Kamis, 05 Juli 2018

Agar Sang Anak Lebih Lancar Berkomunikasi

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@kakibukit/agar-sang-anak-lebih-lancar-berkomunikasi

Dalam kehidupan manusia, kemampuan berkomunikasi menjadi hal penting. Selain itu, manusia pun termasuk mahluk sosial sehingga tentunya membutuhkan orang lain. Komunikasi menjadi media yang menghubungkan setiap orang dengan orang lain. Kita, sebagai orang tua, dapat mencoba lebih meningkatkan kemampuan berkomunikasi sang anak usia dini. Lalu, bagaimana meningkatkan kemampuan tersebut? Berikut beberapa tips mudah dan praktis yang dapat kita coba untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi sang anak. Selamat menyimak…


Gambar 1. Komunikasi Anak

Bujuk Sang Anak Berpresentasi. Bujuklah sang anak agar bersedia berpresentasi di hadapan kita. Tentunya, tak perlu menggunakan slide, laptop, ataupun proyektor seperti halnya seorang presentator yang benar-benar profesional. Terkait materi presentasi, bujuklah sang anak agar mempresentasikan hal-hal yang disenanginya. Misalnya, saat-saat menyenangkan berada di dalam lingkungan sekolah. Buatlah juga sang anak agar menggunakan gestur tubuhnya saat berpresentasi. Trik ini pun akan menghindarkan sang anak memiliki rasa malu dan membuat anak lebih percaya diri saat berbicara di hadapan banyak orang.

Suruhlah Sang Anak Menjabarkan Apa yang Dilihatnya. Ambil contoh, kita bersama sang anak sedang berekreasi di suatu tempat. Nah, suruhlah sang anak anak agar menjabarkan hal-hal yang dilihatnya. Misalnya, menjabarkan keindahan pemandangan. Dapat juga menyuruh sang anak untuk menceritakan segala hal tentang mainan-mainannya. Dengan menerapkan tips ini, sangat membantu sang anak mengekspresikan hal-hal yang dirasakannya.

Melatih Membaca Ekspresi Emosi Wajah Lawan Bicara. Ekspresi emosi wajah menjadi bagian penting dalam komunikasi. Tanpa memahami ekspresi wajah, tak tertutup kemungkinan akan keliru memahami pembicaraan orang lain. Nah,, dengan demikian, kita pun mesti melatih sang anak membaca ekspresi emosi wajah lawan bicaranya. Misalnya, kita tunjukkan ekspresi emoji wajah tertentu. Misalnya, ekspresi wajah marah ataupun sedih. Lalu, suruhlah sang anak untuk menerka emosi yang sedang kita tunjukkan. Menerapkan cara ini pun membantu sang anak untuk memahami emosi yang sedang dirasakan lawan bicaranya.

Menulis dan Membaca Cerita. Tulisan menjadi salah satu media berkomunikasi. Misalnya, saat kita ber-messaging dengan rekan kita, kita menggunakan tulisan sebagai media komunikasi. Nah, untuk lebih meningkatkan kemampuan berkomunikasi tertulis ,bujuklah sang anak agar senang menulis ataupun mengarang cerita. Menulis ataupun mengarang cerita dapat menjadi media untuk melatih kemampuan berkomunikasi anak secara tertulis. Sang anak pun tentunya mesti memahami tulisan yang dibuat oleh orang lain. Untuk melatih kemampuan tersebut, bujuklah sang anak agar senang membaca cerita. Misalnya, cerita anak. Dapat juga menyuruh sang anak untuk membaca bagian akhir cerita. Suruhlah sang anak untuk menerka-nerka akhir cerita tersebut.

Demikian, beberapa tips agar sang anak lebih lancar berkomunikasi. Sekali lagi, kita dapat melatih kemampuan berkomunikasi sang anak sejak usia dini. Nah, ingin mencoba melatih kemampuan tersebut? Selamat mencoba…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.momjunction.com/articles/communication-games-for-kids_00349640/#gref

Sumber Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2015/05/11/21/33/human-763156_960_720.jpg


Related Posts :