Senin, 02 Juli 2018

Beberapa Hal Di Dalam Lingkungan Keluarga yang Mempengaruhi Perkembangan Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@lerengbukit/beberapa-hal-di-dalam-lingkungan-keluarga-yang-mempengaruhi-perkembangan-anak

Tak dapat dipungkiri, lingkungan sangat mempengaruhi perkembangan anak. Termasuk juga lingkungan keluarga. Lalu, hal-hal di dalam lingkungan keluarga apa saja yang sebenarnya mempengaruhi perkembangan anak? Dengan memahami hal tersebut, sangat membantu kita membangun lingkungan keluarga yang lebih positif sehingga mendorong perkembangan anak agar lebih baik. Nah, berikut beberapa hal tersebut.


Gambar 1. Lingkungan Keluarga Mempengaruhi Perkembangan Anak

Keharmonisan Suami dan Istri. Keharmonisan suami dan istri pun sebenarnya mempengaruhi perkembangan anak. Lalu, mengapa? Sang anak belajar bagaimana menghargai orang lain dan bagaimana bersikap terhadap orang lain dengan melihat perilaku orang tuanya. Bila suami dan istri begitu harmonis, sangat membantu sang anak bagaimana menghargai dan bersikap baik terhadap orang lain. Sebaliknya, bila suami dan istri kurang harmonis, misalnya sering bertengkar, tak tertutup kemungkinan membuat sang anak akan cenderung kurang menghargai orang lain. Dan juga, tak tertutup kemungkinan, membuat sikap sang anak akan cenderung emosional.

Kedekatan ‘Emosional’ Orang Tua dengan Anak. Ada banyak cara untuk membangun kedekatan tersebut.Misalnya, bermain bersama, berekreasi, ataupun makan bersama. Dengan membangun kedekatan ‘emosional’ dengan sang anak, sangat membantu sang anak untuk mengelola emosi dalam dirinya. Bila anak mampu mengelola emosinya, sang anak akan lebih bersikap tenang dalam situasi apapun. Nah, bila kedekatan ‘emosional’ orang tua dengan anak kurang terjalin dengan baik, tak tertutup kemungkinan anak akan kurang mampu mengelola emosinya. Karenanya, akan cenderung memunculkan sikap emosional dan temperamental pada anak.

Lingkungan Keluarga Kurang Kondusif. Lingkungan keluarga yang kurang kondusif tentunya akan menghambat perkembangan anak. Nah, dengan demikian, cermati apakah lingkungan keluarga kondusif bagi sang anak. Buatlah lingkungan keluarga yang kondusif bagi sang anak. Misalnya, kamar anak terlalu sempit sehingga anak kurang nyaman belajar.

Kondisi Keuangan. Kondisi keuangan pun mesti kita perhatikan. Sebabnya, kondisi keuangan kita pun sebenarnya menjadi salah satu hal yang mempengaruhi perkembangan anak. Misalnya, karena pemasukan terbatas, kita tak dapat membelikan anak berbagai buku pelajaran. Untuk mengatasinya, ada baiknya bila menyusun anggaran keuangan secara lebih tepat dan membangun prioritas.

Apakah Rumah Kita Dihuni Juga Oleh Saudara-Saudara Kita? Misalnya, dihuni oleh keponakan ataupun saudara-saudara kita lainnya. Bila rumah kita demikian, tak tertutup kemungkinan kita akan lebih banyak berkomunikasi dengan mereka. Karenanya, mengurangi waktu untuk berkumpul dengan anak kita. Tak tertutup kemungkinan juga, saudara-saudara kita akan membawa hal yang kurang baik bagi anak kita. Nah, bila rumah kita demikian, menjadwalkan untuk berkumpul dengan anak secara rutin menjadi hal penting.

Demikian, beberapa hal di dalam lingkungan keluarga yang sebenarnya sangat mempengaruhi perkembangan anak. Sebagai orang tua, tentunya sangat penting menciptakan lingkungan keluarga yang lebih positif. Tentu saja, agar perkembangan anak kita menjadi lebih baik.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.momjunction.com/articles/environment-influence-on-child-growth_00332016/#gref

Sumber Gambar:
http://maxpixel.freegreatpicture.com/static/photo/1x/Christmas-Portrait-People-Happy-Family-Holiday-557100.jpg


Related Posts :