Rabu, 29 Agustus 2018

Memperkuat Kebersamaan Orang Tua dengan Sang Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@lerengbukit/memperkuat-kebersamaan-orang-tua-dengan-sang-anak

Bila kita begitu sibuk menjalani rutinitas bekerja, apakah kita sering meluangkan waktu untuk bersama dan berkumpul dengan sang anak? Kebersamaan dan kedekatan orang tua dengan sang anak tak dapat dipungkiri menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi perkembangan anak. Karenanya, kita sebagai orang tua, meluangkan waktu untuk bersama dan berkumpul dengan sang anak menjadi salah satu hal penting yang tak dapat kita abaikan


Gambar 1. Kebersamaan dan Kedekatan Orang Tua dengan Sang Anak

Berikut hal-hal yang menjelaskan pentingnya kebersamaan orang tua dengan sang anak.
  • Sang anak akan merasa dihargai dan disayangi. Bila sang anak merasa dihargai dan disayangi, sang anak akan lebih menghargai orang tuanya.
  • Membuat sang anak mencontoh perilaku orang tuanya. Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tuanya. Dengan memberikan contoh yang baik dan memperbanyak waktu berkumpul dengan sang anak, secara psikologis sang anak akan mencontoh perilaku orang tuanya.
  • Membantu orang tua untuk lebih mengenal kelebihan dan kekurangan sang anak. Menjadi kewajiban orang tua untuk lebih mengenal kelebihan dan kekurangan sang anak. Nah, dengan rutin. Dengan memperkuat kebersamaan dengan sang anak, membantu kita lebih mengenal kelebihan dan kekurangan anak.
  • Membuat sang anak tak sungkan menyampaikan isi hati. Sebagai orang tua, kita mesti memahami isi hati sang anak. Bila kebersamaan dan kedekatan orang tua dan anak begitu dekat, sang anak tak akan sungkan menyampaikan seluruh isi hatinya.
  • Memperat hubungan orang tua dengan sang anak. Hubungan yang erat antara orang dengan anak akan memunculkan perilaku positif pada perilaku anak
Sebagai tips untuk lebih memperkuat kebersamaan dan kedekatan kita dengan sang anak,berikut beberapa momen waktu yang dapat kita manfaatkan untuk memperkuat kebersamaan dan kedekatan.
  • Saat makan bersama. Saat makan bersama, kita tak perlu membicarakan hal-hal yang serius. Misalnya, membicarakan banyak hal terkait sekolah ataupun pekerjaan rumah yang belum diselesaikan. Carilah topik pembicaraan yang menarik bagi sang anak.
  • Saat sang anak menyelesaikan pekerjaan rumah. Cobalah untuk berdiskusi dengan sang anak terkait pekerjaan rumah yang sedang ia kerjakan. Dengan berdiskusi hal tersebut, akan lebih memperkuat dan mempererat hubungan kita dengan sang anak. Kita pun dapat lebih mengenal kemampuan sang anak dalam menyelesaikan pekerjaan rumahnya.
  • Saat berolahraga. Apakah anak kita senang berolahraga? Melakukan aktivitas fisik bersama dengan sang anak memang sangat menyenangkan. Misalnya, kita dapat bersepeda bersama dengan sang anak.
  • Saat anak sedang melakukan hobinya. Ambil contoh, anak hobi menggambar. Saat sang anak sedang menggambar, cobalah untuk mendekatinya lalu menanyakan objek yang sedang digambar. Sang anak akan merasa hobinya begitu dihargai.
  • Saat bermain kartu ataupun permainan sejenis. Apakah sang anak senang bermain kartu yang sejenisnya? Misalnya, permainan ludo ataupun halma? Bila ya, tak ada salahnya mengajak bermain bersama. Dengan bermain bersama, akan lebih menjalin keakraban orang tua dengan sang anak. Sang anak pun akan merasa lebih bahagia.
Demikian, pentingnya memperkuat kebersamaan orang tua dengan sang anak. Dan juga, dijelaskan beberapa momen-momen waktu yang dapat kita manfaatkan untuk memperkuat kebersamaan. Sekali lagi, kebersamaan dan kedekatan orang tua menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi perkembangan anak.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://childdevelopmentinfo.com/psychology/importance-of-family-time-on-kids-mental-health-and-adjustment-to-life/

Sumber Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2015/11/04/17/39/family-1023036_960_720.jpg


Related Posts :