menganggap bahwa aktivitas memasak bersama anak - anak adalah kegiatan yang merepotkan saja. Faktanya, kegiatan ini ternyata sangat menyenangkan untuk dilakukan dan sama sekali tidak benar. Meskipun sedikit repot karena anda harus dengan sabar mengajari si kecil, ada banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari aktivitas ini.

Kalau anda ingin tahu apa – apa saja manfaat memasak yang memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan otak dan kepribadian anak – anak anda yang bisa dilakukan bersama dengan bunda, maka simak ulasannya berikut ini.

Easter, Symbol, Easter Greeting, Happy Easter, School

Lebih Mengenal Selera Makan Anak

Anak - anak anda pasti akan menjadi lebih bersemangat bila bisa membuat dan menyiapkan makanan favoritnya sendiri. Hal ini akan membantu membuat anda bisa lebih mudah mengenal selera makan mereka ketika sedang berada di rumah. Coba amati terlebih dulu aktivitas si kecil ketika memasak bersama anda di rumah. Si kecil pastilah akan merasa antusias mengolah beragam bahan makanan yang mereka merasa tertarik dan suka.

Meningkatkan Daya Imajinasi

Bagi anak - anak usia sekolah dasar, memasak adalah kegiatan mengasyikkan yang bisa dilakukan bersama dengan teman – teman atau orangtua dan mampu meningkatkan daya imajinasi. Bebaskan anak - anak anda untuk menghias dan menata makanannya sendiri sesuai dengan selera mereka. Bukan mustahil jika secara tak sengaja anda akan menemukan anak - anak anda berbakat memasak sejak kecil dan penuh percaya diri menunjukkan bakat tersebut di depan umum apalagi jika anda sebagai orangtuanya sering mengajaknya memasak bersama.

Memperkenalkan Pola Makan Sehat

Pola makan sehat haruslah dimulai sejak usia dini. Maka dari itu sudah semestinya anda menjadi lebih telaten memperkenalkan pola makan sehat kepada anak. Salah satu caranya adalah lebih sering melibatkan dan mengajak anak memasak bersama di rumah. Memasak makanan dengan porsi yang tepat dan jumlah gizi seimbang akan dapat meminimalkan risiko obesitas dan penyakit tidak menular lainnya. Diharapkan nantinya si kecil tidak akan mudah tergoda oleh makanan yang berkalori berlebihan.

Marilah pelajari bagaimana cara mengoptimalkan perencanaan kegiatan masak - memasak antara anda dengan anak – anak di rumah.

1. Rapikan Dapur Dan Kulkas
Sekali - kali anda perlu meluangkan sedikit waktu buat merapikan dan mendata bahan makanan apa saja yang sedang anda miliki di dapur. Bisa juga anda mengatur dan menyatukan bahan - bahan sejenis pada satu tempat, seperti bermacam - macam tepung (jangan lupa diberi label sehingga tidak tertukar). Juga agar anda bisa menyisihkan bahan - bahan yang sudah tak layak atau sudah expired.

2. Buat Jadwal Masakan
Menciptakan jadwal masakan mingguan akan memudahkan anda saat berbelanja, sehingga jauh – jauh hari anda sudah tahu apa – apa saja yang akan dibutuhkan. Hal ini bisa irit waktu untuk meluangkan diri sejenak guna memikirkan untuk memasak apa esok hari sambil berbelanja. Anda bisa memaksimalkan waktu dengan belanja kebutuhan dapur sekali untuk 3 hari atau 1 kali dalam seminggu.

3. Siapkan Bahan – Bahan
Setelah berbelanja, siapkan bahan - bahannya sesuai dengan kebutuhan jadwal memasak hari ini. Potong sayuran, protein dan bumbu - bumbu lainnya dengan rapi dan bersih agar menarik, lalu simpan dengan rapi. Contohnya adalah sayur wortel, anda potong dadu, potong korek api ataupun potong bulat - bulat sesuai resep hari bersangkutan. Masukkan masing – masing potongan ke plastik / wadah terpisah dan simpan di kulkas. Contoh lainnya adalah menyiapkan bawang putih dan bawang merah, adalah dua bumbu yang paling banyak memiliki fungsi untuk ragam masakan Nusantara. Anda kupas atau memblendernya dengan sedikit minyak kelapa sehingga sudah siap digunakan saat dibutuhkan untuk memasak.

4. Menyiapkan Makanan Instant
Makanan instant yang dimaksudkan adalah makanan sehat yang bisa dengan cepat dimasak, apalagi jika anak – anak anda sudah merasa benar – benar lapar. Beberapa inspirasi untuk bunda adalah sebagai berikut :

  • Untuk sup : potong semua bahan, sayur dan protein, lalu masukkan ke dalam plastik ziplock untuk dibekukan di freezer.
  • Untuk lauk marinated : rendam sumber protein dengan saus marinate favourite keluarga anda terutama anak – anak ( seperti teriyaki, bumbu kuning, bumbu Thailand sederhana, dll). Simpan dalam plastik ziplock dan bekukan. Lauk ini nanti bisa di cah, di pan - fried ataupun dipanggang.
  • Untuk cemilan : campur protein ataupun sayuran dengan telur kocok, garam, herba / bumbu dan tepung roti, atau tepung lainnya ( menyesuaikan dengan tekstur yang anak – anak bunda inginkan ). Simpan di kulkas atau bekukan. Makanan ini nanti bisa digoreng maupun dipanggang.

Persiapkan dengan skala besar dan lakukan semua hal di atas dengan disiplin atau sekali waktu buat lebih banyak atau lebih dari 1 porsi untuk cadangan makanan yang selalu wajib ada di kulkas untuk saat - saat emergency.

Penulis : Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber tulisan dan gambar:
https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/mengoptimalkan-perencanaan-jadwal-memasak
https://www.blueband.co.id/tips/memasak-bersama-si-kecil-banyak-manfaatnya/
https://pixabay.com/en/easter-symbol-easter-greeting-2121022/


Related Posts :