Rabu, 27 Juni 2018

Pentingnya Perkembangan Emosional Sang Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@kakibukit/pentingnya-perkembangan-emosional-sang-anak

Perkembangan emosional tak dapat dipungkiri menjadi salah satu hal penting dalam masa perkembangan anak. Lalu, mengapa demikian? Perkembangan ini berkaitan dengan kemampuan memahami dan menghargai perasaan orang lain, kemampuan mengelola emosi secara lebih baik, dan kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain termasuk dengan teman-teman sebayanya.


Gambar 1. Bagaimana Mendorong Perkembangan Emosional Anak yang Lebih Baik?

Bila kita kaji lebih mendalam, perkembangan emosional anak pun sebenarnya sangat mempengaruhi kesuksesan dan juga kehidupan anak saat berusia dewasa kelak. Selain itu, perkembangan emosi pun pun sebenarnya mempengaruhi kualitas hidup sang anak saat berusia dewasa.

Bila sang anak mampu memahami dan menghargai perasaan orang lain, tentunya ia akan disukai lebih banyak orang. Ia pun akan mempunyai lebih banyak rekan. Dengan kemampuan mengelola emosi yang lebih baik, tentunya sang anak akan mampu bersikap lebih tenang saat menghadapi berbagai permasalahan. Karena, tak akan gegabah dalam mengambil berbagai keputusan penting. Bila mampu menjalin hubungan yang baik dengan pasangan, tentunya kehidupan rumah tangganya akan lebih harmonis dan terhindar dari pertengkaran.

Nah, bagi orang tua, untuk mendorong agar perkembangan emosional anak menjadi lebih baik, kita dapat mencoba beberapa tips berikut. Selamat menyimak…

  • Tunjukkan contoh nyata. Misalnya, kita menunjukkan sikap tenang dalam menghadapi berbagai situasi. Hindari juga menyikapi berbagai permasalahan dengan sangat emosional. Tunjukkan juga keyakinan dan sikap optimis bahwa kita mampu menyelesaikan berbagai permasalahan. Sang anak akan cenderung meniru perilaku orang tuanya
  • Pahami perasaan anak. Bila kita kurang memahami perasaan anak, tak tertutup kemungkinan sang anak akan menjadi cenderung bersikap egois. Selain itu, tak tertutup kemungkinan juga, sang anak akan kurang mampu berempati kepada orang lain.
  • Hargai pemikiran dari sudut pandang sang anak. Kita hargai pemikiran sang anak, terlepas dari benar atau salah. Kita pun sebaiknya tak menyalahkan sang anak, bila pemikiran sang anak keliru. Bila pemikiran sang anak keliru, lekas perbaiki. Anak akan cenderung menjadi kurang percaya diri dan menurunkan motivasinya, bila kita sama sekali tak menghargai pemikirannya.
  • Buat anak selalu berpikir positif. Secara psikologis, tanpa pemikiran positif, siapapun akan mudah stres, mudah emosional, dan lebih cepat menyerah. Termasuk juga bagi anak kita. Pada titik itulah, pentingnya menanamkan pemikiran positif kepada anak kita. Menanamkan pemikiran positif sebenarnya akan mendorong perkembangan emosional anak. Dengan pemikiran positif, sang anak akan lebih mampu mengatasi stres dan memotivasi diri sendiri. Kita, sebagai orang tua, tentunya punya cara tersendiri untuk menanamkan pemikiran positif kepada sang anak.

Demikian, pentingnya perkembangan emosional bagi sang anak. Tak dapat dipungkiri, perkembangan ini menjadi salah satu fondasi penting dalam perkembangan anak. Nah, agar perkembangan emosional anak menjadi lebih baik, kita dapat mencoba tips-tips yang sudah dijelaskan pada tulisan ini.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://dmh.mo.gov/healthykids/parents/social-emotional-development.html

Sumber Gambar:
http://maxpixel.freegreatpicture.com/static/photo/1x/Child-Smile-In-The-Eyes-1956796.jpg


Related Posts :